Mengenal Jasa Pengiriman Barang di Jepang

Takkyubin, Jasa Pengiriman Barang di Jepang

Jasa antar jemput pengiriman barang di Jepang dikenal dengan nama Takkyubin. Adapun beberapa barang yang dapat dikirim menggunakan layanan jasa ini antara lain adalah paket parcel, koper, atau barang lainnya. Layanan jasa ini perlu kalian ketahui, khususnya bagi kalian yang hobi travelling atau berencana travelling ke Jepang lebih dari satu minggu karena kemungkinan kalian akan membutuhkan layanan jasa ini.

Sebagai contoh, misalnya kalian ingin pergi ke suatu tempat tetapi sedang membawa koper yang sangat besar maka hal ini bisa menjadi hambatan. Umumnya, ada beberapa travelers yang memilih untuk menitipkan barang bawaannya termasuk koper di hotel tujuan atau menitipkannya di stasiun melalui loker stasiun.

Tetapi, kerugian dari metode ini adalah kalian perlu kembali lagi ke hotel maupun ke stasiun selepas pergi berjalan-jalan, padahal kalian harus berpindah kota atau berpindah lokasi liburan, maka hal ini cukup ribet ya.

Sedangkan dengan menggunakan Takkyubin akan mempermudah liburan kalian selama di Jepang. Jasa pengiriman barang ini akan mengambil dan mengantar barang kalian sesuai alamat tujuan.

Ada rute favorit saat liburan di Jepang dan kalian sangat membutuhkan jasa pengiriman ini, yaitu saat mengunjungi Tateyama, Takayama, dan Shirakawago atau saat mengunjungi tempat wisata di Fuji Kawaguchiko dan Hakone. Dengan jasa pengiriman ini, kalian dapat mengirimkan koper kalian ke hotel atau bahkan ke bandara seperti Bandara Narita, Haneda, dan Kansai.

Jika di Indonesia kalian mengenal layanan jasa pengiriman barang seperti JNE, TIKI, SiCepat, dan lain sebagainya, di Jepang juga terdapat perusahaan Takkyubin yang sudah terkenal diantaranya adalah Yamato Transport, Sagawa Express atau Kuroneko. Yamato Transport sendiri merupakan perusahaan yang telah memulai bisnisnya sejak tahun 1970 dan menjadikannya sebagai perusahaan Takkyubin tertua di Jepang.

Takkyubin
japan-talk.com

Tipe Barang

Ada beberapa tipe barang yang dapat kalian kirim menggunakan Takkyubin di Jepang. Kalian dapat mengirim barang berupa koper, kardus, parsel, makanan frozen food, komputer, perlengkapan ski ataupun golf, furniture, dan lainnya. Khusus untuk barang-barang pecah belah seperti patung, barang elektronik (komputer, laptop, kamera), kalian perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk asuransi dan packing khusus.

Lokasi Drop-Off dan Pick-up

Untuk lokasi pengiriman barang, sebenarnya dapat memilih satu di antara dua metode. Yang pertama adalah penjemputan barang di lokasi dan yang kedua adalah kalian yang mengantar barang tersebut ke kantor Takkyubin terdekat.

Nah, pada layanan penjemputan barang ini, dapat dilakukan di beberapa tempat yang telah bekerjasama dengan Takkyubin terkait, seperti hotel, bandara, stasiun kereta, atau di beberapa toko yang terdapat tanda Takkyubin service-nya. Seperti pada Yamato Transport yang telah bekerjasama dengan 7eleven, Family Mart, Three F Stores, Coco, dan yang lainnya.



Jika kalian memiliki rencana untuk memindahkan barang dari hotel tempat kalian menginap menggunakan Takkyubin, yang perlu kalian lakukan adalah memesannya terlebih dahulu melalui internet atau telepon dan melakukan perjanjian waktu pengambilan, sehingga pihak Takkyubin akan mengambil barang kalian sesuai perjanjian.

Selain itu, jangan lupa pula untuk menitipkan barang kalian kepada resepsionis hotel sehingga akan mempermudah pihak Takkyubin dalam pengambilan barang kalian.

