7 Atraksi Wisata Seru di Prefektur Iwate

7 Atraksi Wisata Seru di Prefektur Iwate

Iwate merupakan salah satu prefektur yang ada di wilayah Tohoku, yaitu di bagian utara Jepang. Prefektur Iwate berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah timur. Iwate juga terkenal dengan destinasi wisata yang indah dengan suasana pedesaan Jepang yang otentik, mengingat bahwa tak banyak wisatawan yang berkunjung ke prefektur ini.

Prefektur ini merupakan prefektur yang memiliki luas wilayah terbesar kedua di wilayah Tohoku. Namun, memiliki jumlah penduduk terendah kedua setelah Hokkaido.

Ibu kota dari prefektur ini adalah di Kota Marioka. Prefektur Iwate memiliki suhu udara yang rendah, yang mana juga menjadi ikon dari wilayah Tohoku. Selain memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan Situs Warisan Dunia UNESCO, prefektur ini juga terkenal dengan kulinernya yang lezat.

Tak hanya itu, prefektur ini juga muslim friendly, karena telah menyediakan fasilitas yang ramah bagi para muslim, seperti tempat ibadah serta makanan tanpa menggunakan babi atau alkohol.

Atraksi Wisata di Iwate

Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan dan banyak tempat yang dapat kalian kunjungi selama di Prefektur Iwate ini. Nah, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai tempat-tempat wisata jepang tersebut.

1. Kuil Chusonji

Iwake merupakan salah satu prefektur yang memiliki situs warisan dunia UNESCO, salah satunya adalah Kuil Chusonji. Di dalam kuil ini, terdapat bangunan dengan pavilion emasnya (Konjikido).

Kuil Chusonji
Sumber: liburankejepang.com

Terletak di area perbukitan dan udara yang masih sejuk, kuil ini cocok untuk dikunjungi sembari mendaki area perbukitan. Di dalam bangunan Konjikido juga terdapat patung Amitabha dengan pahatan yang indah yang berada di tengah altar.

2. Kuil Motsuji

Sama halnya dengan Kuil Chusonji, Kuil Motsuji juga merupakan Warisan Dunia UNESCO yang berada di Iwate. Kuil ini terkenal dengan keindahan tamannya yang dinamakan Pure Land Garden. Selain itu, kalian juga dapat menikmati festival yang rutin diadakan setiap bulan Mei dan November, yakni Festival Fujiwara Matsuri yang ditujukan untuk menghormati Oshu Fujiwara.

Kuil Motsuji
Sumber: tokokukanku.jp
3. Gua Yugendo

Gua yang memiliki keindahan alam yang luar biasa ini ternyata letaknya tak jauh dari stasiun JR Geibikei. Di dalam Gua Yugendo, kalian dapat menikmati keindahan sungai bawah tanah, stalaktit, dan stalagmite yang indah.

4. Lembah Genbikei


Masih dengan tempat wisata alamnya, Lembah Genbikei juga memiliki pesona yang indah. Mulai dari bentuk unik dari bebatuan alam, air terjun, bahkan warna zamrud pada air sungai yang mengalir. Selain itu, di sini juga terdapat atraksi yang bisa kalian coba, yaitu dengan memesan makanan melalui keranjang yang akan melayang menyebrangi sungai dengan tali.

Lembah Genbikei
Sumber: travel.gaijinpot.com
5. Bank of Iwate Red Brick Building

Beralih ke bangunan unik yang ada di Iwate, kalian dapat menemukan bangunan Bank Iwate dengan arsitektur kuno. Arsitektur yang sangat unik ini juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung Iwate. Tak hanya eksteriornya yang menarik perhatian, namun bangunan ini kini juga dialihfungsikan menjadi museum dokumen.

6. Sekinoichi

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Iwate juga terkenal dengan kulinernya. Yap, salah satunya adalah mochi. Kalian dapat menikmati mochi dengan berbagai rasa unik sekalipun. Tepatnya di Sekinoichi.

Sekinoichi merupakan restoran pabrik sake yang menyediakan 300 varian rasa mocha yang dapat kalian coba di sini. Letaknya tak jauh daru Stasiun Ichinoseki dan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk berjalan kaki.

Sekinoichi
Sumber: jnto.or.id
7. Wanko Soba

Satu lagi kuliner yang menarik di Iwate, yaitu Wanko Soba. Wanko Soba sendiri merupakan teknik untuk menikmati hidangan soba yang terkenal di Hanamaki. Jika pada umumnya menikmati soba dengan satu mangkuk penuh, maka berbeda dengan Wanko Soba.

Cara makannya adalah pelayan akan menyediakan soba dalam mangkuk dengan porsi satu kali suap. Jika mangkuk sudah habis maka akan diisi ulang oleh pelayan. Jangan lupa untuk menutup mangkuk kalian jika sudah merasa kenyang.

Akses Menuju Iwate

Ada banyak transportasi yang dapat digunakan untuk pergi ke Iwate, diantaranya adalah menggunakan pesawat, kereta api, bahkan naik bus.

  1. Pesawat

Kalian dapat menggunakan penerbangan domestik dari Bandara Narita atau Bandara Haneda menuju Bandara Hanamaki Iwate. Sesampainya di Iwate kalian dapat menggunakan kereta api baik JR Rail Pass atau JR East Rail Pass sebagai moda transportasi selama di Iwate.

  1. Kereta Api

Kalian dapat menggunakan kereta Shinkansen Komachi atau Hayabusa dari stasiun Tokyo. Harga dan waktu tempuhnya pun bervariasi, mulai dari 13.000-14.000 yen.

  1. Bus

Jika kalian berencana menggunakan bus malam Rakuchin, maka siapkan uang 7850 yen untuk berangkat dari Tokyo menuju Marioka. Harga yang jauh lebih murah dari transportasi kereta api, dengan risiko waktu tempuh yang lebih lama yaitu selama tujuh setengah jam.


Nah, itulah 7 wisata seru yang bisa kalian nikmati di Prefektur Iwate. Apa kalian sudah pernah ke Iwate? Kalau sudah, jangan lupa bagi-bagi pengalaman wisata kalian di kolom komentar di bawah ya.

Sumber gambar utama: Wikipedia

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?