Informasi dan Aktivitas Menarik Di Stasiun Shibuya

Shibuya Station

Stasiun Shibuya (Shibuya Station) adalah salah satu stasiun kereta api terbesar dan tersibuk di Tokyo, Jepang. Stasiun ini menjadi titik pemberhentian utama bagi banyak kereta api dan jalur subway, serta merupakan gerbang utama ke Shibuya, daerah perbelanjaan dan hiburan yang populer di Tokyo.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui informasi yang tepat waktu dan akurat tentang stasiun shibuya agar perjalanan Anda menjadi lebih mudah dan nyaman.

Panduan dan Informasi Saat Mengunjungi Stasiun Shibuya: Transportasi, Belanja, Hiburan, dan Kuliner

Stasiun Shibuya pertama kali dibuka pada tahun 1885 sebagai stasiun kecil dengan nama Shibuya-Nichōme. Namun, seiring dengan perkembangan kota Tokyo, stasiun ini terus diperluas dan ditingkatkan. Pada tahun 1925, Shibuya Station menjadi stasiun kereta api elektrik pertama di Tokyo, dan pada tahun 1938, stasiun ini menjadi stasiun transfer penting bagi jalur kereta api Tokyo.

Pada masa Perang Dunia II, stasiun shibuya hancur akibat serangan bom sekutu. Namun, setelah perang, stasiun ini dibangun kembali dan semakin berkembang sebagai salah satu stasiun kereta api paling ramai di Tokyo. Pada tahun 2003, stasiun shibuya mengalami renovasi besar-besaran dan kini memiliki banyak fasilitas modern, termasuk toko-toko dan restoran.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Selain sejarahnya yang kaya, station ini juga menjadi tempat yang terkenal karena menjadi latar belakang dalam banyak film, acara televisi, dan musik video. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah persimpangan di depan stasiun yang sering disebut “Scramble Crossing” dan menjadi salah satu atraksi turis yang paling populer di Shibuya.

Patung Hachiko di Stasiun Shibuya
Patung Hachiko di Stasiun Shibuya

Fasilitas yang Ada di Stasiun Shibuya

Stasiun shibuya memiliki banyak fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas utama di stasiun ini:

  1. Toko-toko dan restoran: stasiun shibuya memiliki banyak toko-toko dan restoran di dalamnya, termasuk toko-toko bahan makanan, toko pakaian, toko buku, dan lain-lain.
  2. Area tunggu: Stasiun ini memiliki area tunggu yang luas dengan banyak kursi dan meja. Area ini juga dilengkapi dengan mesin penjual minuman dan makanan ringan.
  3. Layanan informasi dan pemesanan tiket: Terdapat layanan informasi dan pemesanan tiket di stasiun ini yang dapat membantu pengunjung dengan pertanyaan tentang rute dan jadwal kereta.
  4. Toilet: Toilet umum tersedia di beberapa lokasi di dalam stasiun.
  5. Area parkir sepeda: Stasiun ini juga memiliki area parkir sepeda untuk pengunjung yang ingin menggunakan sepeda untuk menjelajahi Shibuya.
  6. Area perbelanjaan: Di dekat stasiun, terdapat area perbelanjaan besar seperti Shibuya 109 dan Tokyu Plaza yang menawarkan berbagai macam toko-toko dan restoran.
  7. Aksesibilitas: Stasiun ini dilengkapi dengan fasilitas aksesibilitas seperti lift dan tangga berjalan untuk memudahkan pengunjung dengan mobilitas terbatas.

Dengan fasilitas yang lengkap dan beragam, stasiun shibuya merupakan tempat yang nyaman bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di sekitar Shibuya dan sekitarnya.

Hotel Terdekat Dari Stasiun Shibuya

Bagi wisatawan yang ingin tinggal di dekat Stasiun Shibuya, terdapat banyak pilihan hotel yang dapat dipilih. Beberapa hotel terdekat dengan stasiun ini antara lain:

  1. Shibuya Excel Hotel Tokyu: Hotel ini terletak tepat di atas Shibuya Station, sehingga sangat mudah diakses. Selain itu, hotel ini juga menawarkan pemandangan kota yang indah dari kamarnya.
  2. Shibuya Granbell Hotel: Hotel ini terletak sekitar 5 menit berjalan kaki dari Shibuya Station. Hotel ini menawarkan kamar yang modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran dan bar.
  3. Shibuya Tokyu REI Hotel: Hotel ini terletak sekitar 7 menit berjalan kaki dari Shibuya Station. Hotel ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan berbagai fasilitas seperti pusat kebugaran dan restoran.
  4. Tokyu Stay Shibuya: Hotel ini terletak sekitar 8 menit berjalan kaki dari Shibuya Station. Hotel ini menawarkan kamar yang modern dan dilengkapi dengan dapur kecil, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin memasak sendiri.
  5. Dormy Inn Premium Shibuya Jingumae: Hotel ini terletak sekitar 10 menit berjalan kaki dari Shibuya Station. Hotel ini menawarkan kamar yang dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang dan pusat kebugaran.

