7 Atraksi Seru di Prefektur Shiga

Danau Biwa

Prefektur Shiga merupakan salah satu prefektur yang mudah diakses dari Osaka maupun Kyoto di area Kansai. Awalnya, Prefektur Shiga merupakan wilayah yang dikenal dengan nama Provinsi Omi. Wilayah ini memiliki peranan penting karena pernah dijadikan sebagai ibukota kekaisaran. Beberapa peperangan juga kerap dilakukan di wilayah ini, sehingga memiliki beberapa tempat bersejarah.

Salah satu bangunan bersejarah adalah Kastil Azuchi yang didirikan oleh Oda Nobunaga, namun kastil itu kini telah dihancurkan. Setelah terjadinya beberapa kali penaklukan wilayah, akhirnya wilayah Omi jatuh kepada Klan Ieyasu yang mendirikan Kastil Hikone. Itulah mengapa Kastil Hikone cukup terkenal di Prefektur Shiga.

Untuk menuju ke prefektur ini, kalian bisa mengaksesnya dengan menggunakan Shinkansen. Jika kalian berangkat dari Tokyo, maka harus menuju ke Kyoto terlebih dahulu kemudian transfer menggunakan kereta JR yang menuju Otsu. Sedangkan jika berangkat dari Osaka, kalian perlu memilih Tokaido-Sanyo Line yang akan menuju Stasiun Maibara.

Rekomendasi Atraksi di Shiga

Prefektur Shiga juga memiliki tempat wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi. Ada 7 tempat wisata keren rekomendasi dari kami untuk kalian yang merencanakan liburan ke Prefektur Shiga.

1. Danau Biwa

Danau Biwa menjadi ikon prefektur Shiga karena danau ini memiliki area terluas di Jepang. Selain itu, danau ini juga memiliki spot favorit yaitu Kuil Shirahige, karena pada kuil ini kalian dapat melihat adanya Gerbang Otorii yang berada di tengah Danau Biwa.

(Foto Danau Biwa bisa dilihat di awal halaman)

2. Kastil Hikone
Hikone Castle
Sumber: japan-guide.com

Kastil Hikone merupakan salah satu dari empat Istana Harta Nasional di Jepang yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kastil ini memiliki menara Tenshu 3 lantai yang menjadi ikon dari Kastil Hikone sendiri.

Arsitektur kastil ini sangat khas, terbukti dengan adanya 12 hifu di bagian atap kastil sehingga menjadikannya sebagai kastil yang memiliki hifu terbanyak. Selain itu, pesona Kastil Hikone lainnya adalah keindahan kebun plum yang sangat cantik.

3. Omi Hachiman

Merupakan sebuah kota di Prefektur Shiga yang menawarkan keindahan dan suasana kota tua ditambah adanya kanal yang ada di tengah kota. Kota ini mulai dibangun pada akhir tahun 1500-an dan menjadi kota yang berperan sebagai pusat bisnis karena letaknya berada di rute perdagangan, yang mana rute Nakasendo Highway menghubungkan Tokyo dengan Kyoto dan adanya rute pengiriman menuju Kyoto melalui Danau Biwa.

4. Makino Highland
Makino Highland
Sumber: sothats-kyoto.com


Makino Highland merupakan sebuah dataran tinggi yang umumnya digunakan untuk berkemah. Lokasi ini menjadi lokasi favorit untuk berkemah karena memiliki pemandangan Danau Biwa yang indah.

Tak hanya itu, di lokasi perkemahan ini, juga disediakan berbagai objek wisata lain seperti golf, ski, kebun buah, dan menikmati hanami atau momiji.

5. Kuil Enryakuji

Kuil ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di Gunung Hiei. Kalian akan menemukan beberapa bangunan yang menarik seperti Pagoda Hokke Souji-In Toto atau Kokuhoden. Kokuhoden sendiri merupakan bangunan yang menjadi penyimpanan Pusaka Negara.

6. Koka
Koka
Sumber: shiga.travelingjapan.com

Koka merupakan sebuah kota yang lahir sebagai tempat berkembangnya ninja di jepang. Di kota ini, kalian akan ditunjukkan beberapa atraksi seperti pertunjukan Karakuri di rumah Karakuri Ninja Yashiki. Kalian juga dapat berlatih melempar senjata khas ninja (shuriken) di Shuriken Dojo.

7. Festival Otsu

Jika kalian mengunjungi Prefektur Shiga, alangkah lebih baiknya juga untuk menikmati festival yang terkenal di sana. Salah satu festival adalah Festival Otsu. Festival ini diadakan setiap bulan Oktober di Kota Otsu. Daya tarik dari festival ini adalah adanya parade Hikiyama (kereta hias).

Festival Otsu
Sumber: tourism-alljapanandtokyo.org

Nah, keren kan tempat wisata di Prefektur Shiga? Tidak hanya tempat wisata alam, tetapi juga wisata sejarah yang bisa menjadi sumber pengetahuan untuk kalian. Apa kalian tertarik untuk berlibur ke Prefektur Shiga?

Sumber gambar utama: tokyoweekender.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?