Menikmati Keindahan Warna-Warni Iluminasi Cahaya di Jepang

Kobe Luminare

Musim dingin di Jepang selalu khas dengan iluminasi cahaya warna-warninya. Hampir setiap wilayah selalu memiliki spot tertentu untuk dihias menggunakan lampu warna-warni yang menakjubkan. Iluminasi cahaya ini menjadi atraksi baru bagi wisatawan yang mengunjungi Jepang.

Biasanya, iluminasi cahaya ini diselenggarakan di sekitar bulan November dan Desember, dimana sekaligus sebagai perayaan natal dan tahun baru. Tak hanya di Tokyo saja, namun ada wilayah lain seperti Kobe, Kanagawa, Sendai, Nagoya yang juga memiliki spot iluminasi cahaya sendiri dan tentunya tak kalah menawan.

Iluminasi Cahaya di Jepang

Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa spot iluminasi yang terkenal di Jepang yang bisa anda kunjungi saat tour ke jepang.

1. Kobe Luminare

Kobe Luminare merupakan salah satu iluminasi cahaya tertua yang diadakan di Jepang. Sekitar sejak tahun 1995, Kobe sudah menyelenggarakan festival cahaya ini. Dengan model dan karakteristik yang didesain oleh seniman Jepang dan Italia, akan membuat malam hari di Kobe begitu menyenangkan.

Pertunjukan cahaya di Kobe juga diperuntukkan bagi para korban gempa beberapa tahun silam serta untuk memberikan harapan agar segera pulih dari keterpurukan.

2. Sendai Pageant of Starlight
Sendai Pageant of Starlight
Sumber: en.re-tohoku.jp

Iluminasi cahaya yang ada di Sendai ini berada di sepanjang Jalan Jozenji-Dori. Di sepanjang jalan ini, pohon-pohon keyaki (Zelkova) dihiasi lampu LED sehingga nampak sangat terang dan indah.

Tak ketinggalan, beberapa area bermain seperti mini ice skating atau pohon natal raksasa juga ditampilkan di Taman Kotodai. Iluminasi cahaya di Sendai ini hanya memiliki waktu pertunjukan yang singkat yaitu pertengahan hingga akhir bulan Desember.

3. Sagamiko Illumillions

Sagamiko Illumillions adalah sebuah pertunukan iluminasi cahaya yang terletak di Kanagawa. Pertunjukan ini diselenggarakan di Danau Sagami Resort dan menjadikannya sebagai iluminasi cahaya terbesar di wilayah Kanto.

Hampir keseluruhan bukit dipenuhi dengan lampu LED warna-warni, dengan lampu animasi yang menjadi daya tarik pengunjung. Pertunjukan ini akan dimulai pada bulan November hingga bulan April.

Sagamiko
Sumber: liburankejepang.com
4. Nabana No Sato


Nagoya juga tak ketinggalan, salah satu spot andalannya yaitu di taman bunga, Nabana No Sato. Salah satu atraksi cahaya yang terkenal adalah pada salah satu ladang yang bertransformasi menjadi lautan lampu.

Memiliki berbagai pertunjukan animasi cahaya, spot favorit yaitu terowongan juga dihiasi oleh lampu-lampu LED. Nabana No Sato akan hadir pada bulan Oktober hingga Mei.

Nabana No Sato
Sumber: id.japantravel.com
5. Osaka Illuminage

Osaka Illuminage juga cukup terkenal dan dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk menikmati pemandangan iluminasi cahaya saat musim dingin. Pertunjukan ini berada di Taman Kastil Osaka yang berlangsung sejak bulan November dan biasanya berakhir di bulan Maret. Kalian akan merasakan keindahan 3 juta lampu LED dengan tema tertentu.

6. Marunochi Illumination

Kembali ke Tokyo, yaitu di Jalan Marunochi yang terletak berdekatan dengan Stasiun Tokyo juga memiliki pertunjukan iluminasi cahaya. Sepanjang jalan akan dihiasi oleh pohon-pohon yang dihiasi oleh lampu yang bercahaya.

Uniknya, di Marunochi Illumination ini, menggunakan lampu dengan energi yang dihasilkan oleh angin dan tenaga surya, sehingga pastinya ramah lingkungan. Pertunjukan ini biasa diadakan sejak bulan November hingga Februari.

7. Ashikaga Flower Fantasy
Ashikaga
Sumber: id.zekkeijapan.com

Iluminasi cahaya Ashikaga Flower berada di wilayah Kanto. Seperti yang diketahui, bahwa Ashikaga merupakan taman bunga yang terkenal di Tochigi. Untuk memberikan tampilan yang menarik, mereka memberikan hiasan lampu LED warna-warni.

Tak ketinggalan pertunjukan cahaya yang diiringi dengan musik serta atraksi lampu gantung yang menawan. Ashikaga Flower Fantasy berlangsung pada bulan November hingga Februari.

8. Tokyo Dome City

Tokyo Dome juga menyediakan pertunjukan iluminasi cahaya dan koleksi lampu yang tidak kalah menakjubkan. Termasuk juga terdapat model tiruan dome (kubah) dengan tinggi 10 hingga 12 meter yang diberi nama Galaxy Dome.

Tokyo Dome City
Sumber: timeout.com

Untuk menuju ke Tokyo Dome City, dapat diakses dengan mudah melalui stasiun yang ada di dekatnya yaitu Stasiun Suidobashi, Stasiun Korakuen, atau Stasiun Kasuga.

9. Caretta Shiodome

Masih ada satu spot iluminasi cahaya yang juga terkenal di Tokyo, yaitu di Shiodome. Carettta Shiodome adalah nama dari pertunjukan iluminasi cahaya yang ada di sini. Menariknya, iluminasi cahayanya menggunakan gedung-gedung sebagai proyeksi cahaya yang diiringi dengan lagu sehingga terasa sangat syahdu.

10. Tottori Sakyu Illussion

Jika Tottori Sakyu terkenal akan hamparan pasir yang luas, maka pada musim dingin, mereka akan menawarkan hal lainnya yaitu pertunjukan lampu warna-warni. Pertunjukan iluminasi lampu di Tottori tergolong unik karena mengombinasi lampu dan pasir yang akan diproyeksikan ke arah bukit. Iluminasi cahaya ini berlangsung selama bulan Desember.

Tottori Sakyu Illussion
Sumber: japan-magazine.jnto.go.jp

Menarik kan 10 tempat wisata iluminasi yang disebutkan di atas? Jadi, kalau kalian berlibur ke Jepang, jangan sampai lewatkan tempat wisata ini ya.

Sumber: japancheapo.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?