Kenal Lebih Jauh Taman Istana Kaisar di Tokyo

Taman Istana Kaisar

Taman Istana Kaisar (Imperial Palace Park) merupakan taman yang berada di tengah-tengah Kota Tokyo. Terletak di dekat stasiun Tokyo, taman ini juga cukup digemari oleh masyarakat. Seperti namanya, Taman Istana Kaisar merupakan tempat tinggal keluarga kekaisaran Jepang.

Awalnya, taman ini tidak dibuka untuk umum, namun sejak tahun 1949, taman ini mulai dibuka untuk umum. Taman ini memiliki panjang 1,5 km dari timur ke barat dan 2 km dari utara ke selatan. Taman ini memiliki 9 jembatan, salah satu jembatan yang terkenal adalah jembatan Nijubashi.

Jembatan Nijubashi menghubungkan pintu masuk Imperial Palace dengan Istana terdalam. Jembatan depan yang terbuat dari batu dijuluki sebagai Meganebashi (Eyeglass Bridge), sedangkan jembatan kayu di belakang dijuluki sebagai Nijubashi.

Taman dengan luas 115 ha ini dibagi menjadi 2 bagian, ada bagian istana dalam dan istana luar. Umumnya, istana dalam tidak selalu dibuka untuk umum dan hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu saja seperti pada tanggal 2 Januari untuk merayakan tahun baru dan tanggal 23 Desember untuk merayakan hari jadi kerajaan.

Oleh karena itu, pengunjung hanya bisa mengunjungi istana luar dan taman Imperial Palace East Gardens yang selalu dibuka untuk umum. Jika kalian mengunjungi taman ini dan ingin berkeliling di sekitar taman, di sini tersedia tour guide yang akan menemani kalian berkeliling selama 75 menit. Mereka akan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tour ini hanya tersedia di setiap hari Rabu hingga Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 13.30.

Kalian dapat mengunjungi taman ini setiap hari kecuali hari Senin, Jumat, dan hari libur. Adapun jam buka dari taman ini adalah mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00. Jangan khawatir dengan harga tiket masuknya karena tidak ada biaya masuk. Sedangkan untuk akses menuju ke taman ini, jika kalian sedang berada di Stasiun Tokyo, maka keluar lewat pintu Marunochi dan menyeberang jalan kemudian berjalan selama 10 menit.

Jembatan di Taman Istana Kaisar

Ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan selama berada di Taman Istana Kaisar, diantaranya adalah sebagai berikut.

Berkeliling Taman

Kalian bisa melakukan kegiatan ini untuk menikmati pemandangan dari taman ini. Ada beberapa tanaman yang bisa kalian jumpai selama berada di Taman Istana Kaisar, diantaranya adalah keindahan bunga sakura yang bisa kalian nikmati di musim semi, bunga cosmos dan bunga azalea yang bisa dinikmati saat musim panas, pohon maple saat musim gugur, bahkan menikmati salju saat musim dingin.

Ke Jembatan Nijubashi

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa jembatan ini merupakan jembatan yang terkenal di Taman Istana Kaisar. Jembatan ini tidak dibuka untuk umum dan hanya bisa dilewati pada tanggal 23 Desember saat peringatan ulang tahun kaisar dan 2 Januari saat open house Istana Kaisar Jepang.

Ke Air Mancur Wadakura

Air mancur ini terletak di seberang jalan menuju Taman Istana Kaisar. Saat malam hari, kalian dapat menikmati iluminasi air mancur dengan kelap-kelip cahaya lampu di tengah air mancur.

Berolahraga

Tidak hanya menikmati pemandangan keindahan alam saja, kalian juga bisa berolahraga di sini, seperti jogging atau bersepeda. Di hari libur, juga disediakan 150 sepeda gratis yang dapat digunakan para pengunjung.

Menikmati Kuliner di Nanko Rest House

Nanko Rest House adalah salah satu restoran yang berada di Taman Istana Kaisar. Di restoran ini, kalian bisa menikmati makanan tradisional Jepang seperti sup miso, tempuran, bahkan dorayaki.


Nah, apakah kalian ingin memasukkan Taman Istana Kaisar ke itinerary perjalanan kamu ketika sedang di Tokyo? Kalian pastinya sudah tahu dong aktivitas apa saja yang akan dilakukan saat di taman tersebut.

Kalau kalian punya informasi menarik seputar Taman Istana Kaisar, jangan lupa tulis di kolom komentar di bawah ya.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.




Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?