Menikmati Lanskap Kyoto dari Kiyomizu-dera yang Indah

Menikmati Lanskap Kyoto dari Kiyomizu dera yang Indah

Kiyomizu-dera atau dikenal juga sebagai ‘Kuil Mata Air Murni’ adalah sebuah kuil Buddha di Kyoto, Jepang.

Di situs ini terkenal dengan anjungan pandangannya, juga terapat Pagoda Koyasi tiga lantai, serta terdapat air murni yang konon berkhasiat menjadi obat dan bersumber daro mata air Otawa.

Kiyomizu-dera menjadi yang paling populer di Kyoto untuk dikunjungi wisatawan. Kuil ini terkenal dengan aula utama yang mengambang dan memiliki pemandangan luar biasa.

Letak Kiyomizu-dera

Kiyomizu-dera terletak di Gunung Otawa, bagian dari perbuktian timur pinggiran Kyoto. Situs ini masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Juga menjadi Harta Karun Nasional Jepang.

Untuk mencapai Kiyomizu-dera, Anda disarankan untuk menumpangi bus dari Kota Kyoto dengan tujuan halte Kiyomizu-dera. Dari halte, Anda cukup berjalan selama 11 menit dan bisa menyaksikan keindahan Kiyomizu-dera.

Keistimewaan Mata Air Otawa

Masyarakat lokal meyakini, mata air Otawa memiliki sifat magis yang dipercaya bisa memberi kesehatan, umur panjang, dan keberhasilan ujian. Tiga manfaat itu memiliki aliran mata air yang berbeda – beda.

Itulah mengapa tidak heran jika Kiyomizu populer di kalangan muda dan tua di Jepang. Jika Anda mencoba untuk meminum airnya, Anda hanya boleh meminum dari satu sumber saja, sehingga disarankan untuk memilih dengan bijak.

Sejarah Kiyomizu-dera

Kiyomizu-dera didirikan pada 778 Masehi oleh Enchin Shonin dan digunakan sekte Buddha Kita-Hosso. Pembangunannya sendiri diperikaran 16 tahun sebelum sebelum Heiankyo (nama lama Kyoto) itu sendiri dideklarasikan sebagai ibu kota baru Jepang.

Enchin Shonin pendiri Kiyomizu-dera adalah seorang pendeta dari Nara, ibu kota Jepang dari tahun 710 hingga 784 M. Dia mengaku telah menerima penglihatan yang mengarahkannya ke mata air Otowa tempat Kiyomizu-dera saat ini.

Pada tahun 798 M, pemimpin militer Jepang, Sakanoue Tamuramaro, menghiasi situs tersebut dengan sebuah aula besar yang disusun kembali dari posisi sebelumnya di istana Kaisar Kammu (memerintah 781-806 M). Kammu telah memutuskan untuk meninggalkan ibu kota lamanya di Nara karena pengaruh yang terlalu kuat dari biara-biara Buddha terhadap pemerintah di sana, dan karena alasan inilah kaisar mengizinkan pembangunan kuil baru di Heiankyo hanya di pinggiran kota.

Komplek kuil terletak di dalam hutan. Memasukinya, Anda akan melalui Gerbang Niomon merah dan putih monumental yang diapit dua patung besar raja penjaga Buddha yang dibangun pada abad ke-15 Masehi.

Di sebelahnya terdapat pagoda Sanjunoto. Ada gerbang tambahan di sisi barat perkebunan, Gerbang Saimon, yang berasal dari Periode Momoyama (1568-1600 M) dan merupakan Harta Karun Nasional resmi Jepang.

Di dalam kompleks berhutan terdapat Hondo atau Aula Utama serta aula sekunder yang desainnya mirip dengan Hondo. Juga terdapat Aula Okunoin, Kuil Jishu dan taman Jeju-in yang menciptakan kembali fitur lanskap terkenal yang disebutkan dalam literatur klasik.

terdapat juga Aula lain, Aula Zuiguido. Di dalam aula benar-benar gelap dan dimaksudkan untuk mewakili rahim ibu Buddha sehingga berjalan melaluinya adalah metafora untuk kelahiran kembali spiritual seseorang.

