Liburan di Kansai Lebih Murah Dengan Kartu ICOCA

Kartu ICOCA

ICOCA merupakan kartu elektronik di wilayah Kansai, bersama dengan kartu KiTaPa yang populer di jalan subway kota Osaka. Sahabat bisa membeli kartu ICOCA di segala stasiun (kecuali sebagian stasiun subway) di wilayah Kansai semacam Osaka, Kyoto, Nara, serta Kobe. Kartu ICOCA prinsipnya sama dengan kartu Suica ataupun Pasmo (yang merupakan kartu utama buat wilayah Kanto ialah Tokyo, Hakone, Yokohama, Chiba, Yamanashi serta yang lain).

Kartu ICOCA dapat dipergunakan buat kala naik bis ataupun kereta, ataupun membayar barang kala membeli di minimarket serta mesin penjual otomatis. Kala membayar, kita cuma butuh menyentuhkannya ke sensor terdekat. Tidak hanya itu, kita bisa dengan gampang mengisi kembali (top up) kartu ICOCA di mesin yang ada nyaris di segala stasiun.

Kartu ICOCA ini prinsipnya sama dengan kartu elektronik di KRL Jabodetabek. Awal kali datang di Kansai via Kansai Airport, Tim TANOGAIDO sangat menganjurkan buat membeli kartu ICOCA sebab sangat instan kala naik bis ataupun kereta di Jepang.

Tempat membeli ataupun menggantinya, dapat di JR – WEST Ticket Office di lantai 2, posisinya di koridor mengarah Stasiun JR Kansai- Airport. Dengan kartu ICOCA, kita tidak butuh repot membaca kanji serta mencari bayaran kereta ke stasiun tujuan, cuma tinggal menyentuhkannya saja di pintu tiket.

Tidak hanya di Lapangan terbang Kansai, sahabat dapat membelinya pula di Stasiun Osaka Station, Stasiun Shin-Osaka, Stasiun Tennoji, Stasiun JR Namba, Stasiun Kyoto, Stasiun Nara, serta Stasiun Sannomiya Kobe. Satu orang optimal cuma dapat membeli satu kartu ICOCA. Tidak hanya itu, sahabat pula dapat membelinya secara online saat sebelum berangkat ke Jepang lewat web ICOCA, serta nanti tinggal diganti dengan kartu ICOCA yang asli di Lapangan terbang Kansai ataupun di Stasiun JR Namba.

Kartu ini cuma berperan buat memudahkan kita dalam memakai transportasi (spesialnya kereta serta bis), di mana kita tidak butuh mengantri serta membeli tiket kereta tiap kali mau bepergian. Sistemnya sama persis dengan E- money yang terdapat di Indonesia. Kita dapat memakainya buat naik kereta KRL Jabodetabek, bis Transjakarta, ataupun membeli santapan ataupun minuman di kebanyakan minimarket yang terdapat di Jepang.

Catatan : ICOCA cuma berbeda nama dengan kartu SUICA ataupun Pasmo. Gunanya persis sama serta dapat dipakai di segala kota di Jepang (tercantum Tokyo, Sendai, Yokohama, sampai Sapporo serta Hiroshima). Untuk diawal membeli, kita diharuskan membayar 2.000 yen. 500 Yen selaku bayaran pembuatan kartu sebaliknya 1.500 Yen sisanya jadi deposit kartu. Kita bisa memakainya sepuasnya serta tidak butuh repot berurusan dengan kanji serta duit recehan Jepang. Tidak hanya itu, ada pula kartu ICOCA spesial buat kanak – kanak. Kartu ini dapat digunakan buat kanak- kanak yang turut bepergian, dengan harga separuh dari orang berusia.

