Kirim Barang dari Jepang Lebih Mudah dengan Jasa Pengiriman Ini

Kirim Barang dari Jepang Lebih Mudah dengan Jasa Pengiriman Ini

Apakah Anda sedang mencari tahu informasi mengenai bagaimana cara kirim barang dari Jepang? Jika iya, maka artikel ini adalah jawaban yang tepat untuk kebingungan Anda.

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, keterbatasan dalam melakukan traveling ke luar negeri, termasuk Jepang, menjadi kendala bagi Anda yang ingin membeli barang dari negeri Sakura ini. Berikut ini adalah panduan lengkap yang akan membantu Anda mengirim barang dari Jepang.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum kirim barang dari Jepang

Sebelum Anda memutuskan untuk mengirim barang dari Jepang, Anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar proses pengiriman berjalan dengan lancar, seperti berikut ini.

Siapkan paket yang akan dikirimkan

Kirim barang dari Jepang sama seperti ekspor barang dari luar negeri, dimana barang akan dikirimkan dengan menggunakan kargo atau pos pengiriman barang.

Maka dari itu, Anda harus memastikan barang yang akan Anda kirim dari Jepang ke Indonesia telah dikemas dengan baik dan rapi sehingga barang menjadi aman dari kerusakan selama perjalanan.

Barang yang akan dikirimkan dapat dikemas dengan menggunakan karton dan juga bubble wrap. Sesuaikan juga dengan jenis barang yang akan dikirimkan. Jika barang tersebut mudah pecah, maka gunakanlah pelindung ekstra seperti bubble wrap yang lebih banyak dan karton untuk kemasan yang lebih tebal.

Setelah Anda mengemas barang yang akan dikirim tersebut, maka selanjutnya Anda harus memberikan identitas lengkap pada kemasan barang tersebut seperti ketika Anda mengirimkan barang ke ekspedisi lokal.

Kirim Barang dari Jepang ke Indonesia

Jika Anda masih bingung dengan informasi apa saja yang perlu dituliskan pada paket Anda, maka informasi yang perlu Anda tuliskan pada paket yang akan Anda kirimkan yaitu nama pengirim, nomor rumah dan jalan pengirim, distrik/kota dan prefektur pengirim, kode pos, nomor telepon, dan fax (opsional) pengirim. Kemudian, Anda juga perlu menuliskan nama penerima, nomor rumah dan jalan penerima, kelurahan, kota, provinsi, kode pos penerima, negara, nomor telepon, dan fax (opsional) penerima.

Setelah Anda menuliskan identitas pengirim dan penerima secara lengkap, selanjutnya Anda juga harus menuliskan keterangan mengenai isi barang yang Anda kirimkan secara lengkap yang meliputi nama barang, jenis barang apakah mudah pecah atau tidak, dimensi barang, dan berat barang.

Anda juga perlu memperhatikan berat barang yang akan Anda kirim dari Jepang ke Indonesia. Jika berat barang Anda terlalu berat, maka biaya pengiriman akan semakin mahal.

Pemilihan jasa kirim

Setelah Anda mengemas barang yang akan Anda kirimkan, maka selanjutnya Anda harus menentukan jasa pengiriman yang akan digunakan. Nah, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara memilih jasa pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia? Anda akan mengetahuinya di bagian selanjutnya.

Anda dapat memilih 2 macam bentuk pengiriman yaitu pengiriman dengan menggunakan pesawat atau kapal laut, dimana biaya pengiriman dengan pesawat lebih mahal dibandingkan dengan kapal laut.

Siapkan biaya pengiriman

Langkah selanjutnya yang perlu Anda siapkan yaitu dana atau biaya untuk pengiriman barang Anda.

Jasa pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia

Jasa pengiriman barang yang ada di Jepang kurang lebih memiliki kemiripan dengan jasa kirim barang yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jasa pengiriman barang yang dapat Anda gunakan untuk kirim barang dari Jepang ke Indonesia.

JP Post

Rekomendasi jasa pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia yang pertama yaitu JP Post. Jasa pengiriman ini termasuk murah dibandingkan dengan layanan pengiriman barang dari Jepang lainnya.

Jasa Pengiriman JP Post
Sumber: jpgds.com

Biaya

JP Post menyediakan 3 tipe pengiriman barang yaitu Airmail, Economy Air (SAL), dan Surface Mail. Berat maksimum barang yang dapat diangkut oleh JP Post yaitu 30 kg.

Biaya pengiriman JP Post dengan berat barang per 1 kg atau 1.000 gram dari kota Hokkaido ke Indonesia dapat dilihat sebagai berikut:
• Airmail: 2.700 yen dengan estimasi waktu pengiriman 8 hari.
• Economy Airmail (SAL): 2.200 yen dengan estimasi waktu pengiriman 3 minggu.
• Surface Mail: 1.700 yen dengan estimasi waktu pengiriman 3 bulan.

Kelebihan

Kelebihan yang ditawarkan oleh JP Post yaitu adanya asuransi pengiriman dan juga saran pengiriman.

Surface Mail adalah pengiriman barang dari Jepang menggunakan kapal laut dan harganya yang paling murah dengan durasi pengiriman sekitar 1-3 bulan dari Jepang. SAL merupakan pilihan termurah yang kedua dengan durasi waktu pengiriman yaitu 6-13 hari, sedangkan Air Mail parcel merupakan jasa pengiriman melalui udara yang merupakan layanan termahal kedua setelah EMS dengan durasi pengiriman sekitar 3-6 hari.

