5 Atraksi Menarik di Prefektur Yamaguchi

Festival Tanabata

Prefektur Yamaguchi memiliki luas area 6.100 kilometer persegi, merupakan prefektur di bagian paling barat Pulau Honshu dan ibukotanya adalah Kota Yamaguchi. Terbagi dalam 3 wilayah, yakni  area Laut Pedalaman Seto, area pegunungan, dan area pesisir Laut Jepang. Prefektur Yamaguchi tersusun atas 7 wilayah yang kemudian dibagi ke dalam 2 provinsi, yakni Provinsi Suo dan Nagato.

Yamaguchi sempat terkenal dengan sebutan “Kyoto di sebelah barat” karena Ouchi Hiroyo sang penguasa ke-24 dari klan Ouchi berhasil menaklukan Nagato sehingga berhasil menguasai 2 wilayah Yamaguchi dan meniru tata wilayah Kyoto. Kebudayaan Ouchi pun berkembang, namun di akhir zaman Edo, pendidikan menjadi fokus yang utama.

Jepang modern dan restorasi Meiji muncul berkat ide dari Yoshida Shoin dan Takasugi Shinsaku. Pemerintahan Meiji terbentuk pada tahun 1868 dan lahirlah perfektur Yamaguchi.

Untuk menuju Prefektur Yamaguchi dari Tokyo, kalian bisa menggunakan Shinkansen. Butuh waktu sekitar 4 jam 20 menit dari stasiun JR Tokyo menuju stasiun JR Shin-Yamaguchi, namun harus transfer terlebih dahulu di Hiroshima. Kalian juga bisa menggunakan kereta Shinkansen Nozomi rute Tokyo-Hiroshima dan dilanjutkan menggunakan Shinkansen Hikari dengan rute Hiroshima-Shin Tamaguchi.

Jalan-Jalan ke Yamaguchi

Yamaguchi memiliki tempat destinasi wisata dan kuliner yang bermacam dan menarik. Berikut ini adalah berbagai macam destinasi wisata jepang yang wajib kalian kunjungi di Yamaguchi.

1. Kuil Motonosumi Inari

Kuil Motonosumi Inari ini memiliki gerbang kuil dengan jumlah 123 gerbang yang berwarna merah dan tertata rapi. Yang paling menarik adalah lokasi kuil ini yang terletak di dekat lembah lautan dan berada di antara tebing curam sehingga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Motonosumi Inari
Sumber: japan-magazine.jnto.go.jp

Maka, tak jarang pengunjung yang datang ke kuil ini tidak hanya untuk berdoa melainkan juga berfoto ria dengan latar belakang pemandangan yang indah di lokasi kuil tersebut.

2. Mencicipi Ikan Fugu

Jika kalian pecinta kuliner, wajib mencoba salah satu makanan khas dari Yamaguchi. Ikan ini memiliki daging yang lembut, rendah lemak, dan tinggi protein. Ikan Fugu merupakan ikan yang beracun jika tidak diolah dengan baik, sehingga chef yang mengolah ikan ini harus memiliki lisensi.

Fugu
Sumber: japan.travel

Kalian bisa mencicipi kuliner ini di Shimenoseki tepatnya di Pasar Kurato. Shimenoseki merupakan penghasil ikan fugu terbesar di Jepang. Akses menuju Pasar Kurato untuk menikmati hidangan ikan Fugu ini bisa ditempuh dari stasiun JR Shimonoseki naik bis, lalu turun di Halte bis Wataze, kemudian jalan kaki sekitar 5 menit.

3. Pemandangan Jembatan Kintai-Kyo


Jembatan Kintai-Kyo merupakan jembatan ikonik di Kota Iwakuni. Hal yang menarik para pengunjung tentang jembatan ini adalah keindahan arsitektur dan struktur lima lengkungnya. Jembatan ini dianugerahi dua bintang Michelin Green Guide Japan.

Pada musim sakura, pengunjung disuguhi oleh cantiknya bunga sakura di sepanjang jalanan jembatan. Selain itu, di sekitar jembatan, juga terdapat berbagai restoran dan toko souvenir yang melengkapi destinasi wisatawan.

Kintai Bridge
4. Festival Lentera Tanabata Yamaguchi

Jika kalian suka dengan festival, maka kalian wajib untuk mendatangi Festival Lentera Tanabata Yamaguchi ini karena seluruh jalan dan sekitar stasiun akan dipenuhi dengan lampion merah dan membuat jalanan terihat sangat cantik.

Selain itu, kalian juga dapat menyaksikan Parade Budaya Jepang. Festival ini merupakan festival sejarah yang terkenal di Jepang. Festival ini dilaksanakan pada bulan Agustus, jadi buat kalian yang berpergian ke Jepang pada bulan Agustus, jangan lewatkan festival yang satu ini ya.

5. Kuil Rurikoji

Rurikoji merupakan Kuil Buddha yang terkenal dengan pagoda 5 lantai. Pagodanya termasuk salah satu dari 3 pagoda terbaik di Jepang. Kalian bakal tertarik untuk mengunjungi kuil ini karena lokasinya yang berada di dalam Taman Kozan dan memiliki pemandangan yang cantik tiap musimnya.

Rurikoji
Sumber: japanesestation.com

Selain itu, di dalam bangunan kuil, terdapat museum kecil yang memajang gambar serta model pagoda yang ada di Jepang lainnya.


Itulah 5 atraksi wisata yang keren untuk dicoba di prefektur Yamaguchi. Apa kalian sudah pernah ke sini? Kalau sudah, jangan lupa bagikan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ya.

Sumber gambar utama: id.japantravel.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?