Kuil Zenkoji Nagano, Tempat Wisata Terkenal di Nagano

Kuil Zenkoji, Tempat Wisata Terkenal di Nagano

Kuil Zenkoji merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan menjadi kuil terpenting di Nagano. Kuil ini ditemukan pada abad ke-7 dan menjadi tempat dimana patung Buddha pertama berada di Jepang, yang dinamakan sebagai patung Hibutsu.

Namun sayangnya, hingga kini patung tersebut tidak ditunjukkan kepada warga Jepang bahkan kepada para wisatawan karena dianggap suci dan keramat. Sebagai gantinya, para pendeta Buddha membuat acara Zenkoji Gokaicho untuk menunjukkan replika patung Buddha Hibutsu, yaitu Maedachi Honzon. Acara Zenkoji Gokaicho dilakukan setiap musim semi setiap 6 tahun sekali.

Kuil Zenkoji dianggap sangat penting karena kuil ini menjadi dasar utama tumbuhnya Kota Nagano yang terkenal dengan kota yang tumbuh dari kuil-kuil. Yap, berbeda dengan kota-kota lainnya yang kebanyakan berkembang dari kota banteng atau pelabuhan.

Meskipun merupakan kuil Buddha, tetapi tidak ada batasan pengunjung, artinya siapapun pengunjungnya diperbolehkan untuk berkeliling di kuil ini dengan membayar tiket masuk sebesar 500 yen.

Setelah memasuki area Kuil Zenkoji, kalian dapat menjelajahi kompleks kuil mulai dari aula utama, aula tempat belajar, koridor suci, hingga Museum Sejarah Zenkoji. Museum ini terletak di belakang aula utama. Jika kalian melihat pagoda yang berdiri di sana, maka disanalah tempat Museum Zenkoji berada.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Museum ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai peninggalan sejarah berupa patung dan Bodhisattva yang diukir dengan rumit, sehingga pengunjung yang melihatnya pasti akan terpukau. Selain itu, juga diadakan pameran 100 rakan, yaitu para murid Buddha.

Kuil Zenkoji
Sumber: id.japantravel.com

Berjalan ke arah selatan dari aula utama, kalian akan menemukan Gerbang Sanmon. Gerbang ini merupakan gerbang utama kuil sejak tahun 1750 silam. Kalian akan menemukan area pelataran dengan adanya cawan dupa yang besar di tengahnya. Di sini, juga ada patung-patung Bodhisattva Monju dan 4 raja surgawi (Shitteno). Oleh karena itu, biasanya pengunjung akan berdoa sebentar sebagai bentuk penghormatan.

Di luar gerbang Sanmon, terdapat sebuah patung berukuran sedang, yaitu patung Jizo Boddhisattva yang di sekitarnya terdapat beberapa toko-toko yang menjual makanan bahkan souvenir khas lokal, juga ada restoran kecil.

Sedangkan, jika kalian berjalan ke ujung selatan, kalian akan menemukan Gerbang Niomon yang dijaga oleh sepasang Penjaga Nio. Setelah puas berkeliling Kuil Zenkoji, rupanya ada atraksi lain yang dapat kalian nikmati disini. Atraksi tersebut adalah bermalam di Kuil Zenkoji.

Kalian bisa menginap di kuil ini (Shokubo) ketika kalian berkunjung saat sore hari, kemudian menikmati makan malam bersama dan pagi harinya mengikuti kebaktian pagi harian (Oasaji). Upacara itu merupakan upacara khusyuk yang diadakan dimana pengunjung akan mendapatkan berkah dari seorang pendeta Buddha.

Akses Menuju Kuil Zenkoji

Kuil Zenkoji dapat ditempuh selama 10 menit perjalanan menggunakan bus dari Stasiun JR Nagano dengan biaya tiket sebesar 100 yen yang langsung menuju Kuil Zenkoji. Kalian tidak akan tersesat saat menaiki bus ini karena seluruh bus kota dari depan Stasiun Nagano pasti melewati Kuil Zenkoji.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan kereta dari Stasiun Nagaden Nagano dan berhenti di Stasiun Zenkojishita dengan ongkos yang lebih mahal yaitu 170 yen.

Kuil Zenkoji Nagano
Sumber: fun-japan.jp

Jika kalian ingin menuju ke Kuil Zenkoji dengan berjalan kaki juga bisa. Dari Stasiun Nagano, melalui Jalan Chuo-Dori. Jalan ini juga merupakan salah satu jalanan yang terkenal di Nagano karena terdpat banyak toko souvenir, kafe, restoran yang menjual mie soba, atau bar tradisional jepang yang dinamakan Izakaya. Maka dari itu, kalian bisa menikmati perjalanan dengan suasana Nagano yang khas.


Bagaimana? Apa kalian sudah pernah berkunjung ke Nagano, terutama Kuil Zenkoji? Yuk, bagi-bagi pengalaman kalian di kolom komentar ya.

Sumber gambar utama: jpideal.com

logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi form berikut!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Ingin Liburan ke Jepang? coba Paket Tour Jepang dari Tanogaido. Silahkan menghubungi kami melalui kontak whatsapp yang tersedia untuk info detailnya.

Tinggalkan komentar

Informasi Terbaru :

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Translate »
Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?