Cara Menyampaikan Kata Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang

terima kasih dalam bahasa jepang

Kata terima kasih dalam bahasa jepang pastinya menjadi salah satu kata yang paling sering diucapkan saat berwisata ke negri tersebut. Lalu sudahkah anda belajar bagaimana mengucapkannya? Mari kita belajar bersama agar mempermudah perjalanan wisata anda masing masing.

Jika kamu saat ini berada di Negeri Sakura, pastikan kamu sudah mengetahui terlebih dahulu kata-kata penting yang umum dikatakan. Salah satu yang paling sering diucapkan tidak lain lagi adalah kata terima kasih.

Ucapan Sopan Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang

Namun, dalam belajar bahasa Jepang ini memiliki beberapa kategori dalam mengucapkan kata terima kasih. Mulai dari yang paling sopan hingga yang paling umum diucapak. Untuk itu, disini kami telah menyediakan beberapa kata sebagai ungkapan rasa terima kasih kamu kepada orang lain.

Hal itu bertujuan untuk lebih menghormati orang lain yang senantiasa membantu kamu saat berada di Jepang. Lalu, bagaimana pengucapan yang harus kamu sampaikan untuk mengucapkan kata terima kasih?  Simak penjelasan berikut sampai habis!

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Baca juga : Berbagai Cara Bilang Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

1. Arigatou Gozaimasu

Yang pertama, Arigatou Gozaimasu merupakan pengucapan yang sopan dalam mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain. Namun, kalau hanya mengucapkan ‘Arigatou’ saja merupakan bahasa yang lebih kasual atau umum digunakan untuk orang terdekat seperti keluarga, teman sebaya, pasangan, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, jika kamu ingin menyampaikan rasa terima kasih itu kepada orang lain yang belum kenal atau yang lebih senior daripada kamu lebih sopannya mengatakan ‘Arigatou Gozaimasu’. Untuk itu, kamu harus mengetahui lebih dulu lawan bicaramu.

2. Doumo Arigatou Gozaimasu

Kemudian, pengungkapan rasa terima kasih yang lebih sopan lagi adalah ‘Doumo Arigatou Gozaimasu’. Memang ada sedikit perbedaan dengan yang sebelumnya, tetapi pada intinya ini tidak beda jauh dengan kata ‘Arigatou Gozaimasu’ saja.

Hanya saja, ini memang yang lebih sopan jika digunakan kepada orang lain yang belum kenal, senior di tempat kerja, atau juga kepada guru. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghormati lagi siapa yang saat itu berbicara denganmu.

3. Hontou Ni Arigatou Gozaimasu

Selanjutnya, saat kamu ingin memberikan penekanan saat mengucapkan kata terima kasih adalah dengan kata ‘Hontou Ni Arigatou Gozaimasu’. Jika kamu sedikit mengalami kesulitan saat mengucapkan kata ini,  ada bahasa kasualnya yang lebih mudah diucapkan yakni  ‘Hontou ni Arigatou’.

Jadi, untuk tingkatan yang paling sopan ini kamu bisa gunakan kata yang menurut kamu lebih mudah untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada orang lain.

Baca juga : Cara Membalas Ucapan Terima Kasih dengan Kata Sama Sama dalam Bahasa Jepang

Ucapan Terima Kasih Secara Umum

Kemudian, ada ucapan kata terima kasih yang lebih umum digunakan oleh masyarakat Jepang. Buat kamu yang berlibur dengan waktu yang cukup lama, kamu bisa menggunakan beberapa kata berikut ini.

a) Sumimaseng

Sumimaseng merupakan kata yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain. Hal ini untuk menunjukkan rasa akrab kepada orang lain tanpa mengurangi rasa hormat.

Apabila kamu kesulitan saat mengucapkan kata sumimaseng, kamu bisa menyampaikan rasa terima kasih dengan kata yang lebih mudah yaitu suimasen.

b) Ie Ie

Yang terakhir dan yang paling umum digunakan untuk memberikan tanggapan arigatou adalah ‘ie ie’. Bagi beberapa orang yang sudah mempelajari bahasa Jepang, tanggapan dari arigatou yaitu dou itamashimashite.

Namun, seiring perkembangan zaman ini kata tersebut justru jarang digunakan. Untuk mempermudah saat memberikan tanggapan dari arigatou adalah ie ie.

Jadi, itulah cara menyampaikan kata terima kasih dalam bahasa Jepang mulai dari yang paling sopan hingga yang paling umum. Dengan begitu, kamu tidak khawatir lagi bagaimana cara menyampaikan rasa terima kasih kepada lawan bicaramu.

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)