Berwisata di Prefektur Okayama, Legenda Momotaro

Sungai Kurashiki, Tempat Wisata di Prefektur Okayama

Prefektur Okayama terletak berdekatan dengan Prefektur Hiroshima. Prefektur Okayama dikenal sebagai The Land of Sunshine karena prefektur ini mendapatkan sinar matahari lebih banyak daripada prefektur lainnya.

Okayama merupakan ibukota dari prefektur ini dan merupakan kota terbesar kedua setelah Hiroshima di wilayah Chugoku. Bagian utara Prefektur Okayama terdapat pegunungan dan di bagian selatan terdapat pantai dan lautnya.

Ada banyak hal menarik tentang Okayama, salah satunya adalah legenda Momotaro yang berasal dari Okayama, tepatnya berada di Distrik Kibiji. Menurut sejarahnya, Prefektur Okayama dulunya merupakan sebuah provinsi yang bernama Provinsi Kibi yang terbagi kembali menjadi tiga area yaitu Bizen, Bitchu, dan Mimasaka.

Provinsi ini merupakan pusat kekuatan Klan Taira hingga pada masa Sengoku, wilayah ini dijadikan sebagai perebutan beberapa penguasa. Kemudian pada abad ke-15 dibangun Kastil Okayama yang merupakan pusat kekuasaan provinsi tersebut. Hal tersebut merupakan penanda sistem prefektur dan Provinsi Kibi berubah nama menjadi Prefektur Okayama.

Untuk menuju ke Okayama, kalian bisa menggunakan moda transportasi pesawat dan kereta. Umumnya, orang akan lebih memilih menggunakan kereta Shinkansen dari Tokyo maupun Osaka. Jika dari Tokyo kalian bisa menggunakan JR Tokaido atau Sanyo Shinkansen. Sedangkan jika dari Osaka bisa menggunakan kereta lokal dari Stasiun Osaka menuju Stasiun Okayama.

Tempat Wisata di Okayama

Selanjutnya, kami akan memberikan informasi mengenai tempat wisata yang dapat kalian kunjungi selama liburan ke jepang tepatnya di Okayama. Mengingat bahwa Okayama juga merupakan salah satu prefektur favorit karena memiliki beragam wisata yang menarik.

1. Kastil Okayama

Kastil yang juga dijuluki sebagai kastil gagak, karena memiliki desain yang berwarna serba kehitaman. Meskipun Kastil Okayama yang terlihat saat ini merupakan hasil rekonstruksi, bangunannya memiliki kemiripan yang sama dengan aslinya.

Okayama Castle
Sumber: japanesestation(.)com

Pada lantai kastil ini, kalian dapat menikmati pemandangan Kota Okayama serta dapat menemukan beberapa peninggalan bersejarah para pemimpin saat Zaman Sengoku.

2. Taman Korakuen

Masih berada di sekitar Kastil Okayama, tak lengkap bila tidak bersantai sejenak di Taman Korakuen. Taman ini merupakan salah satu taman terbaik yang ada di Jepang. Berbagai jenis bunga terdapat di sini dan semuanya sangat indah.

Korakuen
Sumber: travel.tempo.co
3. Kastil Bitchu-Matsuyama


Kastil Bitchu-Matsuyama merupakan kastil yang berada di atas gunung. Banyak orang lain yang juga menyebut kastil ini sebagai Benteng Langit, karena letaknya di atas ketinggian. Banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi benteng ini demi mendapatkan pemandangan yang indah, meskipun untuk menuju ke sana, perlu mendaki terlebih dahulu.

Bitchu Matsuyama
Sumber: id.zekkeijapan.com
4. Bikan Historical Quarter

Bikan Historical Quarter terletak di Kurashiki. Pada masa periode Edo, wilayah ini merupakan area perdagangan yang terkenal. Bangunan tersebut masih ada hingga kini, namun beralih fungsi menjadi toko, restoran, serta museum. Kalian juga dapat menikmati berlayar menggunakan kapal kecil di sepanjang sungai Kurashiki.

5. Kurashiki Denim Street

Kurashiki juga terkenal sebagai penghasil denim terbesar di Jepang. Kalian bisa menemukan beragam toko denim di sepanjang Kurashiki Denim Street di dekat sungai Kurashiki. Jika belum puas berbelanja di area Denim Street, kalian bisa melanjutkan aktivitas shopping kalian di Mitsui Outlet Park Kurashiki.

6. Kibitsu Jinja
Kibitsu Jinja
Sumber: japanhoppers.com

Lokasi selanjutnya merupakan kuil yang melegenda karena dipercaya menjadi tempat pembasmian setan dan merupakan awal mula legenda Momotaro. Kuil ini merupakan kuil yang unik karena memiliki lorong dengan panjang 400 meter. Selain itu, kuil ini biasanya juga dijadikan tempat beribadah untuk meminta pernikahan dan kelahiran yang baik, serta umur yang panjang.

7. Kuliner Seru di Okayama

Salah satu kuliner menarik di Okayama adalah menikmati Demi Katsudon dan Kakioko. Demi Katsudon merupakan hidangan nasi yang ditemani dengan daging babi goreng tepung (tonkatsu) dengan saus khasnya. Sedangkan Kakioko merupakan okonomiyaki dengan tiram yang merupakan makanan khas Kota Bizen.

Demi Katsudon
Demi Katsudon | Sumber: okayama-japan.jp

Nah, bagaimana? Banyak kan tempat wisata di Okayama. Apa kalian sudah pernah berkunjung ke sini? Jangan lupa bagikan pengalaman kalian di bawah ya.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?