Panduan Lengkap Cara Naik Taksi Di Jepang

Panduan Naik Taksi di Jepang

Halo Sobat Tanogaido Tour and Travel, kembali kita akan membahas seputaran tentang Jepang. Nah, kali ini tentang bagaimana cara naik taksi di Jepang khusus buat Anda yang sedang liburan di negeri sakura ini.

Menggunakan moda transportasi satu ini tentu memiliki kelebihan, sehingga banyak orang memilihnya sebagai alternatif. Apalagi jika Anda sedang buru-buru.

Beda negara, beda juga caranya. Untuk naik taksi di Jepang, ada  beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebab transportasi di Jepang ini tidak seperti umumnya di Indonesia.

Cara Mudah Naik Taksi di Jepang

1. Dapatkan Taksi Melalui Pangkalan Atau Aplikasi

Hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan taksi di Jepang yakni tidak banyak yang lalu lalang di jalanan seperti halnya di Indonesia. Untuk menumpanginya, Anda harus ke pangkalan taksi yang ada, atau bisa memesan melalui aplikasi taksi seperti Uber, Grab, atau JapanTaxi.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

2. Tunggu pengemudi untuk Membuka dan Menutup Kunci Pintu

Untuk Anda yang sedang ingin naik taksi di Jepang hal kedua yang perlu diperhatikan ketika adalah buka dan tutup pintu dengan sendiri. Pintu taksi biasanya tidak akan terbuka atau tertutup secara otomatis, sebab pengemudi akan membukakan kunci pintu terlebih dahulu.

3. Duduk Di Kursi Belakang

Jika di Indonesia Anda mungkin bisa memilih untuk duduk di kursi bagian mana saja yang Anda inginkan. Namun di Jepang, Anda perlu memastikan duduk di kursi belakang. Kecuali jika Anda bepergian dengan banyak barang atau ada alasan khusus kemudian diperbolehkan duduk di depan samping pengemudi. Ini panduan naik taksi di Jepang yang perlu diingat.

4. Beritahu Tujuan Dengan Jelas

Sampaikan tujuan Anda dengan jelas dan pastikan supir taksi mengerti. Jika perlu, tunjukkan alamat atau lokasi yang ingin Anda tuju dalam bahasa Jepang atau tulis di kertas.

5. Tunggu Kunci Pintu Terbuka Ketika Turun

Panduan naik taksi di Jepang berikutnya yakni, Anda harus menunggu sampai supir taksi membuka pintu untuk Anda keluar. Jangan membuka pintu sendiri karena pintu akan terkunci secara otomatis.

6. Pembayaran Tunai ataupun Kartu Kredit

Pembayaran dapat dilakukan di dalam taksi atau melalui mesin pembayaran yang tersedia di pangkalan taksi. Pastikan Anda membawa uang tunai atau kartu kredit yang diterima oleh taksi tersebut. Ini juga perlu diperhatikan jika naik taksi di Jepang.

7. Tip Untuk Opsional Saja

Pastikan untuk memberi tip jika Anda merasa puas dengan layanan taksi. Namun, memberi tip bukanlah kebiasaan di Jepang, jadi tidak perlu untuk melakukannya.

Itulah sedikit panduan buat Anda yang ingin menumpangi taksi di Jepang. Selain itu, ada beberapa hal lagi yang perlu Anda ketahui.

Biaya Naik Taksi di Jepang

Itu seperti biaya naik taksi di Jepang cukup mahal jika dibandingkan dengan negara lain, terutama di kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka. Biaya taksi di Jepang dihitung berdasarkan jarak yang ditempuh dan tarif dasar yang berbeda-beda di setiap kota.

Tarif taksi di Tokyo misalnya, memiliki tarif dasar sekitar 410 yen dan 80 yen untuk setiap 237 meter berikutnya atau setiap 50 detik tungguan. Sedangkan tarif taksi di Osaka, memiliki tarif dasar sekitar 620 yen dan 80 yen untuk setiap 245 meter berikutnya atau setiap 80 detik tungguan.

Selain itu, di Jepang juga ada tarif tambahan pada malam hari dan hari libur nasional, biasanya sekitar 20-30% dari tarif dasar. Jadi, pastikan kamu memperhitungkan biaya tambahan tersebut jika naik taksi di malam hari atau hari libur nasional.

Namun, meskipun biaya taksi di Jepang cukup mahal, tetap ada beberapa cara untuk menghemat biaya, seperti menggunakan aplikasi taksi seperti Uber atau Grab yang biasanya memiliki tarif yang lebih murah atau menggunakan taksi berbagi dengan penumpang lain untuk membagi biaya.

Itulah sekilas tentang biaya naik taksi di Jepang. Meskipun mahal, taksi tetap menjadi salah satu pilihan transportasi yang nyaman dan aman di Jepang, terutama jika kamu berada di daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi umum.

Jenis Taksi yang Ada di Jepang

Ada beberapa jenis taksi yang bisa kamu temukan di Jepang, di antaranya:

  • Regular Taxi
  • Premium Taxi
  • Van Taxi
  • Barrier-Free Taxi
  • Hybrid Taxi
  • Jumbo Taxi

Itulah beberapa jenis taksi yang bisa kamu temukan di Jepang. Pastikan kamu memilih jenis taksi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan budget yang kamu miliki. Demikian artikel panduan taksi naik taksi di Jepang ini.

Punya pertanyaan? Langsung aja tulis dikolom komentar yah, nanti tim Tanogaido akan segera menjawab!

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)