Ingin Kirim Barang di Jepang? Coba Jasa Pengiriman Barang Ini

Jasa Kirim Barang di Jepang

Bagi Anda yang tinggal di Jepang dan ingin kirim barang pasti pernah mengalami kebingungan dalam mencari jasa pengiriman barang. Nah, di artikel ini, akan dibahas beberapa rekomendasi jasa pengiriman barang di Jepang yang akan memudahkan Anda untuk mengirim barang.

Jenis-Jenis Jasa Kirim Barang di Jepang

Sebelum Anda menentukan jasa pengiriman barang di Jepang, Anda harus menentukan terlebih dahulu barang apa yang akan Anda kirimkan, seperti apakah barang tersebut berupa surat, barang, makanan, atau yang lain.

Surat

Jenis jasa pengiriman barang di Jepang yang pertama yaitu pengiriman surat. Pengiriman surat di Jepang sama seperti di Indonesia yaitu menggunakan perangko yang ditempel pada bagian depan amplop surat.

Pengiriman surat dilakukan melalui kotak pos berwarna merah yang ada di pinggir jalan. Biaya pengiriman surat dituliskan pada tempat memasukkan surat pada kotak pos dan juga bisa dicek secara online melalui website resmi JP Post.

Biasanya, pengiriman kartu pos per lembar di dalam negeri dikenakan biaya sebesar 52 yen. Untuk pengiriman kartu pos ke luar negeri, akan dikenakan biaya sebesar 82 yen per lembar.

Bagian memasukkan kartu pos untuk tujuan dalam negeri dan luar negeri berbeda. Untuk tujuan pengiriman dalam negeri, tempat memasukkan kartu pos adalah pada kotak sebelah kiri dan untuk pengiriman luar negeri pada kotak sebelah kanan.

Antar-jemput barang

Jenis jasa pengiriman barang di Jepang yang kedua yaitu antar-jemput barang. Bagi Anda yang ingin mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat lain, ada jasa yang dikenal dengan sebutan Takkyubin yang dapat mengambil barang Anda untuk dikirimkan ke tempat lain.

Contoh barang yang biasa dikirimkan yaitu koper, paket, atau barang lain yang berukuran besar sehingga menyulitkan Anda untuk mengirimnya sendiri.

Baca Juga: Mengenal Jasa Pengiriman Barang di Jepang

Makanan

Selanjutnya adalah jasa kirim makanan. Pengiriman makanan di Jepang saat ini sudah menyerupai dengan di Indonesia yaitu dilakukan secara online melalui aplikasi yang dapat diunduh di smartphone.

Beberapa aplikasi jasa kirim makanan yang terkenal di Jepang yaitu Uber Eats, Rakuten Delivery, Meishoku, fineDine, dan Demae-can.

Aplikasi online tersebut akan mempermudah cara kirim makanan di Jepang terlebih pada masa pandemi seperti saat ini.

Pengiriman toko offline

Jenis jasa pengiriman barang di Jepang yang berikutnya yaitu pengiriman yang dilakukan oleh toko offline, dimana toko menawarkan jasa pengiriman barang yang dibeli untuk langsung dikirimkan ke rumah mereka.

Cara kirim barang di Jepang seperti ini dikenal dengan sebutan Haitatsu, dimana pihak kurir toko offline sendiri yang akan mengantar barang sampai di rumah pembeli.

Rekomendasi Perusahaan Jasa Kirim Barang di Jepang

Setelah Anda mengetahui jenis barang apa yang akan dikirimkan, selanjutnya Anda dapat memilih perusahaan jasa kirim barang. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perusahaan jasa kirim barang di Jepang.

Yamato Transport
Yamato Transport, Jasa Kirim Barang di Jepang
Sumber: Wikimedia Commons

Yamato Transport terkenal dengan logo kucing hitamnya atau disebut juga kuroneko dalam bahasa Jepang.

Jenis servis

Berikut ini adalah jenis servis pengiriman barang di Jepang yang ditawarkan oleh Yamato Transport.

Individu

Jenis layanan pengiriman barang pertama yang ditawarkan oleh Yamato Transport yaitu untuk pengiriman barang yang dilakukan oleh individu atau perorangan.

