Berwisata di Prefektur Ishikawa, Bagian Barat Jepang

Festival Hyakumangoku

Prefektur Ishikawa merupakan sebuah prefektur yang terletak di sebelah barat Jepang, tepatnya ada di wilayah Chubu. Prefektur ini memiliki pesona Laut Jepang yang indah.

Prefektur Ishikawa terbagi menjadi 3 bagian yaitu, bagian utara di Semenanjung Noto, bagian selatan di Kaga, dan Kota Kanazawa yang terletak di tengah. Noto merupakan wilayah yang terkenal dengan wisata alamnya, sedangkan Kaga terkenal dengan resor pemandian air panas (onsen).

Prefektur ini merupakan prefektur yang kecil, dengan ukuran panjang dari bagian atas hingga ke bawah sejauh 200 km saja. Namun, prefektur ini cukup kaya akan tempat-tempat wisatanya.

Prefektur Ishikawa kini juga sering menjadi destinasi wisata karena akses transportasinya yang semakin mudah. Yap, baru-baru ini telah dibuka kereta Hokoriku Shinkansen Line menuju Kanazawa, sehingga semakin banyak orang yang mengunjungi prefektur ini.

Daftar isi:

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Berbagai Aktivitas di Prefektur Ishikawa

Ada beberapa aktivitas yang dapat kalian kunjungi selama tour jepang di Ishikawa, beberapa diantaranya akan kami sampaikan berikut ini.

1. Taman Kenrokuen

Taman Kenrokuen merupakan salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Ishikawa. Memiliki pemandangan yang indah, taman ini telah dibangun sejak zaman Edo. Di taman ini, kalian bisa menyaksikan Yukitsuri yang ada di sekitar pohon dengan tujuan untuk mencegah dari salju yang tebal. Taman ini merupakan tempat paling populer dikunjungi saat musim gugur.

Kenrokuen Garden
Sumber: japan-guide.com
2. Shiroyone Senmaida

Dinamakan sebagai Shiroyone Senmaida karena lokasi ini merupakan salah satu wilayah di Ishikawa, tepatnya di Kota Wajima yang memiliki keindahan dengan ribuan bentangan sawah.

Sawah-sawah ini berada di lereng yang curam dan berada di sepanjang pantai di Kota Wajima. Menawarkan pemandangan yang menenangkan, area ini terdaftar sebagai salah Satu Warisan Pertanian Global.

Shiroyone Senmaida
3. Higashi Chaya

Higashi Chaya merupakan sebuah distrik di Ishikawa. Distrik ini memiliki pesona beberapa bangunan tua yang tetap berdiri kokoh dan terawat dengan baik di sini. Kalian akan merasakan suasana Ishikawa pada zaman dulu dengan jalan-jalan yang masih menggunakan bebatuan dan bangunan-bangunan tua dari zaman Edo.

Selain itu, juga terdapat Chaya (kedai teh) di mana Geisya menghibur para tamu dengan tarian dan lagu-lagu klasik Jepang dan rumah minum tradisional (Kaikaro) juga masih ada di sini.

4. 21st Century Museum

Museum yang dibuka sejak tahun 2004 ini merupakan museum seni kontemporer yang terletak di Kanazawa. Museum ini terkenal dengan dinding kacanya sehingga museum terasa lebih terbuka. Di dalam museum ini, kalian bisa menikmati berbagai macam pameran dari pakar seni terkenal seperti Yayoi Kusama.

Salah satu spot pameran yang terkenal adalah Kolam Renang karya Leandro Erlich yang unik. Karya ini memungkinkan pengunjung untuk melihat orang-orang berjalan di bawah air.

21st Century Museum
Sumber: japanhoppers.com
5. Festival di Ishikawa

Tak hanya tempat wisata, Ishikawa juga memiliki berbagai festival yang menarik untuk dinikmati. Ada Festival Hyakumangoku yang cukup terkenal di Kanazawa. Festival ini akan menunjukkan atraksi parade iring-iringan prosesi Lord Maeda Toshiie yang berjalan dari Stasiun Kanazawa menuju Taman Kastil Kanazawa.

Selain itu, juga terdapat 10.000 penari yang memenuhi jalanan pada malam hari, upacara minum teh, dan pelepasan lentera.

(Foto Festival ada di bagian awal halaman)

Akses Menuju Ishikawa

Kalian dapat mengunjungi Ishikawa dengan menggunakan pesawat ataupun kereta api. Untuk pesawat, ada berbagai rute penerbangan domestik dari Tokyo, Fukuoka, Okinawa, atau Sapporo menuju Bandara Komatsu. Sesampainya dari Bandara Komatsu, kalian bisa menggunakan Bus Hokutetsu menuju Stasiun Kanazawa.

Alternatif transportasi lainnya adalah dengan menggunakan Hokoriku Shinkansen yang dapat ditempuh selama 2 jam 30 menit. Kalian dapat menyesuaikan keberangkatan dari kota mana saja, bisa Tokyo, Osaka, atau Kyoto.

Jika kalian berminat untuk berangkat di malam hari, juga tersedia kereta malam yang berangkat dari Stasiun Ueno menuju Stasiun Kanazawa. Adapun kereta tersebut adalah Hokoriku Express Sleeper dan Noto Express.


Itulah sekilas informasi tentang Prefektur Ishikawa. Apa kalian sudah pernah berlibur ke sini? Jangan lupa bagikan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ya.

Sumber gambar utama: ohmatsuri.com

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)