Ingin Berlibur ke Jepang? Jangan Ketinggalan Istana Hiroshima

Istana Hiroshima

Hiroshima Castle memiliki julukan sebagai Istana Ikan Mas karena merupakan salah satu istana yang berada di tengah kota Hiroshima. Istana ini menjadi tempat tinggal keluarga Terumoto, Fukushima, dan Asano. Istana ini dibangun pada tahun 1591 oleh Mori Terumoto dan sempat mengalami kerusakan ketika peristiwa pengeboman pada tahun 1945.

Kemudian istana ini berhasil dibangun kembali pada tahun 1958 yang menyerupai bentuk asli. Istana Hiroshima merupakan bangunan yang penting karena menjadi pusat kekuasaan di Jepang wilayah barat. Sama seperti istana lain yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, istana ini juga memiliki taman yang luas dengan pemandangan yang indah.

Istana Hiroshima dikelilingi oleh parit yang sangat lebar. Parit ini berfungsi sebagai pertahanan musuh yang akan masuk ke dalam istana. Namun kini, pemandangan yang disuguhkan oleh keberadaan parit ini dengan pohon sakura dan maple yang ada di sekitarnya menjadi salah satu daya tarik pengunjung karena memiliki pesona yang sangat indah.

Kompleks istana Hiroshima sendiri memiliki bangunan utama dan bangunan Ninomaru (bangunan pertahanan lapis kedua pada istana), serta juga terdapat kuil yang ada di dalamnya.

Bangunan Utama Istana Hiroshima

Istana Hiroshima memiliki 5 lantai dan pengunjung diperbolehkan untuk masuk karena bangunan tersebut kini telah berfungsi sebagai museum. Di dalam museum ini, terdapat banyak informasi yang dapat kalian temukan diantaranya seperti kisah budaya samurai, sejarah kastil Jepang, hingga sejarah kota Hiroshima. Tak hanya itu, di museum ini juga menawarkan beberapa event yang rutin dilakukan setiap tahun.

Hiroshima Castle

Pada bangunan ini, dua lantai pertama akan ditunjukkan seluruh informasi mengenai sejarah dan budaya di Hiroshima, sedangkan pada lantai tiga ditujukan sebagai pameran yang memperlihatkan beberapa senjata yang pernah digunakan pada zaman dahulu, sedangkan lantai empat digunakan untuk event-event khusus. Lantai paling atas berfungsi sebagai observatorium sehingga kalian dapat menikmati pemandangan Kota Hiroshima yang indah.

Pohon Istimewa

Jika kalian mengunjungi istana Hiroshima, kalian akan menemukan pohon yang sangat bersejarah di kota Hiroshima. Mengapa? Konon, pada waktu peristiwa pengeboman ketika bangunan lain hancur lebur, tiga pohon ini tetap berdiri kokoh. Pohon-pohon tersebut menjadi symbol kekuatan dan kemampuan kota ini untuk bertahan dan berkembang dari sebuah kesengsaraan. Ketiga pohon tersebut ialah pohon holly, eukaliptus, dan dedalu yang dulunya berdekatan dari pusat ledakan.

Akses Menuju Istana Hiroshima

Kalian dapat pergi ke istana Hiroshima dengan menggunakan tram dengan nomor 1, 2, atau 6 dari stasiun Hiroshima kemudian berhenti di halte Kamiyacho-Higashi atau Kamiyacho-Nishi. Perjalanan ini dapat ditempuh selama 12 menit. Kemudian, kalian dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 10 menit. Harga tiket tram yang digunakan pada rute ini adalah 190 yen.

Atau, kalian juga bisa berjalan kaki dari Taman Shukkien selama 10 menit atau jika kalian telah berkunjung dari Taman Perdamaian Hiroshima, kalian dapat melanjutkan perjalanan ke istana Hiroshima dengan berjalan kaki selama 15 menit. Selain itu, ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan Hiroshima Sightseeing Loop Bus (Meirpuru-pu) melalui rute orange atau lemon selama 6 menit perjalanan.

Rute menuju Istana Hiroshima
Sumber: japan-guide.com

Informasi Tiket

Harga tiket yang ditawarkan untuk masuk ke bangunan utama Istana Hiroshima adalah sebesar 370 yen untuk orang dewasa dan 180 yen untuk murid sekolah dan lansia (di atas 65 tahun). Sedangkan pada area Ninomaru tidak ada biaya tiket masuk (gratis).

Selain itu, jam buka istana Hiroshima sangat bervariasi tergantung dari musimnya. Berikut kami sampaikan informasi jam buka Istana Hiroshima.

  • Maret-November : 09.00-18.00
  • Desember-Februari : 09.00-17.00

Sedangkan pada area Ninomaru adalah sebagai berikut.

  • April-September : 09.00-17.30
  • Oktober-Maret : 09.00-16.30

Nah, itulah sekilas informasi seputar Istana Hiroshima. Kira-kira, apa dari kalian pernah berkunjung ke istana ini? Yuk, ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ya.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Leave A Comment