Panduan Wisata di Fort Goryokaku

Fort Goryokaku

Jika Anda sedang mencari tempat wisata yang menawarkan pesona sejarah di Hokkaido, Fort Goryokaku adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Berlokasi di Kota Hakodate, fort ini merupakan sebuah bangunan peninggalan bersejarah yang dibangun pada era Edo. Fort Goryokaku juga memiliki bentuk unik, yakni berbentuk bintang dengan lima sudut yang sama panjang. Artikel ini akan memberikan panduan wisata di Fort Goryokaku, termasuk informasi tentang sejarah, fasilitas, dan kegiatan yang dapat dilakukan di sana.

Fort Goryokaku merupakan obyek wisata sangat populer di Hakodate. Benteng ini dibentuk selaku tempat pemerintahan regional sekalian benteng proteksi dari perang sipil yang terjalin di tahun 1860-an. Sehabis perang sipil di daerah Hakodate berakhir, benteng ini dibuka buat umum semenjak tahun 1910. Benteng ini setelah itu mendapatkan ketenarannya sebab bentuk bintang dengan kanal di sekelilingnya yang begitu unik.

Sejarah Fort Goryokaku

Fort Goryokaku dibangun pada tahun 1855 oleh pemerintah Jepang untuk melindungi wilayah Hakodate dari invasi asing. Bentuk bintang yang unik dari fort ini memungkinkan para prajurit untuk melindungi setiap sudut dari serangan musuh. Pada tahun 1869, pertempuran besar terjadi di sini antara pasukan pemerintah dan pasukan Shogun. Setelah pemerintah Jepang menang, fort ini kemudian digunakan sebagai pusat pelatihan militer dan diubah menjadi taman di tahun 1914.

Fasilitas di Fort Goryokaku

Fort Goryokaku menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin mengenal lebih jauh tentang sejarah dan kebudayaan Jepang. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di sana:

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

1. Museum Fort Goryokaku

Museum Fort Goryokaku menampilkan berbagai benda-benda bersejarah dan dokumentasi mengenai sejarah fort ini. Museum ini terdiri dari tiga lantai dan terdapat pula ruang peragaan untuk menunjukkan kehidupan di masa lalu. Tiket masuk museum ini hanya seharga 300 yen.

2. Taman Fort Goryokaku

Taman ini merupakan area yang sangat luas dan sangat populer di antara pengunjung. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan indah dari fort yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang. Di sepanjang taman juga terdapat jalan setapak yang cocok untuk berjalan-jalan atau bersepeda.

3. Observatory Tower

Observatory Tower adalah menara pengamat yang dibangun di bagian tengah taman. Dari atas menara, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari fort yang mempesona.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Fort Goryokaku

Sehabis benteng ini dibuka buat umum, pemerintah kota Hakodate menanam ribuan tumbuhan sakura di sepanjang pinggir kanal. Perpaduan antara wujud bintang yang unik, permukaan air kanal, serta pohon-pohon sakura di sepanjang kanal membuat Fort Goryokaku jadi tempat hanami terbaik yang terdapat di Hakodate. Dikala awal musim semi tiba (dekat bulan Mei), terdapat lebih dari setengah juta wisatawan yang tiba serta melihat mekarnya bunga sakura di sini. Seperti di Taman Chidorigafuchi di Tokyo, kita dapat menyewa sampan buat menyusuri kanal sembari menikmati keelokan sakura.

Pohon sakura mekar di Fort Goryokaku
Pohon sakura mekar di Fort Goryokaku

Panorama alam di sini tidak cuma dapat dinikmati di musim semi. Di musim panas, dedaunan akan berwarna hijau cerah. Setelah itu di musim gugur, dedaunan hendak berganti warna jadi kuning kemerahan. Serta di musim dingin, pepohonan hendak bercorak putih tertutup salju. Ditambah dengan pencahayaan iluminasi musim dingin, panorama Fort Goryokaku jadi sangat mengesankan. Tidak kelewatan bila berkata Fort Goryokaku merupakan tempat terbaik buat dapat menikmati segala musim yang terdapat di Jepang.

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Fort Goryokaku Sakura, Anda dapat menikmati menu barbekyu tradisional Hokkaido. Anda dapat membeli “Goryokaku Ohanami Plan,” yang telah tercantum segala bahan serta perlengkapan buat mengadakan barbekyu sendiri di taman. Menunjukkan domba Genghis Khan Mongolia style Hokkaido yang populer bersama dengan sahabat pasti jadi aktivitas yang tidak terlupakan.

