Etika Saat Naik Kereta di Jepang

Etika Naik Kereta di Jepang

Etika Naik Kereta di Jepang – Berlibur ke Jepang tentu saja tak jauh dari moda transportasi kereta. Kereta menjadi alat transportasi paling banyak di negara indah ini. Nah, sebelum menaiki kereta untuk menjelajahi Jepang, penting sekali untuk memahami aturan yang diterapkan guna memperoleh kenyamanan dan keamanan sesama penumpang. Berikut adalah tata tertib naik kereta di Jepang yang wajib kamu ketahui.

Jepang mempunyai infrastruktur dan sistem transportasi dengan kecepatan super. Hal ini pastinya membuat para wisatawan merasa nyaman ketika liburan di sana. Seperti kebanyakan negara lain, terdapat aturan yang turun temurun di warga Jepang, dan kebanyakan aturan itu akan berlaku saat menaiki kereta.

Beberapa Tata Tertib Saat Naik Kereta di Jepang

Penting sekali untuk tahu norma apa saja yang wajib dipatuhi saat liburan ke suatu negara. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut sampai habis untuk memahami aturan apa saja yang perlu dipatuhi saat menaiki kereta di Jepang.

  • Jangan harap kamu bisa duduk dengan nyaman terutama di sejumlah kota besar Jepang serta jam-jam sibuk [07:00 – 09:00 dan 18:00-20:00]. Disarankan untuk keluar menghindari jam ini, atau pergi lebih pagi ataupun pulang lebih larut. Sembari menunggu jam sibuk tersebut, kamu dapat membeli sejumlah makanan di toko yang umum ditemukan di area stasiun kereta.
  • Tata tertib naik kereta di Jepang berikutnya adalah tentang kursi prioritas. Kursi ini terletak di paling ujung gerbong. Pastikan kamu tidak menduduki kursi ini lantaran dikhususnya bagi wanita hamil, manula, serta penumpang yang mengalami cedera atau sakit. Tapi, ketika kereta sedang kosong, kamu dapat menduduki kursi priorotas ini.
  • Jepang juga mempunyai gerbong khusus perempuan. Kamu dapat memahami ini lewat warna gerbong serta papan pengumuman dengan warna merah muda. Pada pintu penghubung gerbong terdapat petugas yang selalu siaga serta mengingatkan apabila itu merupakan gerbong khusus perempuan.
  • Selama di kereta, alangkah baiknya kamu tidak menerima atau sedang melakukan panggilan telepon. Berbicara dengan orang lain terlebih dengan suara lantang tergolong perilaku yang kurang sopan. Pastikan smartphone kamu dalam mode silence/getar supaya tidak mengganggung orang lain. Pada beberapa kesempatan apabila ada telepon masuk penting, maka kamu dapat mengangkat telepon tersebut dan berbicara dengan nada pelan.
  • Apabila kamu menempuh jarak yang cukup jauh, baik dengan kereta biasa atau shinkansen, kamu akan diijinkan membaca majalah atau koran, berbicara dengan teman, ataupun menggunakan smartphone selama tak membuat keributan maupun mengganggu orang. Tidak hanya itu, tata tertib naik kereta di Jepang ini juga diijinkan berjalan di gerbong saat ingin ke toilet atau merasa pegal-pegal.
  • Kamu perlu berhati-hati kalau bepergian menggunakan koper besar ketika jam-jamsibuk, khususnya di kota besar semisal di Osaka dan Tokyo. Jika membawa koper besar disaat jam tersebut, tentu saja akan menyebabkan masalah untuk penumpang lain atau dirimu sendiri. Kalau kamu berdiri di sebelah pintu gerbong contohnya, pastinya akan merasa kesulitan saat turun atau naik kereta dengan membawa koper besar.

Sederet tata tertib naik kereta di Jepang akhirnya sudah kamu ketahui melalui artikel di atas. Penting sekali untuk selalu mengikuti aturan dan tradisi dari suatu negara yang sedang dikunjungi. Pastikan kamu mengingat beberapa aturan tadi saat liburan ke Jepang supaya memperoleh perjalanan yang aman dan nyaman.

Bantuan Pemandu Wisata di Jepang

Perlu bantuan saat ingin merencanakan liburan ke Jepang? Kamu bisa menghubungi kami untuk layanan tour guide jepang. Dijamin liburan kamu di Negeri Sakura menjadi semakin seru. Terima kasih!

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi form berikut!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Ingin Liburan ke Jepang? coba Paket Tour Jepang dari Tanogaido. Silahkan menghubungi kami melalui kontak whatsapp yang tersedia untuk info detailnya.




Tinggalkan komentar

Informasi Terkait :
Informasi Terbaru :

Layanan Jasa Tanogaido

Tanogaido adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Translate »
Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?