Menjelajahi Prefektur Shimane, 5 Tempat Rekomendasi Wisata

Matsue Castle di Prefektur Shimane

Masih di area Chugoku, kali ini membahas Prefektur Shimane. Salah satu prefektur yang tidak terlalu terkenal ini juga memiliki daya tarik wisata yang patut untuk coba dikunjungi. Beribukota di Kota Matsue, prefektur ini memiliki beberapa tempat bersejarah seperti Istana Matsue, Kuil Izumo Taisha, dan Tambang Perak Iwami Ginzan berada di sana.

Prefektur Shimane terkenal sebagai tempat berkumpulnya para dewa yaitu di Kuil Izumo Taisha. Selain itu, masyarakat Prefektur Shimane masih mempertahankan kebudayaan dan tradisi mereka.

Prefektur Shimane memiliki jumlah penduduk terendah kedua di Jepang. Memiliki iklim subtropis yang dibuktikan ketika musim panas memiliki suhu udara yang cukup lembab, sedangkan saat musim dingin, tidak banyak salju yang turun di prefektur ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Prefektur Shimane

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai prefektur ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai tempat wisata yang ada di Prefektur Shimane, akses menuju Prefektur Shimane, serta hidangan lokal yang juga wajib untuk dicicipi.

1. Istana Matsue

Istana Matsue merupakan istana yang tergolong sebagai istana dengan bangunan yang masih asli, karena bangunan ini masih bertahan meskipun telah mengalami beberapa kali bencana seperti gempa bumi.

Istana ini telah berdiri sejak tahun 1611. Meskipun terkenal karena memiliki bangunan asli, tetap dilakukan renovasi yang dilakukan pada tahun 1950 dan terdapat sebuah museum senjata serta artefak di bangunan utamanya.

Jika kalian mengunjungi kastil ini, maka cobalah untuk berkeliling istana menggunakan perahu yang akan berlayar di sepanjang parit yang mengelilingi istana. Sepanjang perjalanan, kalian juga bisa mendapatkan ilmu tambahan mengenai sejarah yang diceritakan oleh tour guide jepang di perahu tersebut.

2. Kuil Izumo Taisha
Izumo Taisha
Sumber: kankou-shimane.com

Kul Izumo merupakan salah satu kuil terpenting di Jepang. Kuil ini memiliki peran penting dalam mitologi penciptaan tanah Jepang. Konon dewa yang ada di Kuil Izumo (Okuninushi No Okami) merupakan pencipta tanah Jepang. Selain itu, dewa juga dikenal sebagai dewa pernikahan, sehingga tak sedikit para pasangan yang berdoa di kuil tersebut.

Di kuil ini juga dilakukan sebuah festival yang dinamakan Festival Kamiari. Festival ini diadakan untuk menghormati berkumpulnya para dewa setiap tahunnya di bulan ke-10. Oleh karena itu, pada bulan tersebut, dinamakan sebagai Kamiarizuki (berkumpulnya para dewa).

3. Tambang Perak Iwami Ginzan


Tambang Perak Iwami Ginzan merupakan sebuah wilayah bekas pertambangan yang cukup terkenal di Prefektur Shimane. Tambang perak bersejarah ini memiliki tiga area utama, yaitu lokasi pertambangan perak, Kota Omori yang terdapat museum dan bangunan bersejarah lainnya, serta area onsen yaitu di Kota Yunotsu.

Iwami Ginzan
Sumber: pinterest.com
4. Kepulauan Oki

Tak hanya kastil atau bangunan bersejarah, Prefektur Shimane juga memiliki keindahan alam yang disajikan melalui salah satu kepulauan yang terkenal, yaitu Kepulauan Oki. Kepulauan Oki terletak di timur laut Prefektur Shimane dan ditetapkan sebagai Geopark Dunia.

Di salah satu pulaunya yaitu Pulau Dogo, kalian bisa menikmati bentang alam yang indah. Salah satunya adalah dengan menikmati pemandangan senja Pulau Rosoku yang akan menyerupai seperti lilin yang menyala di kala senja.

Oki Island
Sumber: ja.wikipedia.org
5. Kuliner di Prefektur Shimane

Ada banyak makanan lokal dari Shimane yang dapat kalian coba. Mulai dari kudapan hingga makanan berat. Matsue terkenal dengan perkebunan teh, sehingga ada kudapan khas dari Matsue yaitu Permen Matcha. Selanjutnya ada menu Uzume-Meshi, yaitu hidangan berupa sup serta nasi putih yang diberi wortel dan jamur shitake.

Izumo juga memiliki hidangan khasnya yaitu soba. Izumo Soba ini menjadi khas karena mie soba yang panjang dicelupkan ke dalam kuah shoyu dan kaldu ikan. Serta hidangan yang tak kalah menarik adalah Shimane Shijimi. Tokoh utama dari hidangan ini adalah kerang air tawar yang disajikan dengan sup miso shijimi.

Shimane Shijimi
Shimane Shijimi | Sumber: saninstory.wordpress.com

Akses Menuju Prefektur Shimane

Ada beberapa transportasi yang bisa kalian pilih untuk menuju ke Prefektur Shimane, baik dengan pesawat, kereta maupun bus. Jika kalian memilih pesawat sebagai transportasi kalian, maka pilihlah penerbangan domestik menuju Bandara Izumo. Lama perjalanan menggunakan transportasi ini adalah selama 60 menit jika berangkat dari Osaka, dan sekitar 120 menit jika berangkat dari Tokyo (Haneda).

Berbeda jika kalian menggunakan transportasi kereta yang harus menggunakan Shinkansen ke Okayama terlebih dahulu. Perjalanan dilanjutkan menggunakan Kereta Super Yakumo menuju Stasiun Matsue. Perjalanan ini memakan waktu lebih lama yaitu sekitar 3 jam jika berangkat dari Osaka dan sekitar 6 jam jika berangkat dari Tokyo.

Alternatif pilihan transportasi lain yang dapat kalian gunakan adalah dengan menggunakan bus dari Stasiun Tokyo maupun Osaka menuju Stasiun Shimane. Tentunya, waktu yang diperlukan juga lebih panjang daripada dua jenis transportasi sebelumnya.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?