Mengenal Sejarah Bom Atom di Taman Perdamaian Hiroshima

Taman dan Museum Perdamaian Hiroshima

Taman Perdamaian Hiroshima dibangun untuk mengenang kejadian pahit yang pernah dialami oleh Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945, yaitu kejadian pengeboman di wilayah Hiroshima oleh tentara Amerika Serikat. Sekaligus taman ini menjadi lambang perdamaian dunia.

Taman ini terletak di tepi sungai Ota, Hiroshima dan merupakan tempat yang menjadi favorit wisatawan karena hampir lebih dari satu juta pengunjung rutin mengunjungi taman ini setiap tahunnya.

Taman dengan luas 120.000 m2 ini dulunya merupakan pusat komando militer dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa kota ini dituju sebagai sasaran pengeboman saat itu. Hampir seluruh penduduknya meninggal dan hampir seluruh bangunan hancur lebur saat peristiwa bom atom tersebut, namun pemerintah mengambil tindakan untuk tidak membangun ulang kota tersebut melainkan menjadikannya sebagai tempat memorial perdamaian.

Mengingat Peristiwa 6 Agustus 1945

Tahun 1945 merupakan tahun yang sangat berharga bagi Indonesia, karena di tahun tersebut, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya untuk yang pertama kalinya setelah beberapa tahun mengalami penjajahan.

Namun, berbeda bagi Jepang, pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota yang berada di sebelah selatan Jepang dengan jumlah penduduk 350.000 orang mengalami pengeboman yang luar biasa. Tepat pukul 08.15 pagi terdengar bunyi ledakan yang menggelegar di udara. Bola-bola api yang nampak di udara bereaksi fisi dan meleparkan energi panas dengan suhu yang mencapai 4.000 ÂșC.

Jelas saja bagaimana tidak langsung seluruh gedung hancur dan rata dengan tanah, juga dengan orang yang ada di sana, hampir lebih dari 140.000 orang meninggal secara langsung atau ada yang tidak langsung, bahkan sebagian dari mereka jasadnya sudah tidak dapat diidentifikasi lagi.

Mengenang Korban Museum Perdamaian Hiroshima

Museum Perdamaian Hiroshima

Museum Perdamaian Hiroshima merupakan fasilitas utama yang ada di taman ini. Bangunan ini dibagi menjadi dua bagian yaitu bangunan utama dan bangunan baru di sebelah timur.

Pada bangunan utama, kalian dapat mengetahui segala hal yang berkaitan dengan ledakan bom Hiroshima. Mulai dari sejarahnya hingga kesengsaraan yang muncul akibat pengeboman ini. Bahkan, ada barang-barang personal seperti pakaian, sepeda, sandal, tas yang habis terbakar akibat dari peristiwa pengeboman, terpajang rapi di museum ini.

Tak hanya itu, di bangunan utama, kalian juga bisa menyaksikan video keluarga-keluarga yang selamat dari peristiwa ini. Di sini, juga ditunjukkan bagaimana pemerintah memberi terapi kepada anak-anak yang mengalami peristiwa peledakan agar tidak merasa ketakutan lagi.

Adanya museum ini bertujuan sebagai pengingat bahwa adanya perang itu sangat merugikan bagi banyak orang, sehingga sebaiknya kita jauhi peperangan dan kita rangkul perdamaian agar seluruh umat manusia merasa tenang.

Berbeda di bangunan di sisi timur, di sini lebih terfokus pada 3 bangunan yang tersisa setelah terjadi ledakan. Salah satunya adalah replika Atomic Bomb Dome. Berbeda dari bangunan utama, adanya bangunan di sisi timur ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Hiroshima mampu bangkit dari kesengsaraan. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai pembangunan sekolah, stasiun kereta, pelabuhan, bahkan jalan juga diperbaiki dengan baik.

Taman Perdamaian Hiroshima

Perlu diketahui juga bahwa di antara museum dan Atomic Bomb Dome terdapat sebuah tugu. Tugu lengkung ini ditujukan untuk mengenang para korban yang meninggal baik karena ledakan atau karena paparan radiasi saat peristiwa tersebut.

Di bawah tugu lengkung, terdapat sebuah batu yang tertuliskan nama-nama korban yang ada lebih dari 220.000 jiwa. Setiap tahunnya pasti diadakan upacara dan pada pukul 08.15 tepat dilakukan hening cipta untuk mengenang peledakan bom atom.

Akses Menuju Taman Perdamaian Hiroshima

Dari stasiun Hiroshima kalian bisa naik trem nomor 2 atau 6 kemudian berhenti di halte Genbaku-Domu dengan lama perjalanan selama 15 menit. Ongkos dari transportasi ini adalah 160 yen. Selanjutnya, kalian dapat berjalan kaki selama 5 menit untuk menuju taman ini.


Itulah tempat wisata yang mengingatkan kita dengan peristiwa kelam jatuhnya bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Bagaimana? Apa kalian tertarik untuk berkunjung ke Taman Perdamaian Hiroshima ini? Pasti banyak sejarah yang bisa kalian pelajari.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.




Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?