Tentang Hanami dan Jadwalnya

Tentang Hanami dan Jadwalnya

Halo Sobat Tanogaido, kalian sudah tentu sering mendengar tentang Hanami bukan. Nah, artikel kita kali ini akan membahas seputaran tradisi Jepang satu ini.

Hanami adalah sebuah tradisi masyarakat Jepang menyambut musim semi dengan tujuan menikmati mekarnya bunga sakura. Arti kata hanami atau ohanami sendiri yakni melihat bunga.

Ada juga yang menyebut jika hanami merupaka singkata dari Hana wo miru yang berarti festival bunga sakura.

Tradisi ini sendiri banyak dilakukan masyarakat Jepang pada periode Nara. Dulu, hanami tidak menikmati mekarnya bunga sakura, melainkan buga plum. Pada perkembangannya, bunga sakura menjadi sangat menarik sehingga orang beralih.

Satu hal juga yang mendasari tradisi ini yakni bunga sakura digunakan sebagai petanda waktu berkumpul tahunan, juga musim berkembangnya padi petani. Masyarakat di Jepang percaya Essence of God di pohon ceri yang memberikan kontribusi pada kehidupan. Itulah kemudian masyarakat banyak yang merayakannya.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Kapan Dilaksanakannya Hanami?

Sesuai dengan artinya, hanami dilaksanakan ketika bunga sakura mekar. Nah, pada 2023 ini, hanami akan dilaksanakan masyarakat Jepang tidaklah serentak.

Sebab, jadwal sakura mekar untuk setiap daerah berbeda – beda. Ada yang akan melaksanakan hanami pada Maret, April, dan juga pada bulan Mei.

Pada bulan – bulan inilah orang akan melaksanakan tradisi hanami. Dimana orang akan berkumpul di bawah pohon sakura bersama dengan keluarga dan juga rekan.

Bagaimana Cara Ikut Merayakan Hanami?

Jika Anda berada di Indonesia dan ingin berpartisipasi dalam hanami, tentu harus berangkat ke Jepang pada waktu bunga sakura mekar. Sebab, hanami dilaksanakan ketika itu.

Setiap orang bisa berpartisipasi dalam hanami. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam mengikutinya.

Apa Saja yang Dipersiapkan Untuk Mengikuti Hanami?

Jika Anda ingin ikut dalam tradisi hanami, Anda harus menyiapkan dua hal yang penting. Seperti yang juga disiapkan masyarakat Jepang pada umumnya.

  • Pertama, Anda harus membawa tikar atau alas duduk di bawah pohon sakura. Anda bisa duduk dan berbaring menikmati keindahannya sambil bercengkrama. Umumnya, masyarakat Jepang membawa tikar yang berwarna pink dan biru.
  • Kedua, Anda harus membawa bekal. Ini wajib dong, saat santai harus ditemani dengan makanan serta cemilan. Umumnya masyarakat Jepang ketika hanami membawa bekal makanan tradisional.
  • Ketiga, Anda tentu ingin mengabadikan momen yang berkesan ini. Siapkan kamera dan rekam setiap momen bersama keluarga selama hanami.

Bunga Sakura Apa Saja yang Mekar Ketika Musim Semi

Terkait dengan hanami, perlu kita ketahui jika Jepang merupakan rumah bagi sedikitnya 600 jenis bunga sakura. Pohon sakura sendiri dibagi dengan beberapa kategori lagi, seperti yang tumbuh di gunung, bukit, dan hutan liar. Ada juga yang merupakan hasil silang antara pohon sakura satu dengan yang lainnya.

Untuk jenis yang mekar di musim semi, ada tiga jenis. Masing – masing :

  • Jenis bunga sakura Someiyoshino. Ini merupakan yang paling banyak dijumpai di Jepang, bunga sakura ini dikembangkan di Tokyo sekitar 1860.
  • Jenis bunga sakura Satozakura. Untuk jenis ini memiliki ciri khusus seperti kelopak bunga yang bertumpuk sehingga tampak indah.
  • Jenis bunga sakura Shidarezakura. Untuk yang satu ini, memiliki ciri batang cabangnya menggantu ke bawah, juga waktu mekarnya lebih cepat dari jenis yang lainnya.

Ini beberapa jenis bunga sakura yang bisa dinikmati pada tradisi hanami di Jepang.

Jika Anda tertarik liburan ke Jepang untuk mengikuti tradisi hanami ini, harus membuat jadwal mulai dari sekarang. Anda bisa mencocokkan jadwal liburan Anda dengan jadwal bunga sakura mekar 2023.

Untuk jadwal lengkapnya sendiri, Anda bisa melihat di artikel lainnya. Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa agen travel untuk liburan ke Jepang, Tanogaido menjadi pilihan terbaik.

Selain biayanya murah, Anda juga akan diberikan fasilitas yang mewah. Cukup kontak admin untuk konsultasi, lalu sesuaikan jadwal keberangkatan.

Ada beberapa paket tour yang bisa Anda pilih dengan Tanogaido. Dimana semua keperluan keberangkatan Anda juga akan diurus dengan baik, seperti pengurusan visa Jepang dengan cepat. (*)

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)