Kala hendak kembali ke tanah air, kartu ICOCA bisa diuangkan kembali. Lumayan tiba ke kantor stasiun – stasiun JR di daerah Kansai, serta kita dapat menukarkan deposit sisa dengan duit tunai kembali. Waktu mau menukarkan, lumayan menampilkan kartu ICOCA kepada petugas stasiun serta berkata “Harai modoshi onegaishimasu,” hingga petugas hendak mengurus seluruh prosesnya. Sangat gampang serta instan bukan!

Kartu ICOCA merupakan kartu elektronik pengganti duit tunai, serta bukan gratis pass, sehingga kita tidak hendak memperoleh potongan harga ataupun keuntungan spesial bila memakai kartu ini dalam liburan di Kansai. Pemakaian kartu ICOCA ini kami sangat sarankan buat sahabat yang mau jalan- jalan di daerah kota Osaka serta Kyoto. Tetapi, bila mau ke Kobe, Nara, ataupun Himeji, hendaknya memakai Kansai Thru Pass ataupun JR Kansai Pass yang membagikan keuntungan lebih optimal.

Kartu ICOCA serta Haruka

Kartu ICOCA serta Haruka merupakan paket diskon gabungan yang dapat kita beli dikala datang di Jepang dari Lapangan terbang Kansai. Ingat, pass ini cuma dapat dibeli di Lapangan terbang Kansai. Pass ini ialah gabungan antara kartu ICOCA (selaku e- money, semacam SUICA serta Pasmo) dengan pass buat naik kereta Haruka (cuma sofa non-reserved) dari Lapangan terbang Kansai mengarah Osaka, Kyoto, ataupun kereta mengarah Kobe serta Nara (tercantum ongkos kereta JR Pass yang lain). Pass ini dapat dibeli buat sahabat yang telah mempunyai kartu ICOCA ataupun yang baru hendak membelinya.

Kamu dapat membeli pass gabungan ini dengan memilah rute kereta Haruka yang mau dituju, dapat satu arah ataupun buat tiket kembali berangkat( biayanya 2 kali tiket satu arah) dengan kereta Haruka. Masa berlaku pass ini sendiri merupakan 14 hari kalender semenjak dibeli.

Rute Untuk Satu Arah (One-Way) dengan Menggunakan ICOCA-Haruka

  • Tujuan Osaka – Stasiun Tujuan Tennoji – Harga Normal 2.330 Yen – Dengan ICOCA Haruka 1.100 Yen
  • Tujuan Osaka – Stasiun Tujuan Shin-Osaka – Harga Normal 2.330 Yen – Dengan ICOCA Haruka 1.300 Yen
  • Tujuan Kyoto – Stasiun Tujuan Kyoto – Harga Normal 2.850 Yen – Dengan ICOCA Haruka 1.600 Yen
  • Tujuan Kobe – Stasiun Tujuan Shin-Osaka – Harga Normal 2.680 Yen – Dengan ICOCA Haruka 1.500 Yen
  • Tujuan Nara – Stasiun Tujuan Tennoji – Harga Normal 2.360 Yen – Dengan ICOCA Haruka 1.400 Yen

Rute Untuk Pulang- Pergi (PP) dengan Menggunakan ICOCA-Haruka

  • Tujuan Osaka – Stasiun Tujuan Tennoji – Harga Normal 4.660 Yen – Dengan ICOCA Haruka 2.200 Yen
  • Tujuan Osaka – Stasiun Tujuan Shin-Osaka – Harga Normal 4.660 Yen – Dengan ICOCA Haruka 2.600 Yen
  • Tujuan Kyoto – Stasiun Tujuan Kyoto – Harga Normal 5.700 Yen – Dengan ICOCA Haruka 3.200 Yen
  • Tujuan Kobe – Stasiun Tujuan Shin-Osaka – Harga Normal 5.360 Yen – Dengan ICOCA Haruka 3.000 Yen
  • Tujuan Nara – Stasiun Tujuan Tennoji – Harga Normal 4.7200 Yen – Dengan ICOCA Haruka 2.800 Yen
close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.




Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?