10 Aquarium Terbaik di Jepang

Churaumi

Bagi pecinta binatang apalagi binatang perairan, maka akuarium adalah salah satu tempat yang tepat untuk bersantai sambil berkeliling dan mengenal beragam biota perairan. Jepang merupakan negara yang dikelilingi oleh samudera, sehingga memang identik dengan perairan atau kelautan.

Tempat Wisata Aquarium di Jepang

Jepang sendiri memiliki berbagai pilihan akuarium terbesar yang dapat kalian pilih sebagai destinasi alternatif ketika berlibur ke Jepang. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini ya.

1. Akuarium Kaiyukan

Akuarium Kaiyukan merupakan salah satu akuarium terbesar di Jepang yang berada di Osaka. Terdapat lebih dari 29.000 ekor hewan, 27 tank air, serta 16 pameran utama yang dipamerkan di akuarium ini.

Kalian juga bisa melihat beberapa ikan hiu paus dan mantaray yang berukuran besar. Menariknya, selain menyediakan pertunjukan hewan laut melalui akuarium besarnya, di sini kalian juga bisa mendapatkan pengalaman memberi makan ikan-ikan atau mencoba zona interaktif yang sudah tersedia.

2. Akuarium Kamo
Kamo Aquarium
Sumber: fun-japan.jp

Terletak di Yamagata, akuarium ini terkenal dengan koleksi ubur-uburnya. Akuarium Kamo merupakan akuarium yang memiliki koleksi ubur-ubur terbesar di dunia. Terdapat sekitar 35 spesies ubur-ubur yang dipamerkan di sini.

Pertunjukan ubur-ubur yang ada di akuarium ini berada di area pameran bawah tanah (Kuranetarium). Selain menunjukkan ubur-ubur yang menjadi ciri khasnya, di sini juga terdapat beragam jenis hewan laut lainnya yang ikut dipamerkan. Untuk memasuki akuarium ini, kalian perlu menyiapkan uang tiket sebesar 800 yen untuk orang dewasa dan 400 yen untuk anak-anak.

3. Churaumi Aquarium

Selanjutnya adalah Churaumi Akuarium yang terletak di Okinawa. Akuarium ini merupakan akuarium ikan laut terbesar di Jepang. Memiliki atraksi paling ditunggu-tunggu bagi seluruh pengunjung yaitu Ocean Expo Park.

Akuarium dengan bangunan 4 lantai ini memiliki beragam tema yang berbeda di setiap lantainya. Mulai dari zona kehidupan laut dalam, zona kuroshio (kehidupan ikan yang bermigrasi) dimana kalian dapat melihat adanya hiu paus raksasa, zona koral, hingga zona teratas yang ditujukan untuk menikmati keindahan laut dan hidangan restoran khas di sana.

4. Kamogawa Seaworld
Kamogawa Seaworld
Sumber: liburankejepang.com

Akuarium Kamogawa ini terletak di Prefektur Chiba dan berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Yang menarik dari Kamogawa Seaworld adalah pertunjukan paus pembunuh (Orca). Dari pintu masuk saja, sudah mengidentifikasikan bahwa akuarium ini memiliki ciri khas yang terdapat patung Orca.



Terdapat beragam spot yang menarik lainnya, salah satunya adalah The Eco Aquarium, yang mana pengunjung dapat melihat ikan-ikan selayaknya berada di sungai. Tak hanya itu saja, di sini juga terdapat akuarium digital yang ditampilkan di layar besar. Unik juga ya.

5. Yokohama Hakkeijima Sea Paradise
Yokohama Hakkeijima
Sumber: japan-guide.com

Akuarium ini menyediakan beberapa pertunjukan menarik yang bisa dipilih oleh pengunjung. Diantaranya adalah pertunjukan ikan di akuarium, taman laut, bahkan taman hiburan juga tersedia di sini.

Terdapat lebih dari 100.000 koleksi ikan yang ada di akuarium ini. Maka, tak heran bahwa Yokohama Hakkeijima Sea Paradise merupakan salah satu akuarium terbesar di Jepang. Kalian bisa menemukan berbagai zona seperti Aqua Museum, Dolphin Fantasy, serta Fureai Lagoon yang menawarkan pengalaman kepada pengunjung untuk menyentuh beberapa hewan laut.

6. Oita Marine Palace
Oita Marine Palace
Sumber: mystays.com

Oita Marine merupakan salah satu akuarium terbesar dengan beragam atraksi yang ditawarkan. Salah satu yang terkenal adalah pertunjukan lumba-lumba. Akuarium ini sangat cocok dikunjungi bagi keluarga maupun pasangan yang sedang berkencan. Oita Marine Palace Aquarium memiliki desain yang modern sehingga nampak seperti menyatu dengan Teluk Beppu.

7. Aqua World Oarai Aquarium

Terletak di Ibaraki, akuarium ini memiliki luas hampir 2 hektar. Akuarium yang berhadapan dengan Samudera Pasifik ini memiliki daya tarik adanya ikan sunfish atau ikan mola-mola. Ikan mola-mola ini biasanya dapat ditemukan di Nusa Penida, Bali. Selain itu, juga terdapat kompleks museum yang memamerkan fosil dan hewan laut di Jepang.

8. Toba Aquarium

Toba Akuarium terletak di Prefektur Mie dan merupakan satu-satunya akuarium yang memiliki anjing laut di Jepang. Tak hanya itu, akuarium ini juga memiliki lebih dari 1200 spesies hewan laut yang dibagi ke dalam 12 zona.

Akuarium Toba menawarkan berbagai pertunjukan hewan-hewan langka seperti dugong, berang-berang laut, dan lumba-lumba. Untuk memasuki akuarium ini, maka siapkan uang sebesar 2.400 yen untuk membeli tiket masuk.

9. Kyoto Aquarium
Kyoto Aquarium
Sumber: en.japantravel.com

Kyoto Aquarium merupakan akuarium pertama yang menggunakan air laut buatan di Jepang. Terdapat kurang lebih 12 zona di dalam akuarium ini, namun 3 zona diantaranya merupakan zona terbaik. Zona tersebut adalah The River of Kyoto, yang mana menggambarkan kehidupan Sungai Yura dari hulu hingga hilir.

Yang kedua adalah The Sea Of Kyoto dimana menggambarkan kehidupan laut Kyoto. Yang terakhir adalah The Countryside of Kyoto, dimana kalian bisa merasakan suasana pedesaan lengkap dengan aliran saluran air yang juga memiliki ikan-ikan serta hewan lain.

10. Sumida Aquarium

Terletak di Tokyo, tepatnya di kompleks Tokyo Sky Tree, akuarium ini juga tak kalah menyajikan beragam keindahan laut. Kalian bisa menemukan berbagai zona di sini, mulai dari zona terumbu karang hingga zona penguin. Untuk memasuki akuarium ini, kalian harus membayar tiket masuk sebesar 2.050 yen untuk dewasa, 1.000 yen untuk pelajar, serta 600 yen untuk anak-anak.


Nah, itulah 10 tempat wisata aquarium yang bisa kalian kunjungi ketika berlibur ke Jepang. Apakah kalian mengetahui tempat wisata yang lainnya? Jangan lupa tulis di kolom komentar di bawah ya.

Sumber gambar utama: japancheapo.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?