Mengenal Lebih Jauh Istana Kekaisaran Kyoto

Kyoto Imperial Palace

Kyoto Imperial Palace merupakan tempat tinggal keluarga Kekaisaran Jepang selama lebih dari seribu tahun hingga tahun 1868, yaitu ketika ibukota Jepang pindah dari Kyoto ke Tokyo. Istana kekaisaran ini terletak di kompleks Taman Kekaisaran Kyoto yang amat luas.

Kompleks taman ini merupakan taman yang berada di pusat kota yang juga mencakup Istana Kekaisaran Sento dan beberapa tempat wisata lainnya. Jika kalian berkunjung ke Kyoto, maka jangan lupa untuk mengunjungi istana kekaisaran ini, di samping juga, mengunjungi objek-objek wisata bersejarah lainnya yang ada di Kyoto seperti Kuil Fushimi Inari atau Kiyomizudera.

Istana Kekaisaran Kyoto yang bisa dikunjungi saat ini merupakan istana kekaisaran yang telah dibangun ulang pada tahun 1855 setelah peristiwa kebakaran dan perpindahan kota selama berulang kali. Sebenarnya, kompleks Istana Kekaisaran Kyoto ini tertutup untuk umum dan hanya dibuka untuk beberapa tur yang telah memiliki lisensi.

Tetapi, setiap tahun, selalu ada 2 kali kesempatan bagi masyarakat umum untuk masuk ke dalam istana tanpa mengikuti tur tersebut. Setiap satu kesempatan pembukaan untuk umum pasti akan berdurasi selama seminggu.

Istana ini dilindungi oleh dinding yang tebal dan panjang mengelilingi kompleks istana, serta terdiri dari beberapa gerbang, aula, dan taman. Kalian yang berniat untuk mengunjungi istana kekaisaran ini, dapat memilih waktu sesuai pilihan kalian, bisa musim semi, musim gugur, atau bahkan saat musim panas dan musim dingin.

Namun, yang paling menyenangkan memang berkunjung ketika musim semi atau musim gugur. Selain itu, kalian juga dapat menikmati festival yang rutin diadakan setiap tahunnya, yaitu Festival Aoi.

Kegiatan di Istana Kekaisaran Kyoto

Istana Kekaisaran Kyoto
Sumber: livejapan.com

Nah, jika kalian ingin tahu lebih lanjut, kami akan menjelaskannya seperti apa kegiatan yang dapat kalian lakukan saat mengunjungi istana kekaisaran Kyoto.

1. Berkunjung Saat Musim Semi

Musim semi sangat identik dengan bunga sakura dan Jepang sangat terkenal dengan bunga sakura. Hampir di setiap tempat wisata pasti ada pohon sakura, tak terkecuali di Kyoto Imperial Palace.

Ketika kalian masuk melalui pintu gerbang dan menemukan Kanoe Pond atau Kolam Kanoe, kalian akan menemukan keindahan bunga sakura yang mekar di musim semi. Tak hanya di dekat pintu masuk istana, tetapi bunga sakura ini juga dapat kalian temukan di Kyoto Gyoen (Taman Istana Kekaisaran Kyoto).

Di musim ini, pasti ramai orang-orang yang datang ke sini untuk menikmati keindahan bunga sakura di dalam kompleks Istana Kekaisaran, atau yang biasa disebut sebagai Hanami. Sambil menikmati bunga sakura yang bermekaran, kalian juga bisa menikmati keindahan istana kekaisaran Kyoto sekaligus.

2. Berkunjung Saat Musim gugur

Hampir sama ketika musim semi, di saat musim gugur, kalian juga dapat menikmati pemandangan pohon maple yang berubah warna menjadi oren di sekitar istana kekaisaran. Kalian dapat menemukan ratusan bahkan ribuan pohon maple berukuran besar di dekat pintu gerbang istana, sama seperti pohon sakura tadi.

Jika saat musim semi ada hanami, maka di musim gugur ini, banyak orang juga menikmati keindahan pohon maple atau yang biasa disebut sebagai momiji.

3. Berkeliling Kyoto Imperial Palace (Istana Kekaisaran Kyoto)

Kalian tetap dapat berkeliling di sekitar istana kekaisaran tetapi tidak diperkenankan untuk memasuki kuil secara bebas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bagi kalian yang ingin memasuki kompleks bangunan istana, harus didampingi oleh tour guide yang telah disediakan oleh Imperial Household Agency dengan perijinan yang telah dibuat beberapa hari sebelumnya.

Tur ini sendiri akan berlangsung selama kurang lebih 1 jam dengan pemandu yang dapat menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Jepang.

4. Menyaksikan Festival Aoi
Aoi Festival
Sumber: japan-guide.com

Aoi Matsuri atau Festival Aoi merupakan satu dari ketiga festival yang terkenal di Jepang. Ketiga festival itu sendiri adalah Gion Matsuri, Jidai Matsuri, dan Aoi Matsuri sendiri. Festival ini akan diadakan setiap tahun pada tanggal 15 Mei dan diadakan di Kuil Kano (Kuil Shimogamo dan Kuil Kamigamo).

Saat festival berlangsung, pasti masyarakat Kyoto akan berbusana seperti pejabat Kyoto pada masa Periode Heian. Kemudian akan mengikuti parade dan berjalan dari Istana Kekaisaran Kyoto menuju Kuil Kimogamo. Parade sendiri akan berlangsung dari jam 10.30 hingga 15.30.

Akses Menuju Istana Kekaisaran Kyoto

Untuk menuju ke Kyoto Imperial Palace, kalian dapat menggunakan kereta Subway Karasuma Line dari Stasiun Kyoto menuju Stasiun Imadegawa selama 10 menit. Biaya dari kereta ini adalah 260 yen. Jika kalian ingin ke Kyoto Imperial Palace dari Gion, Kiyomizudera, atau Fushimi Inari, kalian dapat menggunakan bus nomor 4, 17, 59, atau 205 sampai ke Halte Kawaramachi Marutamachi.


Nah, kalian pasti pengen kan berkeliling di Istana Kekaisaran Kyoto atau Kyoto Imperial Palace ini? Apa kalian sudah pernah berkunjung ke sini? Jangan lupa komen-komen di bawah untuk membagikan pengalaman kalian.

Sumber gambar utama: japanvisitor.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.




Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?