Menghemat Pengeluaran Dengan Bus Malam Jepang

Bus Malam Jepang Willer Express

Jepang memang terkenal dengan transportasi kereta yang sangat mutakhir. Hampir setiap hari, orang-orang di Jepang menggunakan kereta sebagai transportasi utama mereka, begitu pun dengan para wisatawan.

Namun, harga dari setiap tiket kereta sendiri cukup mahal, sehingga kita harus memutar otak agar mendapatkan transportasi yang murah dan nyaman. Salah satunya adalah dengan menggunakan bus. Ada banyak keuntungan menggunakan bus daripada kereta, salah satunya kita lebih fleksibel dan lebih mudah untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Jepang daripada menggunakan kereta.

Selain itu, harga yang ditawarkan pun juga lebih murah daripada menggunakan kereta. Hal ini ditunjukkan saat kalian ingin merencanakan berwisata mengunjungi beberapa kota di Jepang menggunakan Shinkansen atau JR Pass 7 hari yang harganya adalah 29.110 yen atau jika di kurs-kan ke rupiah menjadi 3,5 juta. Cukup mahal bukan?

Nah di sini, kami akan memberikan alternatif transportasi lain yang cukup menguntungkan bagi kalian. Tak perlu pusing biaya kereta lagi jika ingin travelling ke jepang dari satu kota ke kota lain seperti Tokyo-Osaka atau Tokyo-Kyoto karena harganya juga lebih murah.

Misalnya saja, kalian ingin berwisata dari Tokyo ke Osaka menggunakan Shinkansen, uang yang perlu kalian keluarkan adalah sebesar 13.620 yen atau sekitar 1,7 juta. Sedangkan jika kalian menggunakan transportasi yang satu ini, kalian hanya perlu membayar sebesar 4.800 yen. Wah, selisihnya sangat jauh ya.

Jadi, yang ingin kami jelaskan pada artikel ini adalah menggunakan Highway Bus atau lebih akrab dikenal dengan Bus Malam jika di Indonesia. Salah satu perusahaan penyedia jasa highway bus di Jepang yang terkenal adalah Willer Express. Untu mengetahui lebih lanjut, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Harga Tiket Bus Malam Willer Express

Sama seperti menggunakan transportasi kereta, bus malam juga menawarkan harga yang bervariasi tergantung jaraknya. Perlu diperhatikan juga, untuk tiket anak-anak, biasanya di Jepang tidak ada perbedaan khusus. Selagi anak-anak dapat dipangku, maka ia tidak perlu membeli tiket sendiri, tetapi jika sudah tidak memungkinkan untuk dipangku maka disarankan untuk membeli tiket sendiri.

Secara umum harga dari bus malam Willer Express adalah sebagai berikut:

  1. Tokyo – Osaka : 4.800 yen
  2. Tokyo – Kyoto : 4.000 yen
  3. Tokyo – Nagoya : 4.800 yen
  4. Tokyo – Kanazawa : 3.700 yen
  5. Kyoto – Osaka : 700 yen

Bisa dilihat kan, perbedaan harganya cukup jauh. Ini bisa menjadi pilihan lain bagi kalian yang ingin menghemat pengeluaran saat liburan ke Jepang. Namun, dengan catatan harga yang tertera di atas merupakan gambaran secara umum dengan patokan harga yang termurah.



Jika kalian penasaran, kalian dapat mengunjungi website dari Willer Express dan langsung memesannya secara online (www.willerexpress.com). Dari website tersebut, kalian bisa bebas memilih kota keberangkatan dan kota tujuan serta kalian juga bisa memilih tempat duduk dan waktu keberangkatan. Yang pasti, setiap waktu keberangkatan atau tempat duduk akan memiliki harga yang berbeda.

Bus Malam Jepang
Sumber: japan-travel.com

Lama Perjalanan dan Lokasi Keberangkatan

Sebenarnya, waktu perjalanan dari setiap bus sangat bervariasi. Umumnya, bus akan berangkat sekitar pukul 20.00 atau 21.00 dan akan tiba di tempat tujuan keesokan harinya. Dari rute favorit, seperti Tokyo – Kyoto atau Tokyo – Osaka bisa menempuh perjalanan selama 7 atau 8 jam.

