10 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kyoto

10 Tempat yang Wajib di Kunjungi di Kyoto

Jika pada artikel sebelumnya telah dijelaskan secara umum mengapa kita harus mengunjungi Kyoto sebagai salah satu destinasi wisata di Jepang, maka di artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai beberapa tempat wisata populer yang ada di Kyoto.

1. Kuil Daigoji

Kuil Daigoji merupakan bangunan tertua di Kyoto. Kuil ini merupakan salah satu budaya warisan dunia. Selain dinobatkan sebagai kuil tertua, kuil ini juga terkenal sebagai kuil terbesar di Kyoto. Selain terdapat kuil, di area tersebut juga terdapat 6 bangunan lainnya dan telah diakui sebagai national treasures.

Daigoji
Sumber: pinterest.com

Tempat ini ramai dikunjungi ketika musim semi, karena bentang alam yang mengelilingi kuil ini sangat indah terlebih saat musim semi. Namun, pengunjung dilarang mengambil gambar di kuil ini sehingga pengunjung hanya bisa menikmatinya secara langsung.

Kawasan kuil Daigoji ini terdapat 3 area utama yaitu Sanbo in, Shimo-Daigo, dan Museum Reihokan. Tiket masuk yang dibandrol di setiap area adalah 600 yen.

2. Museum Nasional

Seperti halnya yang ada di Jakarta, Kyoto pun memiliki museum nasional. Museum ini didirikan pada tahun 1897 dan terdapat 12.000 item warisan budaya dan fasilitas untuk pemeliharaannya.

Museum ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai dari pukul 9.30-16.30. Museum ini berjarak 7 menit dengan berjalan kaki dari stasiun Shichijo.

Musem Nasional di Kyoto
Sumber: pinterest.com

3. Gion District

Merupakan salah satu distrik yang terkenal di Kyoto. Distrik ini terkenal dengan Geiko (seniman wanita) maupun Geisha. Jika kalian mengunjungi wilayah ini dan bertemu dengan para geisha, sangat disarankan untuk bersikap sopan kepada para geisha distrik ini.

Gion District dibatasi oleh sungai Kamogawa di sebelah barat, sungai Shirakawa di sebelah utara, kuil Yasaka di sebelah timur, dan kuil Kennin-ji di sebelah selatan. Kawasan ini sangat unik karena dikelilingi oleh rumah-rumah kayu tradisional, toko-toko souvenir, dan bahkan jajanan lokal.

Untuk mengunjungi kawasan ini, kalian dapat menggunakan transportasi bus nomor 100 atau 206 dari Kyoto Station.

Gion District

4. Kiyomizu-dera Temple

Kiyomizu-dera adalah salah satu situs budaya UNESCO sejak tahun 1994. Kuil ini dibangun pada tahun 780 di samping Air terjun Otowa. Kiyomizudera terkenal dengan teras kayunya yang berada pada aula utama dari kuil ini.

Teras ini menawarkan keindahan panorama pepohonan yang bisa dinikmati dari ketinggian 13 meter di atas lereng bukit.

Selain itu, di bawah aula utama dari Kiyomizudera ini, terdapat Air Terjun Otowa yang terkenal suci. Air yang mengalir dari air terjun dibagi menjadi 3 bagian dan masing-masing memiliki manfaat yang berbeda. Ada yang memberikan umur panjang, sukses dalam berkarier, dan keberuntungan masalah percintaan.

Namun, meminum semua air dirasa cukup serakah. Jadi, pastikan kalian yang akan meminumnya memilih dengan bijak mana yang harus kalian minum.

Kiyomizudera Temple

5. Pasar Nishiki

Nishiki Market sering dijuluki sebagai “Dapur Kyoto” selama lebih dari 400 tahun. Terdapat lebih dari 100 kedai yang menjual beraneka macam jajanan. Mulai dari makanan laut segar, jajanan khas Kyoto, atau bahkan peralatan dapur.

