AIR TERJUN KEGON

Air terjun kegon

Jika teman-teman mengunjungi daerah Nikko di Jepang, Sempatkan waktu untuk mengunjungi Danau Chuzenji serta Air Terjun Kegon. Air Terjun Kegon terletak di sebelah timur Danau Chuzenji dan termasuk ke dalam jajaran air terjun tertinggi di Jepang dengan ketinggian mencapai 97 meter dan lebar sekitar 7 meter yang memiliki sumber air dari Danau Chuzenji. Yuk simak laporan Tim Tanogaido mengenai kegiatan seru apa saja yang bisa kita lakukan ketika berkunjung ke Air Terjun Kegon.

Dengan menggunakan layanan bus, kita dapat mencapai Air Terjun Kegon dan berhenti pada halte bus Taki no Iriguchi, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju dek observasi. Dek observasi memungkinkan kita untuk melihat keindahan Air Terjun Kegon dari sisi bawah.

Bagi teman-teman yang memiliki tingkat adrenalin cukup tinggi dan berani, dapat melanjutkan perjalanan dengan memasuki terowongan supaya dapat mengarah kepada elevator yang akan membawa kita ke ketinggian 100 meter. Terdapat dua elevator yang mampu menampung masing-masing untuk 30 orang dan hanya membutuhkan waktu 1 menit utuk sampai ke atas, maka pemandangan Danau Chuzenji dan Air Terjun Kegon pun siap memanjakan mata kita secara bersamaan.

Air Terjun Kegon atau biasa disebut juga Kegon no taki memiliki tinggi hampir 100 meter di atas permukaan laut, selain masuk ke dalam air terjun tertinggi di Jepang, juga masuk ke dalam daftar air terjun terindah di Jepang. Terdapat dua tempat untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kegon, yang pertama dengan cara berada di bawah (dapat diakses melalui jalan utama menuju danau) dan yang kedua dari sisi atas air terjun yang dapat diakses dengan menggunakan elevator. Sebelum menggunakan layanan elevator, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni layanan elevator hanya dibuka pada pukul 08.00-17.00 serta harus merogoh kocek sebesar 550 yen bagi pengunjung dewasa dan 330 yen bagi pengunjung anak-anak. Sesampainya di sisi atas Air Tejun Kegon maka kita dengan sangat mudah untuk melihat keindahannya dari jarak yang sangat dekat, berbeda halnya jika melihat dari sisi bawah air terjun maka percikan serta gemuruh air siap menyambut para pengunjung. Satu hal yang perlu diketahui adalah Air Terjun Kegon merupakan satu-satunya akses keluar bagi Danau Chuzenji.

Pengalaman Pergi ke Air Terjun Kegon

Saran Tim Tanogaido, waktu ideal untuk mengunjungi Air Terjun Kegon ialah saat awal sampai pertengahan bulan Mei, karena selain suguhan pemandangan Air Terjun Kegon ditambah dengan bunga-bunga sakura yang bermekaran.

Berbeda dengan bunga sakura yang berada di kota Tokyo, Kyoto atau Osaka yang bermekaran di sekitaran bulan Maret dan April, maka untuk bunga sakura yang berada di sekitar Air Terjun Kegon secara alami akan mekar sedikit terlambat diakibatkan oleh letaknya yang berada di ketinggian dan bersuhu lebih sejuk dari biasanya.

Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine Route namun ingin tetap menyaksikan fenomena mekarnya bunga sakura maka Air Terjun Kegon merupakan jawabannya.

Saat musim gugur tiba atau sekitar bulan Oktober, teman-teman dapat menikmati suasana musim gugur khas Jepang serta berubahnya warna pepohonan yang ada di sana. Selain itu, curah air terjun juga mengalami perubahan selama musim gugur menjadi lebih intens dan deras dibanding biasanya. Hal itu disebabkan oleh Danau Chuzenji yang telah menampung debit air hujan selama musim panas atau musim penghujan.

Jika teman-teman pergi saat musim dingin, maka teman-teman akan disambut oleh pemandangan hamparan salju putih dan air terjun yang membeku akibat suhu yang berada di bawah titik beku. Merupakan pemandangan yang sangat unik dan hanya terdapat saat musim dingin tiba, namun perlu diingat bahwa teman-teman harus sudah mempersiapkan untuk membawa jaket tebal untuk mengantisipasi udara dingin yang mungkin sangat berbeda bagi kita yang biasa hidup di iklim tropis.

Akses Menuju Nikko

Jepang merupakan negara yang memiliki salah satu sistem transportasi terbaik dunia, maka tidak perlu khawatir saat ingin menuju Nikko dapat menggunakan jaringan kereta dari bandara  Narita atau Haneda. Cukup menaiki kereta Tobu Skytree Line dengan tujuan Stasiun Asakusa atau Shinjuku sampai Stasiun Tobu-Nikko yang memakan waktu kira-kira dua sampai hampir tiga jam perjalanan dengan biaya 1.360 Yen.

Jika kamu merupakan orang yang menyukai suatu hal yang instan, maka kereta Ekspress Tobu Kino yang berangkat dari stasiun Asakasa menuju Tobu-Nikko dapat ditempuh dalam durasi dua jam saja dengan biaya yang tentu lebih mahal yakni 2.800 yen. Bagi teman-teman yang memiliki JR Pass, sayang sekali tidak dapat digunakan untuk menaiki kereta Tobu, namun jika teman-teman memiliki salah satu dari Tokyo Wide Pass, East Nagano-Niigata Pass, East Tohoku Area Pass dan East-South Hokkaido Pass maka teman-teman bisa melanjutkan perjalan menggunakan kereta Tobu menuju Nikko.

Nah buat kamu yang pakai JR Pass, bisa menggunakan kereta Shinkansen Yamabiko hingga di Stasiun Utsunomiya, kemudian dilanjutkan naik kereta lokal Nikko sampai di Stasiun Nikko, setelah itu naiklah Toko Bus ke Chuzenji Onsen atau Taki no Iriguchi.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?