Apa itu Taman Botani Kyoto (Kyoto Botanical Garden)?

Taman Botani Kyoto

Setelah Taman Istana Kekaisaran, taman terbesar kedua yang ada di Kyoto adalah  Taman Botani Kyoto (Kyoto Botanical Garden). Terletak di wilayah utara, Kyoto Botanical Garden berada di dekat Kuil Shimogamo yaitu kuil yang sangat dekat dengan sungai Kamo.

Taman Botani Kyoto memiliki berbagai jenis bunga serta pepohonan yang ada di sekelilingnya. Bunga sakura dan pohon maple juga tidak absen di sini sehingga pasti memiliki suasana yang indah saat musim semi maupun musim gugur. Kyoto Botanical Garden merupakan salah satu objek wisata yang cocok dikunjungi oleh siapapun termasuk anak-anak.

Mengenal Taman Botani Kyoto

Memiliki lahan seluas 240.000 m2, taman ini awal mulanya ditemukan pada tahun 1924. Tercatat lebih dari 12.000 spesies tanaman yang ada di sini sehingga dapat dibayangkan sejuknya udara di Taman Botani Kyoto ini.

Tak hanya melulu tentang bunga atau pohon, di sini juga disediakan kawasan ramah anak yang berada di sisi utara taman. Area ini dikhususkan sebagai area bermain anak yang juga dihiasi dengan air mancur dan kincir air yang cantik.

Kyoto Botanical Garden terbagi menjadi beberapa area sesuai dengan spesies tanaman yang ada, diantaranya adalah area Taman Bamboo, Pameran Bonsai, Taman Camelia, Pohon Cherry, Taman dengan Gaya Eropa, Taman Hydrangea, area dengan tanaman khas Jepang, Kolam Teratai, dan masih banyak lagi.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Jangan khawatir tersesat di taman ini karena di pintu masuk disediakan peta yang mencakup keseluruhan area taman dengan 3 bahasa yang berbeda yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Cina, serta Bahasa Jepang. Selain itu, di setiap area, pasti selalu ada petunjuk jalan sehingga memudahkan pengunjung yang sedang menikmati pemandangan dan sejuknya udara di taman ini.

Taman Botani Kyoto Saat Musim Semi
Sumber: 2ponderful.com

Kalian juga akan menemukan rumah kaca yang terletak di tengah-tengah taman. Kalian dapat memasuki rumah kaca ini dengan membayar biaya tambahan sebesar 200 yen. Kalian tidak akan rugi jika membayar 200 yen lagi karena kalian akan melihat bagaimana tanaman dengan jenis yang berbeda itu tersusun rapi di sini.

Di dalam rumah kaca ini, terdapat berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman tropis, sukulen, savana, hingga bunga anggrek yang cantik juga terdapat di dalamnya.

Kyoto Botanical Garden memiliki pesona yang berbeda-beda di tiap musimnya. Yang jelas, waktu yang paling favorit untuk mengunjungi taman ini adalah ketika musim semi atau musim gugur. Jika kalian mengunjungi Taman Botani Kyoto di musim semi, pasti akan menemukan indahnya bunga sakura yang bermekaran, dan di sini merupakan tempat terbaik untuk menikmati bunga sakura karena memiliki 500 kultivar bunga sakura yang berbeda.

Sedangkan pada musim gugur, kalian bisa menikmati indahnya pohon maple yang berwarna oren di sekitar taman ini. Berbeda lagi jika kalian berkunjung pada musim hujan yaitu saat pertengahan Juni, kalian bisa menemukan bunga hydrangea yang mekar dengan cantiknya.

Lelah berkeliling di Taman Botani Kyoto? Di area taman ini, juga disediakan cafeteria yang menyediakan makanan di tengah-tengah perjalananmu. Café ini tidak jauh dari taman mawar. Sistem pembelian makanan di sini adalah menggunakan tiket yang didapatkan dari vending machine di depan cafe, kemudian menukarkan tiket tersebut di meja.

Kantin Taman Botani Kyoto
Sumber: insidekyoto.com

Namun sayangnya, vending machine tersebut tidak tersedia dalam bahasa lain selain Bahasa Jepang. Jadi, jika kalian bingung untuk memilih menu, silahkan bertanya pada warga lokal untuk memperjelas.

Informasi Tiket Masuk

Harga tiket masuk Kyoto Botanical Garden adalah 200 yen untuk orang dewasa dan 150 yen untuk siswa pelajar. Tiket ini dapat digunakan berkali-kali dalam sehari, artinya jika kalian ingin keluar dan mencari makan siang lalu ingin masuk kembali ke Taman Botani Kyoto, sangat mungkin untuk dilakukan.

Akses Menuju Taman Botani Kyoto

Kalian dapat menggunakan kereta Subway Karasuma dari Stasiun Kyoto menuju Stasiun Kitayama selama 15 menit perjalanan. Biaya perjalanan ini adalah 290 yen. Setelah keluar dari Stasiun Kitayama, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 5 menit saja.


Sekian informasi tentang Taman Botani Kyoto (Kyoto Botanical Garden) dari kami. Bagaimana? Seru kan kalau kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung ke sini? Jangan lupa untuk memasukkan taman ini di itinerary kalian ya ketika ingin liburan ke Kyoto.

Sumber gambar utama: travel.gaijinpot.com

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)