Berkenalan dengan Prefektur Nara

Nara Park, Tempat Wisata di Prefektur Nara

Meskipun tidak terlalu terkenal seperti Tokyo maupun Osaka, Prefektur Nara juga patut untuk dikunjungi. Prefektur ini pernah menjadi Ibu Kota Jepang pada tahun 710-784. Nara menyimpan berbagai bukti sejarah Jepang. Selain itu, juga dijuluki sebagai kota tua yang dikelilingi alam yang sangat indah.

Salah satu peninggalan sejarah yang ada di Nara adalah peninggalan kerajaan Heijo-Kyo dan Asuka-Kyo. Prefektur Nara juga terkenal dengan makam kuno yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Mengupas lebih dalam Prefektur Nara, ada yang mengatakan bahwa untuk menggali tanah di prefektur ini harus dilakukan sebuah riset terlebih dahulu. Hal ini karena ada sebuah mitos yang dipercayai yaitu apabila dilakukan sebuah penggalian di tanah Nara untuk membangun rumah, kemudian ditemukan sisa reruntuhan sejarah kuno sampai 5 kali berturut-turut, konon si penggali tidak akan bisa membangun rumah selamanya.

Tempat Wisata di Prefektur Nara

Nah, kali ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai Prefektur Nara. Mulai dari tempat wisata, kuliner, bahkan transportasi yang dapat digunakan menuju Nara dan saat berada di Nara. Ini dapat menjadi referensi yang cocok untuk anda yang ingin tour ke jepang.

1. Nara Park

Nara Park menjadi salah satu tempat wisata favorit saat berkunjung ke Nara. Taman yang memiliki luas 660 hektar ini merupakan rumah dari ribuan rusa. Rusa-rusa ini menjadi daya tarik pengunjung, karena pengunjung dapat bermain bersama rusa di hamparan taman yang luas. Meskipun terlihat menyenangkan, kalian harus tetap berhati-hati karena beberapa rusa masih liar dan terkadang justru akan menyakiti manusia.

(Foto Nara Park dapat dilihat di awal halaman)

2. Kuil Todaiji
Todaiji
Sumber: pinterest

Kuil Todaiji terletak satu area dengan Nara Park. Kuil ini menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Memiliki arsitektur bangunan yang berasal dari kayu, kuil ini merupakan rumah Daibutsu terbesar di Jepang. Sebelum memasuki kuil ini, kalian akan disambut dengan dua patung penjaga yang besar, disebut dengan Nandaimon.

3. Kuil Kasuga Taisha

Kuil ini juga merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Kuil ini merupakan tempat berlangsungnya ritual Shikinen Zotai, yaitu proses rekonstruksi ulang bangunan utama kuil setiap 20 tahun sekali.

Ritual ini sudah dilakukan selama 1200 tahun sejak kuil ini berdiri. Selama kuil ini dilakukan rekonstruksi, dewa akan berpindah dari rumah Gohonden menuju rumah sementara, yaitu Okariden.

4. Gunung Yoshino
Yoshino


Salah satu spot favorit untuk menikmati keindahan mekarnya bunga sakura adalah di Gunung Yoshino. Di sini, terdapat ribuan pohon sakura yang dapat dinikmati saat musim semi tiba.

Area Gunung Yoshino yang dapat digunakan untuk menikmati bunga sakura terbagi menjadi 4 bagian, yaitu area bawah (Shimosenbon), area tengah (Nakasenbon), area atas (Kamisenbon), serta area dalam (Okusenbon). Bunga sakura yang mekar akan dimulai dari area bawah terus bergerak ke area dalam.

5. Ishibutai Kofun

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Nara juga terkenal karena terdapat beberapa makam umum, salah satu diantaranya adalah Ishibutai Kofun. Ishibutai Kofun merupakan makam seorang pemegang kekuasaan di Nara, yaitu Soga-No-Umako.

Lokasi makam ini berada di Desa Asukamura. Kini gundukan makam telah hancur namun menyisakan fondasi batu sebanyak 30 buah batu.

6. Isui-En Garden dan Yoshikien Garden

Selain Nara Park, kedua taman ini juga dapat kalian nikmati selagi di Nara. Kedua taman ini memiliki tema taman klasik jepang. Pada zaman dahulu, kedua taman ini digunakan sebagai tempat menjamu tamu oleh para bangsawan.

Yoshikien
Yoshikien | Sumber: visitnara.jp
7. Kuliner di Nara

Nara memiliki makanan khas yang bisa kalian coba, salah satunya adalah Kaki No Hazushi, atau sushi daun kesemek. Mulanya, hidangan ini merupakan makanan yang berasal dari ikan makarel dengan nasi yang dibungkus oleh daun kesemek dan batu berat.

Kaki No Hazushi
Sumber: maff(.)go(.)jp

Namun, kini telah muncul banyak inovasi makanan Kaki No Hizashi yang terbuat tak hanya dari ikan makarel saja, ada yang terbuat dari ikan tuna, udang, dan hasil laut lainnya.

Akses Menuju Nara

Salah satu akses termudah menuju Nara adalah keberangkatan dari Osaka. Dari Stasiun Namba, kalian bisa menggunakan Kereta Kintetsu menuju Stasiun Nara. Sedangkan dari Stasiun Osaka, kalian bisa menggunakan Kereta JR Osaka Loop Line sampai ke Stasiun Shin-Imamiya, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan Kereta Yamatoji Rapid Service menuju Stasiun JR Nara. Lama perjalanan ini adalah sekitar 1 jam dengan biaya sekitar 900 yen.

Jika berangkat dari Kyoto, kalian bisa menggunakan kereta JR Nara Line Miyakoji Rapid Service dengan tujuan Stasiun JR Nara, atau menggunakan Kereta Kintetsu Express dengan tujuan Stasiun Kintetsu Nara.

Untuk akses di Nara sendiri, kalian bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi termasuk kereta, bus kota, maupun sepeda. Ada dua jenis kereta yang bisa kalian pilih, yaitu kereta JR dan Kereta Kintetsu.

Sedangkan bus kota yang bisa kalian pilih, salah satunya adalah Nara Park Gurutto Bus. Bus ini menyediakan fasilitas mengelilingi tempat wisata di Nara dengan biaya terjangkau, yaitu 100 yen. Selain itu, persewaan sepeda juga terdapat di Nara, sehingga kalian bisa menikmati Nara sambil bermain sepeda. Salah satu spot penyewaan sepeda adalah di Taman Asuka di Desa Asukamura.


Nah, itulah tempat-tempat wisata bagus yang ada di Prefektur Nara? Apa kalian berencana untuk berkunjung ke prefektur ini?

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?