7 Kegiatan Asik yang Bisa Kalian Nikmati di Yamagata

7 Kegiatan Asik yang Bisa Kalian Nikmati di Yamagata

Masih terletak di wilayah Tohoku, kini adalah Prefektur Yamagata. Prefektur Yamagata terletak di sebelah barat pulau Honshu. Beribukota di Kota Yamagata, prefektur ini merupakan surga dari keindahaan alam, budaya, dan sejarah. Meskipun tak banyak orang yang mengunjungi prefektur ini, namun tak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba berwisata di prefektur ini.

Tetapi jangan lupa untuk membawa orang yang fasih berbahasa Jepang jika ingin berkeliling di prefektur ini, karena tak banyak orang lokal yang fasih berbahasa inggris.

Dahulu, Prefektur Yamagata terkenal sebagai provinsi dewa yang berlaku hingga masa restorasi Meiji. Kemudian, Prefektur Yamagata mengalami perkembangan yang drastis pada Zaman Heian.

Sama seperti wilayah lain yang berada di Tohoku, Prefektur Yamagata juga memiliki salju yang tebal saat musim dingin. Jika kalian ingin pergi di saat musim dingin, pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Tempat Wisata di Yamagata

Seperti yang telah dijelaskan di awal, Prefektur Yamagata memiliki pemandangan alam yang indah serta tempat wisata budaya yang masih otentik. Berikut adalah kegiatan seru yang dapat kalian lakukan di Prefektur Yamagata.

1. Ginzan Onsen

Seperti pada kota-kota lain di Jepang, Yamagata juga memiliki onsen yang terkenal. Salah satunya adalah Ginzan Onsen. Di sini, kalian dapat menemukan rumah bergaya Fujiya Ryokan, serta pemandian umum yang tergolong murah.

Ginzan Onsen
Sumber: id.zekkeijapan.com

Selain itu, terletak di antara pegunungan Yamagata membuat area ini dikelilingi oleh tebing dan pepohonan. Area ini juga hanya dapat dijelajahi dengan berjalan kaki karena jalanannya yang cukup sempit.

2. Akuarium Kamo

Terletak di Kota Tsuruoka, akuarium ini juga sangat terkenal di Prefektur Yamagata. Tak hanya beraneka macam ikan air tawar dan air laut, namun di sini kalian juga dapat melihat pusat pengembangbiakan ubur-ubur. Maka tak heran, akuarium ini dikenal sebagai akuarium yang memiliki jenis ubur-ubur terbanyak di dunia.

Akuarium Kamo
Sumber: tohokuandtokyo.org
3. Dewa Sanzan

Merupakan kompleks pegunungan yang memiliki kuil di setiap puncaknya. Pegunungan tersebut adalah Gunung Gassan, Gunung Hagurosan, dan Gunung Yudonosan. Ketiga kuil yang ada di setiap puncak gunung ini mewakili arti kelahiran, kematian, dan kelahiran kembali.



Di Gunung Hagurosan, terdapat Kuil Sanjingosaiden yang diperuntukkan untuk memuja ketiga dewa karena hanya Gunung Hagurosan yang dapat dikunjungi kapanpun, baik di musim panas, semi, gugur, maupun musim dingin.

4. Kuil Yamadera

Kuil Yamadera merupakah salah satu kuil yang berada di pegunungan timur laut kota Yamagata. Kalian dapat menikmati pemandangan alam dari kedua puncak gunung yaitu di Godaido Hall dan Risshaku-Ji.

Kuil Yamadera
Sumber: japan-guide.com
5. Kuil Zen

Kuil ini terletak di Kota Tsuruoka, Yamagata. Terkenal dengan tempat untuk memuja Dewa Naga dan Dewa Penjaga Laut. Jika kalian mengunjungi kuil ini, jangan lupa untuk mengunjungi juga pagoda 5 tingkat (Sanmon) dan aula 500 patung rakan (Gohyakurakandou).

Selain itu, kalian juga bisa menikmati hidangan untuk biksu (Shojin Ryori) yang merupakan salah satu praktik dari ajaran buddha.

6. Festival Hanagasa

Festival Hanagasa atau Hanagasa Matsuri merupakan festival yang rutin dilakukan setiap tahun pada tanggal 5-7 Agustus. Festival ini akan menampilkan hampir 10.000 penari yang memegang topi bunga. Para penari ini akan berjalan dari Stasiun JR Yamagata hingga Bunshokan Hall.

Festival Hanagasa
Sumber: allabout-japan.com
7. Yamagata Imoni-Kai

Imoni Kai merupakan salah satu tradisi pesta ubi taro di Prefektur Yamagata. Acara ini rutin dilakukan pada bulan September, di musim gugur. Pemerintah akan menyiapkan hidangan ubi talas lengkap dengan irisan daging dan sayuran.

Hampir sekitar 30.000 mangkuk disiapkan untuk acara ini. Oleh karena itu, inilah yang juga menjadi daya tarik pengunjung Yamagata.


Nah, bagi kalian yang ingin berlibur ke Yamagata, kalian sudah tau kan tempat-tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?