Menikmati Onsen di Beppu Jigoku

beppu jigoku Photo: Fredrik Rubensson/Creative Commons

Jika Anda ingin melepas penat dengan cara merendamkan diri di onsen maka pastikan bahwa saat Anda berkunjung ke Jepang mengunjungi wilayah Beppu Jigoku ini. Kota ini merupakan salah satu kota yang bisa diadu dengan jajaran kota resort onsen termegah di Jepang lainnya, seperti Kinugawa Onsen di Nikko dan Kinosaki Onsen di tepi laut Prefektur Hyogo.

Kota Beppu ini letaknya ada di Prefektur Oita dan menampung banyak mata air panas. Saking banyaknya sampai menimbulkan pemandangan berupa kepulan asap yang keluar dari berbagai titik. Karena pemandangan ini mirip dengan kepulan asap dari api maka wilayah dini dikaitkan dengan neraka dalam legenda Jepang, yang menyebabkan istilah Jigoku atau neraka, disematkan untuk Beppu. Air panas yang mendidih ini akan menyemburkan airnya dari tanah dan menarik perhatian pengunjung. Berfoto dengan latar belakang semburan air panas pasti akan terlihat keren, bukan?

Delapan titik Beppu Jigoku tersebar ke dalam dua distrik yang bisa dikunjungi. Penyebarannya ada enam di Distrik Kannawa dan dua lainnya ada di Distrik Shibaseki. Daftar Beppu Jigoku di bawah ini tidak merujuk kepada mata air panas yang bisa dimanfaatkan sebagai onsen karena suhu airnya yang sangat tinggi. Namun, wisatawan tetap bisa mengunjungi untuk sekadar melihat dan mengambil foto karena warnanya yang unik. Berikut adalah daftar Beppu Jigoku di Distrik Kannawa:

  1. Umi Jigoku

Usia Jigoku ini sangat tua karena sudah ‘merebus air’ sejak 1300 tahun yang lalu. Jigoku ini menyediakan opsi santapan berupa telur rebus ataupun Jigoku puding yang dibuat langsung dengan uap panas, yang bisa dicicipi sambil merasakan pemandian air panas kaki. Umi Jigoku dijuluki Neraka Biru karena warna air panasnya yang biru. Untuk menikmati hangatnya Umi Jigoku, wisatawan perlu membayar sebesar ¥400.

  • Shiraike Jigoku

Shiraike Jigoku menampung air panas yang berwarna putih dan biru. Atraksi wisata yang bisa dilihat ketika di jigoku ini adalah akuarium besar di sekitar Shiraike Jigoku, yang berisi ikan piranha dan ikan-ikan air tawar lainnya.

  • Oniishibosu Jigoku

Jigoku ini mendidihkan gelembung lumpur yang muncul akibat uap panas di bawahnya. Lingkaran-lingkaran lumpur tersebut terlihat seperti kepala botak yang habis dicukur. Tersedia tempat untuk merendamkan kaki dan onsen publik  di kawasan Jigoku ini.

  • Kamado Jigoku

Nama lain Jigoku ini adalah ‘neraka untuk memasak’ karena adanya patung setan atau iblis berwarna merah yang sedang memegang panci, sehingga terlihat menyerupai koki. Air panas dari Kamado Jigoku dimanfaatkan untuk membuat makanan ringan, seperti telur dan kue yang dikukus dengan air panas. Makanan ringan ini tentunya bisa dicicipi oleh wisatawan ketika mampir ke Jigoku ini.

  • Oniyama Jigoku

Jigoku ini menjadi tempat tinggal bagi ratusan buaya dan aligator. Buaya dan aligator ini berasal dari penangkaran buaya yang sudah ada sejak zaman Taisho atau sekitar tahun 1912. Banyaknya buaya yang menetap di sini membuat Onimaya Jigoku kerap disebut sebagai ‘neraka buaya’. Pengunjung yang tertarik untuk menyaksikan atraksi makan para buaya bisa melihatnya di akhir pekan pada pukul 10.00 dan 14.30 atau di hari Rabu pukul 10.00 waktu setempat.

  • Yama Jigoku
Yama Jigoku, Sumber : Japanhoppers.com

Uap panas Yama Jigoku bisa dilihat keluar dari puncak gunung, sehingga Jigoku ini disebut juga sebagai ‘gunung neraka’. Penduduk Beppu di sekitar Yama Jigoku juga menjalankan kebun binatang lokal sendiri yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Terdapat sekitar 20 spesies yang bisa dijumpai, seperti kuda nil, monyet, flamingo, hingga gajah Afrika. Kebun binatang ini biasanya ramai dengan anak-anak kecil dari sekitar Beppu dan Oita.

Dua Jigoku di Distrik Shibaseki

  1. Chi ne Ike Jigoku

Walaupun letak jigoku ini jauh dari pusat Kota Beppu, semburan air panasnya yang bisa mencapai ketinggian 50 meter mampu menarik pengunjung untuk mencapai Chi ne Ike Jigoku. Selain tingginya semburannya yang tinggi, warna merah air panas Chi ne Ike Jigoku juga menjadi daya tarik salah satu mata air panas di Distrik Shibaseki ini.

  • Tatsumaki Jigoku

Dari delapan jigoku di Kota Beppu, Tatsumaki Jigoku adalah satu-satunya mata air panas yang berada di bawah status aset alam spesial Kota Beppu. Mata air panas ini menyemburkan air panas yang tingginya bisa mencapai 50 meter setiap 30-40 menit. Semburan air panas Tatsumaki Jigoku juga bisa bertahan hingga 10 menit seperti air mancur, memberikan kesempatan lebih lama bagi pengunjung berfoto dengan latar belakang semburan air panas.

Akses ke Beppu Jigoku

Enam jigoku yang berada di Distrik Kannawa bisa ditempuh dengan bus Kamenoi nomor 5,7, dan 9 yang berangkat dari Stasiun Beppu menuju terminal bis Kannawa. Dari terminal bis Kannawa, wisatawan bisa berjalan kaki untuk mencapai keenam jigoku yang ada.

Untuk sampai ke Distrik Shibaseki, wisatawan bisa naik bis Kamenoi nomor 16 atau 16A dari Terminal Bis Kannawa menuju halte bis Shibaseki. Jika sudah tiba di halte bis Shibaseki, wisatawan bisa berjalan kaki ke Chinoike dan Tatsumaki Jigoku karena jaraknya yang tidak jauh.

Wisatawan yang ingin berwisata dengan simple tanpa harus merogoh kocek setiap menaiki moda transportasi dalam perjalanan ke Beppu Jigoku, bisa membeli Kamenoi Bus Pass seharga ¥900 yang menutupi semua ongkos perjalanan dengan bis Kamenoi selama satu hari. Jika ingin dikombinasikan agar tidak perlu membeli tiket masuk ke delapan jigoku, tersedia juga Tiket All-in-Pass Jigoku seharga ¥2000. Namun, jika hanya berencana untuk mengunjungi beberapa jigoku saja, membeli tiket satuan adalah opsi yang direkomendasikan.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?