4 Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Pada Musim Dingin Di Jepang

Musim dingin di jepang

Musim dingin di jepang berlangsung pada bulan desember sampai februari. Negara sakura ini memiliki pulau yang terbentang dari utara ke selatan. Maka dari itu, saat musim dingin cuacanya akan berbeda setiap wilayah. Misalnya daerah selatan suhunya akan lebih hangat sedangkan di utara dengan tumpukan salju yang lebat.

Walaupun suhu dingin, kamu masih bisa menikmati beberapa kegiatan yang dapat dilakukan pada musim dingin di jepang.

Kegiatan Menarik Saat Musim Dingin Di Jepang

Ada beberapa festival dan kegiatan unik pada musim dingin yang akan dilakukan pada akhir hingga awal tahun.

Nah,baiklah inilah kegiatan yang dapat dilakukan pada musim dingin di jepang berikut ini.

1. OMISOKA

Di jepang, hari terakhir setiap bulan disebut dengan MISOKA dan tanggal 31 desember yang merupakan hari terkahir disebut Omisoka. Setelah diseibukan dengan persiapan pada tahun baru, orang jepang bisanya akan beristirahat dan berkumpul bersama keluarga sambil menyantap Toshikoshi soba pada malam tahun baru.

Kegitan yang dapat dilakukan pada musim dingin di jepang yaitu omisoka kegiatan pada persiapan malam tahun baru. Dalam tradisi tersebut, orang jepang biasanya berdoa untuk meminta agar selalu panjang umur ibaratkan seperti mie soba yang bentuknya panjang.

Biasanya kegiatan ini dirayakan setiap kuil Shinto atau kuil Buddha. Pada halaman kuil Shinto, kepala pendeta kuil akan menyalakan api sepanjang malam dan melakukan penyucian dosa. Kegitan ini biasanya disebut dengan “Ooharae”.

Sedangkan kuil Buddha pada pukul 00.00 para pendeta akan melakukan ritual membunyikan “Joya no Kane” ( sebuah lonceng malam tahun baru) sebanyak 108 kali.

2. NAMAHAGE

Kegiatan yang dapat dilakukan pada musim dingin di jepang yaitu Namahage atau monster. Sebuah tradisi lokal yang dilakukan di kota Oga, kota katagami dan daerah lainnya yang berada di prefektur akita. Monster tersebut sebenarnya seorang pemuda yang menggunakan pakaian monster kemudian topeng moster besar, sambil membawa pisau atau alat lainnya dan berpenampilan seram, kemudian mendatangi rumah penduduk untuk dibersihkan dari roh jahat sambil bertanya “ Apakah disini ada anak nakal?”

Kegiatan yang dapat dilakukan pada musim dingin di jepang ini sudah tersebar luas dan dilaksanakan di daerah bersuhu dingin lainnya seperti Prefektur Aomori, Prefektur Iwate, Prefektur Niigata dan Prefektur Ishikawa. Akan tetapi, yang paling populer yaitu kegiatan “ Namahage” yang berada di Prefektur Akita.

3. SETSUBUN

Kegiatan yang dapat dilakukan pada musim dingin di jepang yaitu Setsubun yang berarti hari pembatas musim. Pada zaman dahulu, setsubun ini digunakan sebagai penyambut hari pertama mulainya musim yang baik seperti musim semi, panas, gugur dan musim dingin.

Saat setsubun dilakukan ada sebuah ritual tradisional yang dinamakan sebagai “Mame Maki” untuk pengusiran roh  jahat yang ada dalam rumah. Kacang kedelai yang sudah dipanggang dijadikan sebagai saranan dalam mengusir roh jahat dengan cara menyebarkan sambil berkata “ Oni wa soto, fuku wa uchi” ( keluarlah roh jahat, datanglah keberuntungan).

4. Sapporo Yuki Matsuri

Festival salju sapporo merupakan kegiatan yang dapat dilakukan pada musim dingin di jepang yang dilaksanakan setiap tahunnya sekitar awal februari di kota sapporo, hokkaido yang diadakan “Sapporo Yuki Matsuri”. Biasanya perayaan ini dilaksanakan di taman odori yang memiliki panjang 1,5 km dan membentang dari barat ke timur pada pusat kota sapporo, ada lebih dari 100 buah patung es dan salju dalam berbagai ukuran yang akan dipamerkan.

Patung tersebut telah dibuat menggunakan salju putih bersih dan es bening. Tak lupa pula hiasan lampu yang sangat luar biasa dan menghiasi taman pada malam hari pun telah dipasang.

Inilah kesempatan bagi kamu yang ingin merasakan budaya tradisional jepang. gimana sudah tahukan kegiatan yang dilakukan pada musim dingin di jepang, jadi saat kamu berada di jepang untuk berlibur jangan lewatkan yah kegiatan yang ada di negara sakura ini saat musim dingin.

Kami juga menwarkan buat anda tanogaido.com sebagai tour guide online untuk membantu dalam menikmati perjalanan liburan mu di jepang.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?