Pasar ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 9.30 hingga pukul 18.00. Bagi kalian yang ingin mencicipi jajanan di Nishiki jika berangkat dari Stasiun Kyoto, kalian bisa menggunakan kereta bawah tanah Karasume Line Kyoto ke Stasiun Shijo dan berjalan kaki selama 8 menit.

Kalian juga bisa menggunakan bus Shiei 5 ke Halte Shijotakakura dan berjalan selama 4 menit.

Pasar Nishiki

6. Nijo Castle

Nijo Castle merupakan kediaman Shogun Tokugawa yang telah memerintah selama lebih 260 tahun. Namun, setelah Shogun Tokugawa jatuh, kastil ini dijadikan sebagai istana kekaisaran untuk beberapa saat sebelum disumbangkan kepada pemerintah dan dibuka untuk umum sebagai situs bersejarah.

Harga tiket yang ditawarkan untuk masuk ke kastil ini adalah 620 yen. Namun, jika ingin memasuki Istana Ninomaru, dikenakan biaya tiket sebesar 1.030 yen. Kastil ini buka dari jam 8.45 hingga 17.00.

Nijo Castle

Nijo kastil dibagi menjadi 3 area diantaranya Istana Honmaru, Istana Ninomaru, dan taman yang mengelilingi area ini. Kawasan yang diperbolehkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan adalah Ninomaru sedangkan Honmaru hanya akan dibuka pada acara-acara tertentu saja.

Bagi pengunjung dari negara lain yang berkunjung ke kastil ini, terdapat penyewaan audio berbahasa inggris sebagai panduan selama berkeliling.

7. Fushimi Inari Shrine

Merupakan kuil yang terkenal dengan ikon 10.000 gerbang orennya. Konon katanya, gerbang tersebut merupakan gerbang yang disumbangkan oleh para pengikut Shinto jaman dulu sebagai persembahan kepada Dewa.

Yap, ini merupakan kuil Shinto yang memuliakan Dewa Padi yang ada di Jepang. Lokasi dari kuil ini terletak di dekat JR Inari Station, sehingga kalian hanya perlu berjalan kaki dari stasiun tersebut menuju kuil ini.

Fushimi Inari Shine

8. Yasaka Pagoda

Yasaka Pagoda ini terletak di Higashiyama distrik. Pagoda dengan tinggi 49 meter ini merupakan salah satu spot fotogenik di Kyoto. Pagoda ini didirikan sejak tahun 592 dan menjadi pagoda tertua di Kyoto.

Untuk mengunjungi pagoda ini, siapkan budget 400 yen untuk tiket masuknya. Yasaka Pagoda dibuka setiap pukul 10.00-16.00.

Yasaka Pagoda

9. Arashiyama Bamboo Grove

Satu lagi yang khas di Kyoto, yaitu hutan bambu yang satu ini. Bahkan, kini terdapat replika hutan bambu ini di Surabaya. Lokasi ini menjadi sangat terkenal karena merupakan salah satu spot instagrammable di Kyoto.

Untuk menuju ke hutan bambu ini, bisa langsung diakses dari jalan utama Arayashima sedikit ke utara dan dari pintu masuk ke Kuil Tenryu-ji.

Bamboo Grove Kyoto

10. Kyoto Tower

Bagi kalian yang berkunjung ke Kyoto, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi Kyoto tower ini. Letaknya yang sangat dekat dengan Kyoto Station ini memiliki spot panorama pada ketinggian 100 meter di atas permukaan air laut.

Di sini, kalian dapat menikmati keindahan kota Kyoto dari ketinggian. Untuk mengunjungi tower ini, siapkan uang 770 yen untuk orang dewasa dan 150 yen untuk anak balita. Kyoto Tower dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 20.40.

Kyoto Tower

Nah, itulah 10 destinasi wisata yang perlu kalian kunjungi ketika ingin berlibur ke Kyoto, Jepang. Sangat menarik bukan? Kira-kira, apa ada tempat wisata lain yang menarik dikunjungi lagi ya? Jangan lupa komen-komen di bawah ya.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.




Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?