Salah satu yang menarik dari Kiyomizu-dera adalah Koyasu, pagoda tiga lantai yang mengesankan lengkap dengan puncak menara yang dirancang untuk menampung teks-teks suci dan relik.

Dibangun antara tahun 1607 dan 1633 M, ini adalah contoh arsitektur Momoyama yang sangat baik.

Struktur ini adalah Harta Nasional Jepang lainnya dan secara khusus dikaitkan dengan pemberian persalinan bebas masalah bagi mereka yang mengunjunginya.

Terakhir, Kiyomizu-dera juga merupakan rumah dari patung bodhisattva welas asih Kannon yang terkenal (alias Kwannon atau Guanyin dalam bahasa Cina). Sosok yang luar biasa memiliki sepuluh kepala, 1.000 lengan, dan dikreditkan ke Enchin pendiri Kiyomizu-dera.

Diklasifikasikan sebagai ‘Buddha tersembunyi’ atau hibutsu, sosok itu hanya ditampilkan kepada publik setiap 33 tahun.

Apa Itu Hondo Kiyomizu-dera?

Hondo adala Aula Utama Kiyomizu-dera. Memiliki panjang 58 meter dengan denah persegi panjang yang dibangun dengan rasio sembilan kali tujuh. Ada serambi masuk, dua sayap, dan bagian dalam terbagi menjadi dua area berbeda, kuil dalam dan luar yang masing-masing berisi patung dan lukisan religi.

Dindingnya terbuka di bagian tengah sehingga orang bisa berjalan menembus gedung. Aula ini memiliki atap sirap yang tidak beraturan dari kulit kayu cemara Jepang (hinoki) dan bukan ubin biasa.

Bertengger di tepi tebing, Aula Utama kuil memiliki anjungan pandang besar yang menyediakan panorama ke arah barat Kyoto.

Membentang dan di atas lereng curam setinggi 13 meter di atas permukaan tanah, platform ini didukung dari bawah oleh 139 pilar kayu besar dengan balok silang dan dibangun menggunakan teknik tradisional Jepang, tidak menggunakan paku.

Dikenal sebagai Butai atau Panggung Tari karena pernah menjadi tuan rumah pertunjukan musik, platform ini memiliki sisi yang lebih menyeramkan.

Jurang yang memusingkan menggoda banyak biksu untuk bunuh diri pada Zaman Edo (1603-1868 M) karena mereka berpikir bahwa melemparkan diri dari panggung dan ke dalam jurang entah bagaimana mendapatkan satu pahala spiritual.

Tercatat ada 234 orang yang mencoba bunuh diri, tetapi, yang menakjubkan, hanya 15% dari mereka yang mati, sisanya diselamatkan oleh pepohonan di bawah yang menahan jatuhnya.

Praktik melompat untuk bunuh diri dari panggung Kiyomizu-dera resmi dilarang sejak 1872 M.

Waktu Kunjungan ke Kiyomizu-dera

Bagi Anda yang bepergian sendiri atau backpacker, ada baiknya mengetahui jadwal operasional kuil Kiyomizu-dera. Per 1 September sampai 30 Juni, kuil dibuka dari pukul 6 pagi hingga jam 6 sore, dikecualikan hari libur yang jam bukanya diperpanjang hingga 6.30 sore.

Adapun jadwal kunjungan khusus seperti musim gugur dibuka dari tanggal 16 November hingga 1 Desember. Kemudian ada penerimaan khusus musi semi dilakukan dari 8 Maret hingga 17 Maret.

Sementara untuk kunjungan dari 1 Juli hingga 31 Agustus, buka mulai pukul 06:00 hingga 18:30 waktu setempat.

Bagaimana, Anda penasaran dengan Kiyomizu-dera? Baiknya Anda mengunjunginya langsung. Ambil cuti dan ajak orang terkasih.

Untuk agen perjalanan yang direkomendasikan, ada baiknya menggunakan jasa agen yang sudah berpengalaman seperti Tanogaido yang sudah beroperasi dari 2010 hingga saat ini. Fasilitas yang diberikan dijamin baik dengan biaya relatif murah. (*)

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?