Cara Memperkenal Diri Dalam Bahasa Jepang

perkenalan diri dalam bahasa jepang

Halo Sobat Tanogaido Tours and Travel, apa kalian sedang ingin belajar Bahasa Jepang? Berikut ini akan kita berikan bagaimana tahapan perkenalan diri dalam Bahasa Jepang. Ini penting untuk diketahui agar kamu ketika ke Jepang atau sedang mencari teman via sosial media bisa memperkenalkan diri dan mendapatkan teman dari Jepang secara langsung.

Perkenalan diri dalam Bahasa Jepang tentu akan membuat hubungan kamu akan lebih baik. Sebab tak semua warga Jepang paham dengan Bahasa Inggris. Dalam berkenalan, tentu memiliki cara berbeda di semua negara.

Di Jepang, perkenalan diri disebut jikoshokai (自己紹介). Jepang merupakan negara yang mementingkan sikap santun terhadap sesama, itulah pentingnya mengentahui perkataan dan etika perkenalan dalam Bahasa Jepang.

Sebelum memulai memperkenalkan diri, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Pertama, kita perlu tahu bagaimana menulis nama dalam bahasa Jepang. Kedua, kita juga perlu tahu cara menyebutkan umur, profesi, dan asal kita.

Daftar isi:

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Tahapan Cara Berkenalan Dengan Bahasa Jepang

1. Menuliskan / Menyebutkan Nama dalam Bahasa Jepang

Nama dalam bahasa Jepang biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu nama keluarga (nama belakang) dan nama pribadi (nama depan). Untuk menuliskan nama dalam bahasa Jepang, nama keluarga dituliskan terlebih dahulu diikuti oleh nama pribadi. Contohnya, jika nama seseorang adalah Andi Susilo, maka dalam bahasa Jepang akan ditulis sebagai Susilo Andi.

2. Menyebutkan Umur dalam Bahasa Jepang

Dalam bahasa Jepang, umur biasanya dihitung berdasarkan tahun kelahiran. Untuk menyebutkan umur, kita bisa menggunakan kalimat berikut: “Watashi wa [umur] sai desu.” Contohnya, jika seseorang berusia 20 tahun, maka kalimatnya akan menjadi “Watashi wa nijuu sai desu.”

3. Menyebutkan Profesi dalam Bahasa Jepang

Untuk menyebutkan nama pekerjaan dalam bahasa Jepang, kita bisa menggunakan kalimat berikut: “Watashi wa [profesi] desu.” Contohnya, jika seseorang adalah seorang guru, maka kalimatnya akan menjadi “Watashi wa sensei desu.”

Beberapa Frasa Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang

Ada beberapa frasa perkenalan diri dalam Bahasa Jepang ang sering digunakan. Sebagai pemula, ini penting dan harus diingat ketika memulai belajar Bahasa Jepang.

Ucapan Salam, Aisatsu (挨拶)

Perkenalan dalam Bahasa Jepang tentu memiliki adabnya sendiri. Seperti mengawali dengan salam terlebih dahulu.

Dalam Bahasa Jepang, salam disebut dengan aisatsu, seperti di negara lain dalam pengucapan selamat pagi, selamat siang, dan juga selamat malam. Nah, berikut ucapan salam dalam Bahasa Jepang.

  • Selamat Pagi = Ohayou gozaimasu (おはようございます),
  • Selamat siang = Konnichiwa (こんにちは),
  • Selamat malam = Konbanwa (こんばんは),

Itulah tiga ucapan salam sebelum melakukan perkenalan dalam Bahasa Jepang. Nah, setelah mengucap salam, kita tentu ingin memulai kalimat perkenalan. Berikut contoh kalimat perkenalan dalam Bahasa Jepang :

  • Perkenalkan = Hajimemashite (初めまして)
  • Nama saya … = Watashi wa … desu (わたしはアリです)
  • Senang berkenalan dengan Anda = Douzo yoroshiku onegaishimasu (どうぞよろしくお願いします)

Selain kalimat perkenalan diri dalam bahasa jepang di atas, masih ada kalimat perkenalan dalam Bahasa Jepang lainnya dengan frasa lebih halus seperti:

  • Selamat pagi = Ohayou gozaimasu (おはようございます)
  • Perkenalkan = Hajimemashite (はじめまして)
  • Nama saya … = Watashi wa … to moushimasu ((わたし)はアリともうします) Untuk frasa ini lebih halus dari frasa  sebelumnya. Ini kerap kali digunakan dalam konteks resmi atau dalam bahasa Jepang bisnis.
  • Senang berkenalan dengan Anda = Douzo yoroshiku onegaiitashimasu (どうぞよろしくおねがいいたします).
  • Untuk perkenalan dalam Bahasa Jepang lainnya bisa juga seperti :
  • Selamat pagi = Ohayou gozaimasu (おはようございます)
  • Perkenalkan = Hajimemashite (はじめまして)
  • Nama saya … = Watashi wa … desu (わたしはアリです)
  • Saya berasal dari pulau Bali = Baritou kara kimashita (バリ島から来ました)
  • Tahun ini saya akan berumur 24 tahun = Kotoshi wa nijuuyon sai ni narimasu (今年は24歳になります)
  • Hobi saya mendengarkan musik = Syumi wa ongaku wo kiku koto desu (趣味は音楽を聞くことです)
  • Senang berkenalan dengan Anda = Douzo yoroshiku onegaishimasu (どうぞよろしくおねがいします)

Itulah ungkapan perkenalan dalam Bahasa Jepang sederhana. Setidaknya kita harus mengetahui dasar – dasar yang harus dikatakan ketika berkenalan.

Namun, jika kalian ingin yang lebih lengkap dan bisa bercakap lebih lama dengan orang yang baru dikenal, ada baiknya belajar bahasa Jepang melalui kursus. Sekarang, kursus Bahasa Jepang tidak lagi harus dikelas, namun juga sudah bisa melalui kursus online.

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)