Aktifitas Menarik di Shibuya

Perempatan Shibuya
Perempatan Shibuya

1. Melihat orang-orang di Perempatan Shibuya

Banyaknya orang yang kemudian lalang di perempatan Shibuya jadi energi tarik untuk para turis. Tampak di film “Lost in Translation” membuat perempatan Shibuya ini populer di segala dunia. Diterangi oleh ratusan lampu neon dari papan iklan, dan juga dentuman suara musik keras dari speaker di atas gedung, Anda dapat melihat orang menyeberang seirama dengan lampu kemudian lintas yang berganti warna.

Anda dapat berhenti serta mengambil gambar di tengah keramaian Shibuya ataupun melihat lagu pop Jepang serta produk terkini di Jepang melalui layar tv besar. Ataupun masuk ke Starbucks Coffee di seberang jalan buat melihat keramaian orang-orang di Shibuya.

2. Kunjungi Yoyogi Park dan Kuil Meiji Jingu

Shibuya tidak hanya perempatan yang ramai, terdapat pula taman kota yang tenang serta asri. Anda bisa berteduh serta rehat sembari melihat Meiji Jingu serta berkelana di Yoyogi Park. Jika Kamu tiba tepat waktu, Anda dapat menjajaki festival musik serta kegiatan tahunan yang diadakan semacam Thailand Festival, Sri Lanka Festival, serta ada pula Indonesia Festival. Taman Yoyogi ini juga merupakan salah satu spot hanami yang populer di Tokyo.

Taman Yoyogi
Taman Yoyogi

3. Difoto bersama Arca Hachiko

Arca Hachiko merupakan maskot Shibuya serta Jepang. Arca perunggu ini terbuat sepenuhnya dari uang sumbangan para penduduk di sekitaran Shibuya. Hachiko yakni anjing setia yang menunggu tuannya kembali dari pekerjaannya. Tetapi, dikala tuannya sakit serta wafat sekalipun, Hachiko senantiasa tiba setiap hari serta menunggu tuannya. Perihal ini terus dikerjakannya sampai Hachiko wafat. Cerita menimpa Hachiko dapat Anda baca lebih lengkap di Hachi’s Story.

Arca Hachiko di pintu keluar sisi timur Shibuya Hachiko-koen senantiasa ramai serta jadi tujuan para turis. Bisa jadi dikarenakan cerita kesetiaan hewan dengan manusia yang jadi latar belakangnya. Tidak hanya itu, sebab posisinya terdapat di depan stasiun Shibuya, tempat ini senantiasa ramai serta jadi tempat janjian buat ketemu. Jadi, Anda perlu menunggu buat bisa mengambil gambar bersama arca Hachiko. Panduan dari tim Tanogaido, biar tidak bingung dan juga tersesat, setibanyanya di Shibuya Station, keluar dari Hachiko Exit.

Arca Hachiko
Arca Hachiko

Akses Menuju ke Stasiun Shibuya

Akses mengarah Shibuya sangat gampang, sebab Shibuya tersambung dengan sebagian line kereta. Berikut merupakan akses mengarah Shibuya Station.

1. JR Line

  • JR Yamanote Line Shibuya station untuk Anda yang dari Shinjuku, Ueno, serta Tokyo
  • JR Saikyo Line Shibuya station, untuk Anda yang dari Ikebukuro ataupun wilayah Saitama
  • JR Shonan Shinjuku Line Shibuya station, untuk Anda yang dari Yokohama serta Kawasaki

2. Shitetsu (Private Railway Company)

  • Tokyo Metro Ginza Line Shibuya Station (menghubungkan Shibuya serta Ginza)
  • Tokyo Metro Hanzōmon Line Shibuya Station (menghubungkan Shibuya serta Tokyo Skytree)
  • Tokyo Metro Fukutoshin Line Shibuya Station (menghubungkan Shibuya serta Ikebukuro Station)
  • Tōyōko Line Shibuya Station (menghubungkan Shibuya serta Yokohama Station)
  • Kereta Den-en-toshi Line mengarah Shibuya.
  • Kereta Inokashira Line mengarah Shibuya.

Stasiun Shibuya merupakan salah satu stasiun kereta api tersibuk di Tokyo yang menjadi pusat transportasi penting dan juga tujuan wisata yang populer. Dalam artikel ini, kita telah membahas sejarah, fasilitas, transportasi, aktivitas, dan hotel terdekat dengan Shibuya Station. Dari informasi yang tim Tanogaido diberikan, dapat disimpulkan bahwa Shibuya Station adalah lokasi yang sangat penting dan memiliki banyak hal yang dapat dilakukan di sekitarnya.

Punya pertanyaan? Langsung aja tulis dikolom komentar yah, nanti tim Tanogaido akan segera menjawab!

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)