Melihat Iluminasi musim dingin “Star Illumination“

Tiap tahun mulai dari akhir bulan November sampai akhir Februari, selama musim dingin, kolam air di bagian luar benteng Fort Goryokaku hendak dihiasi lebih dari 2.000 lampu yang menerangi langit malam. Bila naik ke tower observasi, kita dapat memandang keelokan sempurna iluminasi musim dingin berupa bintang khas benteng Fort Goryokaku.

iluminasi musim dingin Fort Goryokaku
iluminasi musim dingin Fort Goryokaku

Mendatangi Bugyosho di tengah-tengah benteng

Pas di tengah benteng berupa bintang ini, Anda dapat mendatangi Bugyosho yang dahulu sempat jadi kantor pemerintahan regional Jepang utara. Saat ini, bangunan ini telah dipugar serta dijadikan museum. Ruangan kantor lengkap dengan perabotan serta riasan pemerintahan, begitu pula dengan ruang rapat ataupun pertemuan. Di sekitar bangunan ini, terdapat taman luas yang ditumbuhi pepohonan rimbun serta bunga-bunga yang menawan.

Naik ke Tower Goryokaku

Saat berkelana di pinggir kanal ataupun ke Bugyosho, Anda tidak akan merasakan gimana indahnya bentuk bintang dari benteng Goryokaku. Anda wajib naik ke tower observasi Goryokaku setinggi 107 m yang terletak di barat benteng. Dari puncak tower, Anda bisa melihat keelokan bentuk benteng lengkap dengan pepohonan serta kanal yang mengelilinginya. Suatu pengalaman yang tidak terlupakan. Di lantai 1 serta 2 tower, terdapat sebagian toko yang menjual makanan ringan semacam es krim serta kue, cafe yang sediakan minuman, serta pula toko oleh-oleh.

Tower Goryokaku
Tower Goryokaku

Tips Berkunjung ke Fort Goryokaku

Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin berkunjung ke Fort Goryokaku:

  1. Datanglah pada musim semi saat bunga sakura mekar agar Anda dapat menikmati keindahan bunga sakura di taman.
  2. Jangan lupa membawa kamera karena Anda akan menemukan banyak spot foto yang indah di sekitar fort.
  3. Pilihlah waktu kunjungan yang tepat. Fort Goryokaku buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore, dengan jam terakhir untuk masuk ke dalam area pukul 5.30 sore.
  4. Jika Anda ingin menyewa kostum Samurai, sebaiknya datang pada pagi hari karena biasanya kostum tersebut sangat diminati oleh pengunjung.
  5. Pastikan untuk membeli suvenir khas Fort Goryokaku yang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan.

Akses ke Fort Goryokaku

Dari Stasiun Hakodate, sahabat naik trem serta turun di terminal Goryokaku Koen-Mae. Ekspedisi sepanjang 10 menit dengan ongkos 230 yen. Dari terminal ini, kita tinggal berjalan kaki 15 menit hingga ke Fort Goryokaku. Harga tiket masuk benteng Fort Goryokaku gratis. Tetapi bila mau naik ke tower observasi Goryokaku, wajib membayar tiket 840 yen.

Kesimpulan

Fort Goryokaku adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pesona sejarah yang begitu kental. Dengan bangunan peninggalan bersejarah yang berbentuk bintang dan luasnya taman yang hijau, Fort Goryokaku menyajikan pengalaman yang unik dan berbeda dari tempat wisata lainnya di Hokkaido. Dengan berbagai fasilitas dan kegiatan yang tersedia, Fort Goryokaku cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

FAQ

  1. Apakah Fort Goryokaku bisa dicapai dengan transportasi umum? Ya, Fort Goryokaku dapat dicapai dengan bus dari pusat Kota Hakodate.
  1. Berapa biaya tiket masuk ke museum Fort Goryokaku? Tiket masuk museum Fort Goryokaku seharga 300 yen.
  1. Apakah di Fort Goryokaku tersedia makanan dan minuman? Ya, di Fort Goryokaku terdapat beberapa kedai makanan dan minuman yang menyediakan makanan dan minuman khas Jepang.
  1. Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Fort Goryokaku? Waktu terbaik untuk berkunjung ke Fort Goryokaku adalah pada musim semi saat bunga sakura mekar.
  1. Apakah di Fort Goryokaku tersedia fasilitas parkir mobil? Ya, di Fort Goryokaku terdapat area parkir mobil yang luas dan aman.
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi form berikut!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Ingin Liburan ke Jepang? coba Paket Tour Jepang dari Tanogaido. Silahkan menghubungi kami melalui kontak whatsapp yang tersedia untuk info detailnya.

Tinggalkan komentar

Informasi Terbaru :

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Translate »
Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?