Sedangkan keberangkatan bus malam ini dapat dijumpai di beberapa stasiun, terminal, atau halte bus di dekat gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan. Jika di Tokyo, kalian dapat memulai keberangkatan dari depan stasiun Tokyo, Shibuya, Akihabara, halte bus Disneyland, atau halte bus Tokyo Tower.

Di Osaka, kalian dapat memulai keberangkatan dari stasiun Osaka, stasiun Namba, dan beberapa halte bus di Osaka. Kalian juga bisa mengecek lokasi keberangkatan bus di website resmi Willer Express.

Cara Membeli Tiket

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kalian dapat membeli tiket secara online di website Willer Express. Memang lebih baik membeli tiket secara online, karena jika membeli secara offline ditakutkan kuota kursi kosongnya telah habis.

Kalian dapat dengan mudah melakukan pemesanan di website, karena petunjuk pembelian dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, kalian dapat membayarnya menggunakan kartu kredit berlogo Visa, Mastercard, JCB, atau American Express.

Ukuran Koper yang Bisa Dibawa

Jika barang kalian memungkinkan untuk diletakkan di kabin, dipangku, atau diletakkan di bawah kursi, silahkan membawanya masuk ke dalam bus. Namun, jika kalian membawa barang yang terlalu besar atau berat, kalian dapat meletakkannya di bagasi bus.

Ukuran maksimal tas yang dapat dimasukkan ke dalam bagasi bus adalah koper dengan ukuran panjang+lebar+tinggi = 155 cm untuk 1 koper dan 240 cm untuk 2 koper. Tas atau koper yang dimasukkan ke dalam bagasi tidak boleh berisi cairan, barang pecah belah, atau barang yang mudah terbakar.

Informasi Penting

  1. Bus akan berhenti setiap 2 jam sekali selama 10-15 menit di Rest Area atau di pusat kota yang sedang dilewati.
  2. Di dalam bus, harus menjaga ketenangan agar tidak mengganggu penumpang lainnya. Biasakan untuk meminta ijin jika ingin mengatur kursi.
  3. Sampah harus dikumpulkan sendiri di dalam wadah kemudian dibuang setiap kali bus berhenti.

Japan Bus Pass

Ternyata, selain ada Whiller Express yang menawarkan perjalanan bus malam jarak jauh, juga ada Japan Buss Pass. Japan Bus Pass sendiri hampir sama seperti Japan Rail Pass, yaitu tiket yang bisa kalian gunakan kemana saja menggunakan bus.

Tetapi, Japan Buss Pass sendiri ada dua tipe, yaitu tiket weekdays dan tiket weekend. Jika kalian membeli tiket dengan tipe weekdays (Senin-Kamis) maka tidak dapat digunakan saat akhir pekan. Jadi, jika kalian berniat untuk berkeliling di akhir pekan maka lebih baik membeli tiket Japan Bus Pass setiap hari.

Masa penggunaan Japan Bus Pass sendiri dapat digunakan maksimal 2 bulan sejak tanggal pembelian. Ini juga dapat menjadi pilihan lain saat kalian ingin berkeliling beberapa kota di Jepang. Selain murah, kalian dapat mengatur jadwal keberangkatan sesuai kebutuhan kita.

Misalnya, kalian ingin mengunjungi Osaka dari Tokyo, kalian dapat menggunakan Japan Bus Pass dan berangkat pukul 12 malam. Kemudian, kalian akan tiba di Nagoya pada pukul 06.00. Setelah itu, kalian bisa berkeliling sejenak di Nagoya sebelum melanjutkan perjalanan ke Kyoto pada pukul 12 siang. Kalian akan tiba di Kyoto pada pukul 15.00

Nah, setelah sampai di Kyoto, kalian juga dapat berkeliling ke objek wisata terkenal di sini seperti Kuil Kiyomizudera, Gion, atau Kuil Fushimi Inari di keesokan harinya. Setelah itu, kalian dapat melanjutkan perjalanan menuju Osaka pada pukul 17.00 dan dapat menghabiskan waktu seharian di Osaka. Rute 3 hari Tokyo – Nagoya – Kyoto – Osaka ini dapat kalian nikmati dengan membayar transportasi seharga 10.000 yen.


Sudah tau kan kiat-kiat berhemat pengeluaran transportasi saat berkunjung ke Jepang? Bagi kalian yang sudah pernah ke Jepang, kalian sudah pernah belum naik bus malam ini? Jangan lupa bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya.

Sumber gambar utama: pinterest.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?