Berbagai Cara Bilang Minta Tolong dalam Bahasa Jepang

cara minta tolong dalam bahasa jepang

Bagi Anda yang sedang belajar bahasa Jepang, tentu Anda harus mengetahui kalimat percakapan sehari-hari, salah satunya adalah “minta tolong”. Berikut ini adalah beberapa ungkapan  minta tolong dalam bahasa Jepang yang bisa Anda coba.

Ungkapan meminta tolong yang digunakan dalam bahasa Jepang

Kalimat meminta tolong dalam bahasa Indonesia ada banyak bentuknya, seperti “bisa minta tolong sebentar?”, “permisi”, “bisa ke sini sebentar?”, “tolong tunggu sebentar”, dan lain-lain. Dalam bahasa Jepang juga sama, ada beberapa ungkapan meminta tolong yang dapat digunakan.

Tolong!

Belajar bahasa Jepang belum lengkap jika Anda belum mengetahui cara bilang tolong dalam bahasa Jepang. Ungkapan “tolong” dalam bahasa Jepang yaitu “taskete” yang digunakan untuk meminta tolong kepada seseorang dalam keadaan mendesak.

Jika Anda meminta tolong kepada seseorang dengan ungkapan yang tidak mendesak atau dalam situasi biasa, Anda dapat menggunakan kata “tetsudatte”.

Permisi

Ketika Anda belajar bahasa Jepang, Anda juga akan mendapati kemiripan bentuk ungkapan dalam bahasa Jepang dengan ungkapan dalam bahasa Indonesia.

Bentuk minta tolong kepada seseorang dengan sopan dapat Anda sampaikan dengan mengatakan “permisi” atau “maaf” yang dalam bahasa Jepang yaitu “sumimasen” atau “suimasen” yang artinya meminta maaf kepada seseorang sebelum meminta tolong.

Bisa minta tolong sebentar?

Ungkapan “bisa minta tolong sebentar” dalam bahasa Jepang yaitu “sumimasen”.

Kata tersebut dapat diucapkan ketika Anda ingin meminjam sesuatu kepada seseorang. Selain “sumimasen”, Anda juga dapat mengucapkan “deska”.

Minta tolong ketika menerima tawaran

Bentuk ungkapan minta tolong dalam bahasa Jepang yang berikutnya yaitu minta tolong ketika Anda menerima suatu tawaran dari seseorang.

Ketika menerima suatu tawaran dari seseorang dan kita meng-iya-kan tawaran tersebut, maka biasanya kita akan mengucapkan “ya, tolong”. Nah, dalam bahasa Jepang, Anda dapat mengucapkan “Onegaishimasu” dan dapat digunakan untuk percakapan formal dan informal.

Meminta bimbingan

Bentuk ungkapan tolong yang berikutnya yaitu meminta tolong untuk bimbingan dari seseorang. Ungkapan ini bisa Anda ucapkan ketika Anda berada di lingkungan kerja atau diberi tanggung jawab baru atas suatu pekerjaan.

Anda dapat mengucapkan “Yoroshiku onegaishimasu” yang berarti “Mohon bimbingannya”.

Meminta tolong kepada orang lain

Jika Anda mengalami kesulitan dan ingin meminta tolong kepada seseorang, dalam bahasa Jepang, Anda dapat mengucapkan beberapa ungkapan berikut ini:

  • Tasukete kuremasu ka?” atau “Tasukete itadakenai deshou ka?” yang artinya adalah “Apakah kamu bersedia membantuku?”
  • Ima sugu anata no tasuke ga iru” yang artinya “Aku membutuhkan bantuanmu saat ini juga”.
  • Kore, tetsudatte kurenai no ka?” yang artinya “Bisakah bantu aku mengerjakan ini?”.

Ungkapan menerima permintaan tolong seseorang

Nah, setelah Anda belajar bahasa Jepang dari kata permintaan tolong, maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui cara merespon permintaan tolong dari seseorang. Beberapa respon yang bisa Anda ucapkan ketika seseorang meminta tolong kepada Anda yaitu:

  • Hai, doozo” yang artinya “Ya, silahkan”
  • Ee, ii desu yo” yang artinya “Ya, boleh saja”

Itulah dia beberapa ungkapan minta tolong dalam bahasa Jepang. Anda tidak perlu bingung lagi ketika akan meminta tolong kepada seseorang saat berada di Jepang.

Baca Selanjutnya: Berbagai Cara Bilang Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

 

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.




Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?