Pajak

Ketika Anda sudah merencanakan untuk kirim barang dari Jepang, maka Anda juga harus siap dengan biaya tambahan di luar biaya layanan pengirimannya yaitu pajak. Biaya pajak yang harus Anda siapkan yaitu 10% dari total harga barang dan 7% dari total biaya. Nilai 10% merupakan pajak pendapatan negara (PPN), sedangkan nilai 7% adalah pajak barang impor.

EMS

Rekomendasi jasa pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia yang kedua yaitu Express Mail Service (EMS).

Salah satu keunggulan dari jasa pengiriman barang yang satu ini adalah prioritas pelayanannya yang lebih didahulukan daripada jasa pengiriman lainnya, sehingga barang yang Anda kirim dari Jepang bisa sampai di Indonesia lebih cepat.

Jasa Pengiriman Barang dari Jepang ke Indonesia dengan EMS

Biaya

Jasa pengiriman barang dari Jepang ini memiliki beberapa kategori tarif berdasarkan benua negara tujuan pengiriman. Biaya pengiriman barang seberat 10 kg adalah sebagai berikut.
• Asia: 10.500 yen
• Oceania: 14.500 yen
• Eropa: 16.600 yen
• Amerika Selatan, Afrika: 27.700 yen

Terdapat perubahan biaya pengiriman udara dengan EMS per 16 Juni 2021 yaitu berat kiriman udara berdasarkan berat aktual dan berat volume P x L x T (dalam cm) / 6000.

Waktu pengiriman

Berapa lama pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia dengan menggunakan EMS? Karena EMS sendiri merupakan layanan ekspress, durasi pengirimannya sekitar 1-3 minggu.

Kelebihan

EMS menawarkan fitur pelacakan barang yang dikirimkan dengan menggunakan situs resmi mereka. Anda dapat melacak barang yang Anda kirimkan dari Jepang dengan memasukkan 13 digit nomor paket Anda pada halaman website resmi EMS.

Selain itu, EMS juga memiliki kelebihan berupa layanan pengiriman barang dingin. Jika Anda ingin mengirimkan barang yang harus dalam kondisi dingin seperti makanan dan obat, Anda dapat memilih untuk menggunakan Cool EMS yang tersedia dalam 2 pilihan yaitu dengan lemari es dan dibekukan.

Cool EMS dengan lemari es dapat menjaga suhu barang berada pada suhu 0-10 derajat Celcius dengan kapasitas maksimal 15 kg per pengiriman. Cool EMS dengan pembekuan dapat mempertahankan barang pada suhu di bawah -15 derajat Celcius dengan kapasitas maksimal 10 kg per pengiriman.

EMS juga menyediakan layanan klaim kerusakan barang, dimana pengirim barang berhak mengajukan klaim kerusakan barang jika terjadi kerusakan barang di tempat penerima. Klaim ini hanya dapat disetujui jika pihak pengirim mengambil asuransi pengiriman yang disediakan oleh pihak EMS pada saat proses pemesanan.

Asuransi bersifat gratis apabila barang yang Anda kirimkan memiliki nilai di bawah 20.000 yen, namun Anda harus menambah 50 yen/2.000 yen nilai tambah jika barang yang Anda kirimkan memiliki nilai di atas 20.000 yen.

Baca Juga: Cara Memakai Jasa Pengiriman EMS untuk Kirim Barang dari Jepang

Nice Indonesia Cargo

Rekomendasi jasa pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia yang ketiga yaitu Nice Indonesia Cargo. Nice Indonesia Cargo merupakan jasa pengiriman barang melalui jalur laut atau menggunakan kapal laut.

Nice Indonesia Cargo
Sumber: niceindonesiacargo.com

Biaya

Biaya kirim barang dari Jepang ke Indonesia dengan Nice Indonesia Cargo didasarkan pada dimensi/ukuran barang yang dikirimkan dengan rumus perhitungannya yaitu P x T x L x 0.117 = Charge (JPY) * biaya minimum 4.990 JPY. Untuk daerah luar pulau Jawa dikenakan biaya berat senilai 200 JPY/kg. Barang elektronik dengan harga pembelian lebih dari 5000 JPY wajib membayar asuransi sebesar 10% per item elektronik dari harga barang.

Waktu pengiriman

Lama waktu pengiriman barang dengan menggunakan jasa kirim ini yaitu sekitar 1 bulan untuk area Jawa, 2 bulan untuk area luar Jawa yang dihitung sejak jadwal keberangkatan kapal.

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Nice Indonesia Cargo yang membedakannya dari jasa-jasa pengiriman barang dari Jepang lainnya yaitu mekanisme pembayaran yang praktis.

Jika pada saat melakukan pengiriman barang dari luar negeri biasanya dikenakan pembayaran bea cukai atau pajak ketika barang tersebut tiba di Indonesia, maka dengan menggunakan Nice Indonesia Cargo pembayaran hanya perlu dilakukan 1 kali di Jepang sebelum barang dikirimkan ke Indonesia.

Kelebihan selanjutnya, Nice Indonesia Cargo juga menawarkan layanan door to door yaitu kurir pihak ekspedisi akan datang ke rumah pengirim barang untuk mengambil barang yang akan dikirimkan tanpa perlu si pengirim datang ke tempat pengiriman barang.


Itulah cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia. Kira-kira, dari ketiga jasa pengiriman yang disebutkan di atas, Anda lebih memilih yang mana? Jika ada pertanyaan, silahkan komentar di bawah ya!

Baca Juga: 10 Tempat Belanja Terfavorit di Jepang

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Leave A Comment