Berwisata di Kyoto Dengan Naik Kereta Wisata Sagano

Berwisata ke Kyoto dengan Naik Kereta Wisata Sagano

Jalan-jalan ke Kuil Kiyomizudera sudah, ke Kuil Paviliun Emas Kinkakuji sudah, ke Kuil Paviliun Perak Ginkakuji juga sudah. Nah, jika masih ada waktu, maka kami sarankan kalian untuk pergi ke Kyoto sebelah barat dan menaiki Kereta Wisata Sagano.

Kereta Wisata Sagano ini memiliki beberapa keistimewaan baik dari segi fisik keretanya maupun jalur yang dilaluinya. Kereta ini sendiri merupakan kereta kuno, jika kalian menaiki kereta ini, maka kalian akan merasakan pengalaman naik kereta dengan lokomotif kuno bermesin uap.

Kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Kereta Wisata Sagano. Kereta ini merupakan bagian dari jalur JR Sanin yang kini telah digantikan ke rute yang lebih cepat sejak tahun 1989. Namun, ada hal menarik yang tidak dapat ditinggalkan dari jalur kereta ini, yaitu pemandangan yang disuguhkan begitu indah.

Oleh karenanya, jalur kereta ini masih tetap digunakan sebagai objek wisata. Kereta Wisata Sagano memiliki 4 gerbong tertutup dan 1 gerbong terbuka. Kalian akan diajak berkeliling menikmati pemandangan Kyoto di dalam kereta selama 25 menit.

Kereta Wisata Sagano
japan-guide.com

Kereta Wisata Sagano sendiri dapat diakses melalui 3 stasiun, yaitu sebagai berikut.

1. Stasiun Saga Torokko

Stasiun ini berdekatan dengan jembatan Togetsukyo. Jika kalian pergi ke Jembatan Togetsukyo, maka berjalanlah lurus menyusuri jalan dengan penjual makanan di kanan dan kiri jalan. Kalian bisa menggunakan google maps atau memanfaatkan papan petunjuk jalan untuk menuju ke stasiun ini. Kereta Wisata Sagano sendiri akan berangkat dari pukul 09.07 hingga 16.07.

2. Stasiun Arashiyama Torokko

Nah, jika kalian pergi mengunjungi hutan bamboo Arashiyama yang terkenal itu, maka kalian juga harus mencoba Kereta Sagano yang berangkat dari Stasiun Arashiyama Torokko. Setelah kalian selesai menyusuri hutan bamboo, kalian akan menemukan Stasiun Arashiyama. Di sini, kereta akan beroperasi mulai pukul 09.10 hingga 16.10.

3. Stasiun Kameoka Torokko

Jika kalian ingin menaiki kereta sagano dari stasiun ini, maka kalian harus naik kereta JR dari stasiun apapun di Kyoto kemudian berhenti di stasiun JR Umahori, kemudian berjalan sekitar 10 menit menuju Stasiun Kameoka Torokko. Dari stasiun ini, kereta akan berangkat mulai pukul 09.35 hingga 16.35.

Jika kalian ingin membeli tiket kereta wisata ini, dapat dilakukan pemesanan tiket mulai dari satu bulan hingga satu hari sebelum naik kereta wisata. Kalian dapat menemukan loket pembelian tiket ini di stasiun Kyoto loket kereta JR Midori-No-Madoguchi, di Bandara Kansai, ataupun dapat memesan secara online melalui website resmi Kereta Wisata Sagano. Untuk harga tiketnya sendiri, orang dewasa seharga 620 yen sedangkan untuk anak-anak adalah 310 yen.

Sagano Scenic Railway
jrailpass.com

Akan lebih baik jika kalian memilih tempat duduk di gerbong yang terbuka karena di sini kalian bisa menikmati sejuknya angin yang berhembus sepoi-sepoi sambil menikmati pemandangan alam seperti hutan, jurang, suasana pedesaan di Kameoka, bahkan pemandangan sungai Hozugawa yang indah di tepian jalurnya.

Rute perjalanan Kereta Wisata Sagano sendiri beroperasi setiap hari ketika musim semi, musim gugur, dan musim panas. Sedangkan selama musim dingin, kereta ini tidak beroperasi karena tingginya salju yang menutupi jalur kereta api sehingga kereta tidak dapat melewatinya.

Walaupun kereta ini beroperasi saat musim semi, gugur, dan panas, waktu yang paling menjadi favorit pengunjung adalah musim semi. Pada saat musim semi, pengunjung akan menikmati keindahan bunga sakura dari atas kereta wisata ini. Tapi, jangan lupa untuk tetap menggunakan jaket yang cukup tebal karena angin yang berhembus cukup dingin.


Nah, itulah ulasan Kereta Wisata Sagano yang patut kalian coba ketika berkunjung ke Kyoto. Apakah kalian sudah pernah mencoba kereta ini? Kalau sudah, jangan sungkan-sungkan bagikan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ya.

Sumber gambar utama: jrailpass.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?