Apa Yang Membuat Nihonbashi Selalu di Datangi Para Turis?

Nihonbashi

Nihonbashi sendiri merupakan sebuah district komersial ramai dan terkenal dengan arsitektur megah. Saat anda berada di dalamnya, akan terdapat banyak sekali toko dan restoran. Serta sebagai kantor dari beberapa institusi penting dalam kota.

Lalu apa saja yang akan anda temui saat berwisata di Nihonbashi? Mari lihat pengalaman kami saat berada disana, sebagai gambaran bagaimana perjalanan menyenangkan akan menunggu anda untuk berbelanja, kuliner dan menikmati historis dari Jepang itu sendiri!

Nihombashi Mitsukoshi Main Store

Merupakan salah satu tempat perbelanjaan modern pertama di Jepang yang memiliki sejarah lebih dari tiga abad. Ini akan jadi tempat paling menarik bagi Anda yang suka berbelanja atau mencari oleh-oleh di Jepang!

Perlu dicatat, bahwa di antara banyak toko dan bisnis terkenal di sepanjang jalan ramai distrik tersebut, salah satu yang paling ikonik dan dicintai adalah Toko Utama Nihombashi Mitsukoshi – toko serba ada modern pertama Jepang, dengan sejarah lebih dari tiga abad [1].

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Patung Tenyo Nihombashi Mitsukoshi

Patung megah Tennyo, dewi Buddha kejujuran, mendominasi atrium tertutup kaca yang tinggi. Dibuat oleh Sato Gengen, patung ini dipahat dengan detail dari satu pohon cemara berusia 500 tahun dan memakan waktu sepuluh tahun untuk diselesaikan. Patung ini menjadi pusat perhatian dengan keindahan warnanya yang mencolok dan keelokan desainnya yang rumit [1].

Nihombashi Mitsukoshi Main Store
Nihombashi Mitsukoshi Main Store

Patung ini berada di pusat perbelanjaan modern Nihombashi Mitsukoshi Main Store. Dengan penuh warna dan sangat rumit ini merupakan simbol dari dewa ketulusan Budha.

Pengrajin dari patung ini adalah Sato Gengen, yang bahannya sendiri dibuat dari sebuah pohon cemara dengan umur 500 tahun. Serta membutuhkan waktu selama 10 tahun untuk menyelesaikan patung ikonik Tenyo. Tidak boleh Anda lewatkan!

Pusat perbelanjaan dan kuliner

Bagi anda yang suka berbelanja dan berkuliner saat traveling tentunya wajib mengunjungi tempat ini. Selain menyuguhkan berbagai hidangan dan kudapan yang menarik, tentunya anda akan mendapatkan banyak sekali pakaian khas Jepang di sini. Selain itu interior yang megah dan elegan ini akan membawa anda merasakan ke modernan serta tidak meninggalkan nilai historis dari tempat tersebut.

Ginza Mitsukoshi
Ginza Mitsukoshi

Mitsukoshi adalah pusat perbelanjaan terbesar di Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1673. Kompleks dua bangunannya menempati lokasi utama toko ini. Untuk bantuan dalam bahasa Inggris, kunjungi Lantai 2 Gedung Annex Mitsukoshi dan cari Foreign Customer Service Counter. Mereka menyediakan penerjemahan dan bantuan belanja dalam bahasa Inggris dan Cina, memiliki mesin penukaran mata uang asing, dapat memberikan saran tentang pengembalian pajak, pengiriman pembelian Anda ke beberapa hotel, spot wi-fi gratis, dan cara memanfaatkan diskon menggunakan kartu tamu [2].

Sejarah Nihombashi

Pada tahun 1603, tepatnya pada era awal Keshogunan Tokugawa, ini menjadi tempat elite bagi para birokrat Samurai. Di mana para Samurai ini dapat bertemu dengan para pedagang hingga pengrajin kelas bawah.

Nihonbashi telah menjadi pusat perkotaan penting sejak tahun 1603 pada masa awal Keshogunan Tokugawa. Sebagai salah satu dari beberapa area di sekitar Istana Edo, Nihonbashi secara alami menjadi tempat di mana para birokrat samurai elit dapat bersinggungan dengan kelas pedagang dan pengrajin kota yang terus berkembang [1].

Selain itu jika mengaca pada distribusi terhadap ekonomi, akses pada Nihombashi sangatlah strategis. Nihombashi sendiri menjadi titik pertemuan dari 5 Jalan Raya besar dengan sejarah utama di kota Jepang. Jadi nggak sekarang, ini menjadi titik penting dan memiliki nilai sejarah tinggi bagi negara.

Jembatan Nihombashi

Jembatan Nihombashi
Jembatan Nihombashi

Tepatnya masih pada kepemimpinan Keshogunan Tokugawa, dia memerintahkan untuk pembangunan jembatan Nihombashi. Sebagai nilai dari akses ekonomi ini juga menjadi sebuah Landmark penting bagi kota Jepang.

Jembatan Nihonbashi di Tokyo telah mengalami transformasi signifikan sejak didirikan ulang pada tahun 1911. Awalnya berbahan kayu, kini jembatan tersebut dibangun dari batu di atas rangka baja. Arsiteknya, seorang anggota senior Kementerian Keuangan Jepang dan lulusan Universitas Cornell Amerika, mencerminkan evolusi infrastruktur sipil Jepang [1].

Hingga sekarang, jembatan ini terus diperbarui dan selalu diperhitungkan kelayakannya. Namun untuk berbagai kerajinan yang melekat pada jembatan ini sudah dipindahkan di museum Edo-Tokyo Sumida. Anda akan mendapati, serangkaian patung perunggu yang keren dan elegan dengan bentuk Shishi atau penjaga singa di setiap sudut yang berjaga. Selain itu, di setiap tiang lampu tersebut akan dihiasi dengan Kirin salah satu ornamen bersejarah yang pastinya dikenal oleh warga Jepang.

Akses Ke Nihombashi

Menuju Nihombashi bisa melalui stasiun Ginza menggunakan jalur kerta bawah tanah. Akan sangat mudah menemukannya karena cukup terkenal dan sering dikunjugi turis.

Stasiun Ginza dapat diakses melalui Jalur Kereta bawah tanah Hibiya, Marunouchi, dan Ginza, dengan distrik perbelanjaan utama terletak di sekitarnya. Sementara itu, Stasiun Mitsukoshimae di Jalur Kereta bawah tanah Hanzomon dan Ginza memberikan akses langsung ke area perbelanjaan Nihonbashi. Juga, Stasiun Tokyo, yang baru direstorasi, berada dalam jangkauan dekat dari banyak tujuan penting [3].

Bila anda berada di Jepang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Nihombashi akan sangat mudah dijangkau dan dikenali. Jika anda ingin lebih mudah kesana, bisa menggunakan sewa mobil Jepang berikut juga dengan tour guide online Tanogaido.

Pastinya perjalanan kurang puas jika anda belum menikmati kuliner, belanja dan sekaligus melihat sejarah penting Jepang terutama pada sector ekonominya. Nihombashi bisa menjadi cerminan bisnis yang terus berkembang dari sudut pandang Jepang itu sendiri, jadi jangan lupa dating kesini!

Refference:

  • [1] Matt Evans, 2024. Exploring Nihonbashi [Link]
  • [2] Time Out, 2024. Nihombashi Mitsukoshi Main Store [Link]
  • [3] Japan Travel, 2024. Belanja Barang Bermerek dan Sejarah yang Kaya [Link]

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)