Jalan-Jalan di Prefektur Gifu, Daerah Tengah Pulau Honshu

Jalan-Jalan di Prefektur Gifu - Takayama

Prefektur Gifu merupakan prefektur yang terletak di area Chubu, di tengah-tengah Pulau Honshu. Memiliki kekayaan alam yang tak kalah indahnya karena dikelilingi oleh pegunungan. Prefektur gifu terbagi menjadi 2 area, yaitu area utara dan selatan.

Uniknya, kedua area itu memiliki iklim yang berbeda. Daerah utara (Hida) memiliki iklim dan cuaca yang sangat dingin saat berada di musim dingin, sedangkan di area selatan (Mino) memiliki iklim dan cuaca yang tergolong hangat saat musim dingin.

Ibukota dari prefektur ini adalah Kota Gifu. Kota ini juga menjadi titik penghubung transportasi menuju area lain di prefektur ini. Ibukota Gifu sendiri memiliki beberapa pilihan tempat wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Gifu Park. Di dalam Gifu Park, terdapat museum, serta galeri seni yang dapat kalian kunjungi. Selain itu, Kota Gifu masih mempertahankan suasana kota zaman dulu yang penuh dengan ketenangan.

Untuk menuju Prefektur Gifu ini, masih dapat dikunjungi dengan akses yang cukup mudah. Karena perjalanan yang ditempuh hanya memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan, kalian dapat menggunakan Kereta Tokaido Shinkansen yang berangkat dari Tokyo menuju Nagoya. Sesampainya di sana, kemudian transfer menggunakan Kereta Tokaido Line hingga sampai di Kota Gifu.

Berbagai Aktivitas di Prefektur Gifu

Untuk mengetahui beberapa tempat wisata jepang yang bisa menjadi alternatif kunjungan kalian saat bermain di Jepang, yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Takayama
Takayama
Sumber: theinvisibletourist.com

Kota Takayama menjadi salah satu destinasi yang populer di Prefektur Gifu. Nuansa perumahan lokal yang masih kuno  tetap dipertahankan di sini. Kota ini terletak di Prefektur Gifu sebelah utara, yaitu area Hida. Area ini memang terkenal dengan pegunungan, sehingga Kota Takayama juga menjadi bagian awal menuju pegunungan di sana.

2. Shirakawago

Tidak kalah menarik dengan Kota Takayama. Shirakawago menjadi salah satu tempat favorit yang wajib dikunjungi wisatawan karena memiliki pemandangan rumah tradisional Jepang yang indah dan nuansa pedesaan yang amat menyenangkan. Salah satu waktu yang paling favorit untuk mengunjungi desa ini adalah saat musim dingin tiba.

Shirakawago
Sumber: liburankejepang.com
3. Area Mino

Mino merupakan area sebelah selatan dari Prefektur Gifu. Yang paling terkenal di area ini adalah kegiatan Ukai. Ukai merupakan sebuah cara yang digunakan untuk mencari ikan dengan cara tradisional yang menggunakan burung pecuk. Teknik ini biasanya dilakukan saat mencari ikan di sungai Nagara. Sungai Nagara sendiri merupakan salah satu sungai besar yang ada di Mino.

4. Gujo-Hachiman

Gujo-Hachiman merupakan sebuah kota kecil yang terletak di tepi sungai. Kalian yang mengunjungi kota kecil ini pasti akan menemukan banyak sekali kanal dan aliran air di sepanjang kota. Bagi masyarakat desa, aliran air ini masih berfungsi untuk mencuci beras, sayur, bahkan untuk mencuci baju.

Gujo-Hachiman
Sumber: ohayo.co.id


Selain itu, Gujo-Hachiman memiliki salah satu festival musim panas yang terkenal yaitu Gujo Odori. Tak hanya itu saja, Gujo-Hachiman juga terkenal sebagai produsen replika makanan yang banyak digunakan oleh restoran untuk menunjukkan bentuk makanan yang mereka hidangkan.

5. Gero Onsen

Selain terkenal akan pegunungannya, Prefektur Gifu juga terkenal dengan onsennya. Salah satu yang terkenal adalah Gero Onsen. Gero Onsen merupakan salah satu dari tiga onsen terbaik yang ada di Jepang.

Gero sendiri terletak di antara Takayama dan Nagoya. Ada beberapa onsen yang dapat kalian pilih, beberapa ada yang menyediakan di Ryokan, namun juga ada pemandian terbuka yaitu di ujung selatan Jembatan Gero yang sering dinamakan sebagai Rotenburo Besar.

Gero Onsen
Sumber: japantravel.navitime.com
6. Mencicipi Kuliner Khas Gifu

Salah satu yang terkenal di Prefektur Gifu adalah hidangan Hobamiso. Hobamiso merupakan miso yang terbuat dari Daun Pohon Ho. Daun pohon Ho terkenal sebagai antibakteri, sehingga jika dibuat pada makanan, akan membuat makanan terjaga kebersihannya. Biasanya, hidangan ini dilengkapi dengan pasta miso dan pelengkap lainnya.

Kurikinton
Kurikinton | Sumber: japancentre.com

Selain itu, kalian juga harus mencicipi Kurikinton. Makanan yang berasal dari kastanye dan ubi yang dihaluskan ini memiliki cita rasa yang unik. Hidangan ini konon dapat memberikan keuntungan bagi yang memakannya.


Itulah 6 aktivitas yang bisa kalian lakukan di Prefektur Gifu. Bagaimana? Apa kalian tertarik untuk mengunjunginya?

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?