Sedangkan untuk tahap pengiriman, bisa dilakukan langsung ke alamat hotel tujuan atau bisa menuju kantor Takkyubin terdekat dengan hotel. Jika kalian ingin mengirimkannya langsung ke hotel tujuan, maka pastikan untuk mengonfirmasi kepada resepsionis untuk menitipkan barang dari Takkyubin ke hotel terkait agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan pihak Takkyubin. Apabila hal ini terjadi, maka akan mempersulit diri kalian sendiri.

Nah, jika kalian ingin mengirimkan atau mengambil barang di bandara, kalian perlu menuju ke kantor layanan Takkyubin yang ada di bandara. Berikut adalah letak dari kantor pelayanan Takkyubin yang ada di bandara Narita.

  1. Terminal 1 lantai 4F di area keberangkatan dan lantai 1F area ketibaan, terdapat GPA Narita Airport Takkyubin dari Yamato Transport dan ABC Airport Delivery dari JAL ABC.
  2. Terminal 2 terletak di lantai 3F (area keberangkatan) dan lantai 1F area ketibaan juga terdapat GPA Narita Airport Takkyubin dari Yamato Transport dan ABC Airport Delivery dari JAL ABC.

Lama Pengiriman dan Biaya Pengiriman

Pengiriman barang biasanya akan sampai 1-3 hari setelahnya tergantung jarak tempat asal dan tempat tujuan pengiriman barang. Jika pengiriman dilakukan di area Tokyo, umumnya barang dapat dikirim dalam 1 hari. Namun, jika berbeda kota, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama, sekitar 2-3 hari.

Seperti pengiriman dari Tokyo ke Osaka bisa memakan waktu pengiriman selama 1-2 hari. Namun, jika kalian membutuhkan pengiriman yang cepat sampai, kalian bisa menggunakan jasa pengiriman ekspres, yang pastinya biaya yang dibutuhkan juga lebih mahal.

Yamato Transport Takkyubin
japan-guide.com

Untuk biaya pengiriman barang sendiri tergantung dari jenis barang, volume, berat, tinggi, dan jarak pengiriman. Di bawah ini merupakan list harga pengiriman barang berdasarkan volume dan jarak.

Parsel Reguler dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm dan berat kurang dari 10 kg:

  • Di sekitar area Tokyo : 1400 yen
  • Tokyo – Osaka/Kyoto : 1500 yen
  • Tokyo – Kyushu : 1800 yen
  • Tokyo – Hokkaido : 1800 yen
  • Tokyo – Okinawa : 2500 yen

Koper dengan ukuran 80 cm x 40 cm x 30 cm dan berat kurang dari 25 kg:

  • Di sekitar area Tokyo : 2100 yen
  • Tokyo – Osaka/Kyoto : 2200 yen
  • Tokyo – Kyushu : 2500 yen
  • Tokyo – Hokkaido : 2500 yen
  • Tokyo – Okinawa : 4200 yen
  • Tokyo – Narita Airport : 2800 yen
  • Osaka/Kyoto – Kansai Airport : 2800 yen

Layanan LuggAgent

Dengan menggunakan layanan ini, akan lebih mudah bagi kalian untuk mengirim atau mengambil barang khususnya koper. Layanan ini dapat kalian gunakan dari Bandara Narita atau Haneda menuju tempat penginapan kalian atau dari tempat penginapan menuju bandara. Kalian cukup memesan secara online dan membayar secara online pula, kemudian menunjukkan bukti pembayaran dan paspor maka koper kalian akan segera dikirim.


Nah, sampai di sini, kalian sudah tau kan jasa pengiriman barang di Jepang? Untuk lebih detailnya, kalian bisa baca artikel berikut ya: Ingin Kirim Barang di Jepang? Coba Jasa Pengiriman Barang Ini.

Daripada pergi ke mana-mana sambil membawa koper yang berat, alangkah baiknya jika kalian memanfaatkan jasa pengiriman barang ini untuk meringankan beban kalian.

Sumber gambar utama: naganow.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?