Perusahaan ini melayani pengiriman barang dalam negeri dengan sistem ekspres dan menawarkan beberapa tipe barang seperti perabot rumah tangga, pindahan rumah, dan barang-barang seni seperti lukisan dan patung.

Bisnis

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan membutuhkan bantuan jasa pengiriman barang, Yamato Transport menawarkan layanan pengiriman barang untuk kebutuhan bisnis.

Layanan ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Nekopos: layanan pengiriman untuk barang berukuran kecil.
  • Kuroneko DM-Bin: layanan untuk pengiriman katalog, pamflet, dan barang-barang untuk kegiatan promosi lainnya.
  • International Cool TA-Q-Bin: layanan pengiriman dengan pendingin untuk pengiriman makanan beku secara internasional.
  • UPS Worldwide Express Saver: layanan untuk mengirimkan dokumen dan parcel penting ke lebih dari 200 negara dan area di seluruh dunia.
  • S-PAT 9am Delivery: layanan pengiriman parsel dalam kota dengan waktu penerimaan sebelum pukul 9 pagi pada hari berikutnya.

Biaya

Biaya pengiriman dapat Anda cek melalui situs resmi Yamato Transport. Dengan memasukkan informasi lokasi pengirim dan penerima beserta tipe paket, maka website tersebut akan memberikan estimasi harga jasa pengiriman barang.

Japan Post
Jasa Pengiriman JP Post
Sumber: jpgds.com

Jasa kirim barang di Jepang yang berikutnya yaitu Japan Post yang melayani pengiriman surat dan barang baik secara domestik maupun mancanegara.

Jenis servis

Jenis jasa pengiriman yang ditawarkan oleh Japan Post yaitu Standard Mail Services (letter, postcard), Letter Pack, Yu-Pack (parcel), Registered Mail, Express Mail, Delivery Date-Specified Mail, dan Domestic Delivery Postage List untuk pengiriman domestik.

Untuk pengiriman luar negeri, terdapat Express Mail Service (EMS), Letters, Postcards, dan International Parcel Post.

Biaya

Biaya pengiriman Japan Post dapat Anda cek melalui situs resmi mereka. Pada bagian check rates and delivery days, Anda dapat mengecek setiap jasa layanan yang ada seperti Letter-Post, International Parcel Post, dan Express Mail Service (EMS).

Setelah Anda memilih kebutuhan pengiriman paket Anda, Anda akan mendapatkan estimasi harga dan waktu pengiriman.

Biaya pengiriman surat standar di Japan Post berkisar mulai dari 90 yen per 25 gram dan untuk surat berukuran non-standar mulai dari harga 220 yen per 50 gram.

Rakuten Delivery
Rakuten Delivery
Sumber: Wikimedia Commons

Rakuten Delivery bergerak di bidang jasa pengiriman makanan secara online.

Rakuten Delivery mirip dengan aplikasi pengiriman barang online seperti Grab dan Go-Jek di Indonesia. Pengguna cukup memesan makanan melalui aplikasi dan pihak restoran akan mengirimkannya melalui ekspedisi online ini.

Jenis servis

Jenis pengiriman yang ditawarkan oleh Rakuten Delivery yaitu beragam makanan dari restoran dari berbagai wilayah di Jepang.

Anda juga dapat melakukan take away melalui aplikasi ini dengan cara memilih restoran yang Anda inginkan. Kemudian, Anda membuat pesanan dan pembayaran melalui Rakuten ID Anda, dan selanjutnya Anda mengambil makanan tersebut sendiri ketika makanan telah selesai dibuat.

Biaya

Biaya jasa pengiriman makanan melalui Rakuten Delivery bisa Anda cek ketika Anda membuat pesanan makanan. Kemudian, pembayaran dapat dilakukan secara online melalui Rakuten Pay.


Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai jasa pengiriman barang di Jepang beserta beberapa contoh perusahaan ekspedisi yang sering digunakan. Semoga, Anda tidak mengalami kesulitan lagi ketika ingin kirim barang di Jepang.

Baca Juga: Kirim Barang dari Jepang Lebih Mudah dengan Jasa Pengiriman Ini

 

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Leave A Comment