Syarat Kerja di Jepang yang Paling Dasar

Syarat Kerja di Jepang yang Paling Dasar

Syarat Kerja di Jepang – Halo Sobat Tanogaido, kembali kita akan mengulas tentang syarat kerja di Jepang yang paling dasar. Tentu teman – teman sebelum mencari lowongan, hal ini yang perlu dipersiapkan dulu.

Ada beberapa hal penting dan paling dasar sebagai syarat kerja di Jepang. Mulai dari sikap, fisik, konsistensi, dan juga bahasa.

Persyaratan Kerja Yang Utama / Dasar Bekerja Di Jepang

Kita langsung saja yah Sob agar tidak membuang – buang waktu. Ini syarat kerja di Jepang :

Dapat Menyesuaikan Diri Dengan Budaya Kerja di Jepang

Paling pertama dalam syarat kerja di Jepang kami menempatkan terkait dengan mengetahui tentang budaya kerja di Jepang. Ini sangatlah penting buat teman – teman agar bisa bertahan untuk bekerja di negeri Sakura itu.

Banyak yang berhasil bekerja di Jepang, namun sayangnya selalu mendapatkan masalah di tempat kerja. Bukan karena skill atau kemampuannya, namun tidak bisa menyesuaikan diri dengan budaya kerja di Jepang.

Syarat kerja di Jepang dalam hal penyesuaian budaya kerja di Jepang, Anda perlu mengetahui lima etos kerja di Jepang yakni :

1. Kaizen

Kaizen dalam dunia kerja diartikan sebagai pengembangan dan perbaikan diri secara terus menerus. Ini penting, sebab dunia kerja terus mengalami perubahan, sehingga menuntut setuap individu untuk melakukan pengembangan diri. Ini berlaku bagi Anda yang ingin kerja di Jepang, agar selalu memperbaiki diri dari segala aspek dalam dunia kerja.

2. Bushido

Bushido bisa diartikan sebagai seseorang yang memiliki etos kerja layaknya kesatria. Jepang terkenal dengan kegigihan, ketekunan, harapan, dan optimisme. Ini menjasi syarat kerja di Jepang bagi Anda dengan menanamkan nilai-nilainya di dalam diri agar bisa cepat menyatu dengan lingkungan kerja.

3. Meishi Kokan

Arti dari Meishi Kokan secara umum bisa diartikan sebagai etika di dunia kerja. Seperti misalnya Anda menerima tugas, Anda harus membaca atau memperhatikan sebaik mungkin lantas mengerjakannya dengan baik. Ini juga biasa diidentikkan dengan praktik pergantian kartu nama dengan orang, Anda harus membacanya dengan baik, mengonfirmasinya, lantas menempatkan kartu nama itu dengan baik di dompet. Intinya adalah etika.

4. Kesihan

Jika Kaizen lebih kepada pengembangan diri, Keishan lebih mengutamakan setuap pekerja dalam melakukan sebuah inovasi dan kreasi yang tepat di tempat kerja.

5. Ganbatte

Tetap semangat dan lakukan yang terbaik menjadi arti kata ini. Inilah etos kerja yang menjadi syarat kerja di Jepang. Bukan sekedar berkas atau hal lainnya, namun bagaimana Anda bisa mempersiapkan diri untuk menyesuaikan dengan lingkungan kerja.

Sehat Fisik dan Jasmani

Dimana – mana dalam dunia kerja, dibutuhkan pekerja yang memiliki kesehatan fisik dan jasmaninya yang baik. Apalagi di Jepang, Anda akan diperhadapkan dengan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, waktu kerja padat, dan juga kedisiplinan tinggi. Tak heran jika Anda di Jepang mendapati orang yang menyempatkan tidur di dalam kereta.

Ini menjadi syarat kerja di Jepang paling dasar. Anda harus selalu menjaga kesehatan di sana, agar tidak mengganggu produktivitas Anda dan juga perusahaan tempat bekerja.

Kuasai Bahasa Jepang

Syarat kerja di Jepang paling dasar berikutnya sudah tentu menguasai Bahasa Jepang. Ini penting, sebab Anda akan berinteraksi dengan pimpinan, teman kerja, membaca instruksi kerja, serta banyak lagi.

Untuk mengetahui kemahiran Bahasa Jepang, di Indonesia selalu ada ujian Bahasa Jepang untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam berbahasa Jepang. Juga ada tingkatan – tingkatannya.

Karena sangat penting, makanya Bahasa Jepang menjadi syarat kerja di Jepang paling utama.

Memiliki Skill Khusus

Syarat kerja di Jepang berikutnya yakni memiliki skill khusus. Ini tentu menjadi paling dasar, sebab Anda bisa diterima di dunia kerja jika memiliki skill khusus, bahkan di Indonesia pun demikian. Perusahaan – perusahaan Jepang lebih ketat lagi dalam menerapkan.

Sebelum Anda berangkat ke Jepang untuk bekerja, Anda akan diuji terlebih dulu di Indonesia terkait skill khusus bekerja di Jepang Anda. Jika Anda lulus dari ujian itu, barulah Anda bisa mendapatkan visa kerja.

Mempersiapkan Dokumen

Syarat kerja di Jepang paling dasar berikutnya yakni mempersiapkan segala dokumen diri Anda untuk siap-siap berangkat ke Jepang. Itu jika Anda telah memenuhi empat syarat kerja di Jepang sebelumnya.

Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan, itu seperti :

  • Visa kerja (Visa kerja bisa didapatkan melalui serangkaian ujian keterampilan khusus)
  • Pas Foto ukuran 4cm x 3cm
  • Transkrip catatan akademik mengunakan bahasa Inggris
  • Data diri dalam bahasa Inggris
  • Paspor
  • Kontrak yang telah ditandatangani dengan perusahaan yang mempekerjakan.

Inilah syarat kerja di Jepang paling dasar buat kamu yang ingin ke negeri Sakura itu. Bagi kalian yang ingin kursus Bahasa Jepang dan juga mengurus Visa Jepang, Anda cukup menghubungi kami di tanogaido.com. Kami akan memberikan yang terbaik bagi Anda, sampai bisa berangkat ke Jepang untuk bekerja. (*)

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.




Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

2 comments

  1. Nurjannah sri ramadhani

    Dimana saya bisa mendapatkan pelatihan bahasa jepang dan pelatihan skill itu didaerah saya (Makassar)

    1. tanogaido

      Halo kak Nurjannah sri ramadhani
      Untuk pelatihan bahasa Jepang, selain kursus kakak bisa juga memulai dasarnya dulu secara otodidak khususnya di penguasaan kosakata dulu, kakak bisa mengikuti IG kami @forumbelajarbahasajepang dan juga Tiktok @mistersatoshi atau kakak bisa juga membaca artikel tentang belajar bahasa Jepang yang ada pada web tanogaido.com ini, dan jika menemui kendala kakak bisa bertanya melalui kolom komen baik di sosial media kami ataupun website ini. Namun jika ingin private belajar bahasa Jepang, silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia.

      Dan untuk pelatihan skill, biasanya selain ikut kursus atau secara otodidak, kakak juga bisa mendapatkan pelatihan dari lembaga-lembaga pelatihan yang ada di Kota kakak, misal BLK UPTD…

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?