Berkenalan dengan Prefektur Tottori

Kastil Tottori

Area Chugoku di Jepang terdiri dari berbagai prefektur, salah satunya adalah Prefektur Tottori. Prefektur yang terletak di Semenanjung Laut Jepang tepatnya di sebelah barat Jepang ini terkenal dengan hamparan Pasir Tottori Sakyu. Prefektur Tottori memiliki jumlah populasi penduduk yang tergolong sedikit.

Menurut sejarahnya, Prefektur Tottori merupakan wilayah yang terdiri dari dua provinsi yaitu Provinsi Hoki dan Provinsi Inaba. Pembagian wilayah ini terjadi ketika masa pemerintahan Taika, pada tahun 645 hingga masa pemerintahan Restorasi Meiji pada tahun 1868. Kemudian 20 tahun kemudian, nama Tottori resmi digunakan sebagai sebutan dua wilayah provinsi ini.

Tottori dikelilingi oleh bentang alam yang indah. Mereka memiliki beragam tempat wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Bukit Pasir Tottori. Selain itu, ketika musim gugur hingga musim semi, kalian bisa melakukan aktivitas pendakian atau sekedar berenang di tepi pantai. Kemudian, ketika musim dingin tiba, kalian bisa bermain ski atau snowboarding di daerah pegunungan.

Meskipun jumlah populasinya tergolong sedikit, transportasi yang disediakan di Prefektur Tottori ada berbagai macam. Seperti pada kota-kota lain di Jepang yang umum menggunakan transportasi umum berupa kereta api, Prefektur Tottori pun sama.

Ketika berada di area perkotaan, kalian bisa menggunakan kereta yang tersambung di beberapa stasiun seperti Stasiun Tottori, Stasiun Kurayoshi, Stasiun Yonago, serta Stasiun Sakaiminato. Sedangkan jika pergi ke wilayah pedesaan atau jauh dari perkotaan, kalian bisa menggunakan bus.

Jalan-Jalan di Prefektur Tottori

Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi pilihan destinasi wisata jepang yang bisa kalian kunjungi selama berada di Prefektur Tottori.

1. Bukit Pasir Tottori Sakyu
Tottori Sand Dunes
Sumber: gaijininkansai.wordpress.com

Bukit Pasir di Tottori merupakan satu-satunya bukit pasir terluas yang ada di Jepang. Di sini, kalian bisa mencoba beberapa atraksi seperti menaiki unta atau melakukan olahraga sandboarding. Bukit pasir dengan luas lebih dari 30 km2 menjadi destinasi favorit wisatawan. Salah satu pemandangan yang menarik adalah ketika mencapai puncak bukit pasir, kalian akan melihat pemandangan pantai yang indah.

Tak hanya itu, di area ini juga terdapat museum, The Sand Museum. Museum yang menampilkan beberapa patung pasir dari seniman seluruh dunia. Setiap tahunnya, pameran di museum ini memiliki tema yang berbeda-beda. Pameran museum ini diadakan selama bulan April hingga bulan Januari pada tahun berikutnya.

2. Reruntuhan Kastil Tottori
Tottori Castle
Sumber: en.japantravel.com

Kastil Tottori merupakan sebuah pusat kekuatan Jepang ketika masa peperangan zaman dahulu. Namun, kini, akibat kebijakan modernisasi pemerintahan Meiji, kastil ini dihancurkan. Kalian bisa melihat sisa reruntuhan kastil ini di sebelah timur laut pusat Kota Tottori yang hanya nampak berupa dinding batu dan gerbang kayu.



Pada tahun 1907, para mantan bangsawan mendirikan sebuah bangunan yang bergaya Eropa di dasar reruntuhan kastil. Bangunan tersebut dinamai Jinpukaku. Bangunan ini merupakan simbol modernisasi di Tottori. Jinpukaku digunakan sebagai rumah singgah putra mahkota yang mengunjungi Tottori, ruang resepsi, atau digunakan sebagai museum.

3. Gunung Daisen

Gunung Daisen merupakan salah satu gunung berapi aktif yang belum pernah meletus selama ribuan tahun. Terletak di sebelah barat dari Prefektur Tottori, gunung ini memiliki beberapa puncak, yaitu Puncak Kengamine yang telah ditutup akibat bencana gempa dan Puncak Misen yang masih dapat dikunjungi hingga saat ini.

Gunung Daisen
Sumber: pinoymountaineer.com
4. Mukibanda Yayoi

Mukibanda Yayoi merupakan situs arkeologi terbesar Artefak Yayoi. Di tempat ini, kalian bisa menemukan berbagai artefak serta barang-barang yang digunakan pada zaman dulu seperti periuk dan gerabah. Kalian juga dapat menyaksikan beberapa pertunjukan yang diselenggarakan pada saat-saat tertentu.

Mukibanda Yayoi
Sumber: kommorebito.com
5. Kuliner di Prefektur Tottori

Ada banyak jenis makanan khas yang bisa kalian cicipi selagi berada di Tottori. Salah satu makanan yang terkenal adalah Kaisendon. Kaisendon merupakan hidangan sashimi yang dihidangkan di sebuah mangkuk dengan menggunakan bahan laut pilihan. Selain itu, ada juga hidangan Tottori Gyukotsu Ramen, yaitu merupakan ramen yang menggunakan kaldu tulang sapi khas Tottori.

Kaisendon
Kaisendon | Sumber: tasteatlas.com

Bagaimana? Apa kalian berminat untuk berkunjung ke Tottori?

Sumber gambar utama: fun-japan.jp

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?