Mengenal Berbagai Wisata Prefektur Tokushima

Udatsu, Permukiman di Prefektur Tokushima

Tokushima merupakan sebuah prefektur yang terletak di sebelah timur wilayah Shikoku. Beribukota di Kota Tokushima, prefektur ini dihubungkan oleh jembatan Akashi Kaikyo dan Jembatan Naruto. Prefektur Tokushima memiliki beragam tempat wisata alam yang indah.

Beberapa diantaranya sangat terkenal di Jepang, salah satunya yaitu Pusaran Naruto yang bisa kalian lihat jika melewati Jembatan Naruto.

Pada zaman dahulu, Prefektur Tokushima merupakan Provinsi Myodo yang memiliki wilayah yang luas. Hingga pada masa Regional Sanuki, perlahan wilayah tersebut membentuk wilayah sendiri-sendiri, seperti Pulau Awaji. Hal tersebut berakhir hingga pada tahun 1880, dan Provinsi Myodo yang dikenal kini berubah nama menjadi Prefektur Tokushima.

Untuk menuju ke Prefektur Tokushima, kalian bisa menggunakan beberapa rute perjalanan. Bisa menggunakan Bus Express dari Stasiun Osaka menuju Stasiun Tokushima yang memakan waktu 2 jam dengan biaya sekitar 3000-4000 yen.

Bisa juga menggunakan Tokaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo ke Stasiun Okayama, kemudian dilanjutkan menggunakan JR Seto-Ohashi Takatoku Line menuju Stasiun Tokushima. Lama perjalanan ini adalah 5 jam. Jika ingin lebih cepat, bisa menggunakan transportasi pesawat dari Tokyo menuju Bandara Tokushima.

Jalan-Jalan di Tokushima

Prefektur Tokushima memiliki beragam tempat wisata jepang menarik. Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Pusaran Air Selat Naruto

Pusaran air yang terkenal di Jepang ini terletak di antara Selat Naruto dan Pulau Awaji. Terbentuknya pusaran ini adalah akibat pergerakan volume air yang besar antara Laut Pedalaman Seto dan Samudera Pasifik ketika pasang dan surut.

Pusaran Naruto
Sumber: bomanta.com

Fenomena Pusaran Air Naruto ini terjadi setiap 6 jam dan bisa dilihat ketika pagi dan sore hari tergantung pada intensitas pasang surut. Pengunjung dapat melihat fenomena pusaran air ini dengan dekat menggunakan Cruise yang telah disediakan di pinggir dermaga.

2. Lembah Iya

Terletak di sebelah barat Prefektur Tokushima, Lembah Iya memiliki pesona alam yang sangat indah. Berada di sebuah lereng pegunungan dengan ngarai bebatuan yang dihubungkan oleh beberapa jembatan terlihat sangat ‘manis’. Adapun jembatan yang masih dipertahankan hingga kini adalah Jembatan Iya Kazurabashi dan Oku-Iya Kazurabashi.

Lembah Iya
Sumber: id.japantravel.com
3. Jembatan Kazura


Jembatan ini merupakan salah satu di antara 3 jembatan unik yang ada di Jepang. Terletak di wilayah Iya, jembatan ini berfungsi sebagai penghubung pada Lembah Mamiya. Jembatan Kazura tergolong unik karena dibuat dari tanaman merambat Shirakuchikazura.

Jembatan Kazura
Sumber: id.japantravel.com
4. Gunung Tsurugi

Gunung Tsurugi merupakan gunung tertinggi kedua di Jepang. Memiliki tinggi mencapai 1955 meter di atas permukaan laut menjadikan Gunung Tsurugi salah satu objek yang sering dikunjungi, khususnya bagi para pendaki. Tidak seperti yang dibayangkan, meskipun merupakan gunung tertinggi di Shikoku, pendakian di Tsurugi tidak terlalu terjal.

Bagi kalian yang ingin menuju Puncak Tsurugi, akan disediakan kursi gantung yang akan membawa kalian sampai ke titik terdekat menuju puncak. Kemudian, kalian dapat melakukan summit attack menuju Puncak Tsurugi selama kurang lebih 30 menit. Sesampainya di puncak, kalian bisa menikmati pemandangan kota yang indah.

5. Udatsu

Udatsu merupakan sebuah kompleks permukiman yang berada di Kota Mima. Rumah yang ada di permukiman ini sangat unik karena memiliki pembatas antar rumah yang bertujuan untuk mencegah api menjalar ke rumah sebelahnya.

Pembatas tersebut dinamakan Udatsu. Udatsu juga memiliki makna kesuksesan. Nah, bagi kalian yang berkunjung ke Tokushima, sempatkan untuk mengunjungi kompleks ini ya.

6. Mencicipi Hidangan Khas Tokushima

Jika mengunjungi Tokushima, maka kalian harus mencicipi salah satu hidangan laut yang terkenal dari Selat Naruto. Hidangan tersebut adalah Naruto Dai, yaitu sebuah hidangan yang menyajikan Ikan Bream sebagai tokoh utama hidangan ini dan biasanya dinikmati secara mentah ataupun dipanggang.

Ikan Bream Tokushima
Ikan Bream Tokushima | Sumber: matcha-jp.com

Bagi para pecinta daging, kalian harus mencoba hidangan Awa No Sanchiku. Hidangan ini menawarkan tiga jenis daging khas Tokushima yang berbeda, yaitu Awagyu, daging sapi hitam khas Tokushima, Awa Pork yaitu daging babi dan Awa Odori yaitu daging ayam.

Jika kalian ingin menikmati mie ramen, kalian bisa mencoba Ramen Tokushima yaitu ramen dengan sup babi ditambah topping daging babi di atasnya.

Sumber gambar utama: japanvisitor.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?