Berbagai Cara Bilang Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Berbagai Cara Bilang Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jepang atau belajar seputar kebudayaan Jepang, maka Anda wajib mengetahui cara mengatakan terima kasih dalam bahasa Jepang.

Jepang memang memiliki aneka kebudayaan dan bahasa yang cukup menarik untuk dipelajari. Saat ini, dunia digital semakin berkembang, sehingga belajar hal baru seperti belajar bahasa Jepang juga menjadi semakin mudah dan praktis. Artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan cara mudah belajar bahasa Jepang, salah satunya cara mengatakan terima kasih.

Istilah-Istilah Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Ketika mempelajari bahasa asing, maka istilah yang pertama kali wajib Anda ketahui yaitu ucapan terima kasih. Berikut ini adalah berbagai cara dalam menyebut terima kasih dalam bahasa Jepang.

1. Arigatou gozaimasu!

Kata terima kasih yang pertama adalah “arigatou gozaimasu” yang merupakan ungkapan terima kasih yang sopan. Kata ini adalah kata terima kasih dalam bahasa Jepang yang paling sering digunakan.

Cara mengucapkan kata terima kasih dalam bahasa Jepang juga sama seperti pada bahasa Indonesia, dimana terdapat bentuk kata lain yang dapat digunakan untuk percakapan yang bersifat non-formal yaitu ketika berbicara dengan teman sebaya.

Jika Anda berbicara dengan teman sebaya atau orang yang seusia dengan Anda atau lebih muda dari Anda, maka ucapan terima kasih yang bisa Anda gunakan yaitu “arigatou” [Arigato].

Kata “arigatou gozaimasu” harus Anda gunakan ketika Anda berbicara dengan orang yang lebih tua, rekan kerja yang belum dikenal, orangtua, atasan, guru, dan orang asing.

2. Doumo arigatou gozaimasu

Kata terima kasih yang kedua yaitu “doumo arigatou gozaimasu” yang merupakan ungkapan terima kasih yang lebih sopan daripada “arigatou gozaimasu”.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kata ini memiliki arti terima kasih banyak yang diungkapkan ketika berbicara dengan orang yang dihormati.

3. Hontou ni arigatou gozaimasu

Kata terima kasih yang ketiga yaitu “hontou ni arigatou gozaimasu” yang merupakan ungkapan terima kasih dengan penekanan yang lebih besar daripada dua kata sebelumnya.

Ungkapan lain yang lebih santai dari kata ini yaitu “hontou ni arigatou”.

4. Arigatou gozaimashita

Yang keempat yaitu “arigatou gozaimashita” atau biasa dibaca sebagai “arigato gozai mashta”.

Ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang ini biasanya digunakan untuk seorang turis yang telah traveling di Jepang dan mengucapkan terima kasih ketika ia pulang ke negara asalnya kepada orang yang telah menemaninya selama di Jepang.

Jadi, kata terima kasih dalam bahasa Jepang yang satu ini termasuk gaya bahasa yang santai atau kasual dan juga dapat digantikan dengan kata “arigatou” karena sama-sama memiliki fungsi yang sama dalam mengungkapkan terima kasih.

5. Iro iro arigatou gozaimashita

Ungkapan terima kasih yang kelima yaitu “iro iro arigatou gozaimashita” yang diucapkan untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada orang yang telah memberikan pertolongan kepada kita.

Iro iro artinya “banyak hal”, sehingga arti dari kata “iro iro arigatou gozaimashita” yaitu terima kasih atas banyak hal yang telah Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang dari Nol

6. Sumimasen

Kata “sumimasen” ini berarti mengungkapkan rasa terima kasih sekaligus permintaan maaf kepada orang yang telah direpotkan karena suatu hal. Ungkapan terima kasih dengan menggunakan kata “sumimasen” ini juga dapat disertai dengan menggunakan kata “arigatou” atau “gomen”.

7. Ie ie

Ungkapan terima kasih yang ketujuh yaitu “ie ie” yang biasanya diucapkan untuk merespon “arigatou”.

Namun, ada banyak bentuk ungkapan yang diucapkan orang untuk membalas ucapan “arigatou”, sehingga tidak ada peraturan baku tentang penggunaan “ie ie”.

8. Hontoni arigatai

Kata terima kasih dalam bahasa Jepang yang ke-8 yaitu “hontoni arigatai” yang merupakan gabungan dari kata “honto” yang memiliki arti “benar” dan “arigatai” yang memiliki arti “terima kasih”.

Kata ini termasuk bentuk kata terima kasih yang memiliki posisi tertinggi dibandingkan dengan kata terima kasih lainnya.

9. Kokoro kara kansha shimasu

“Kokoro kara kansha shimasu” memiliki arti “terima kasih tulus dari hati” yang bisa digunakan ketika seseorang mengungkapkan rasa syukurnya atas suatu hal.

10. Goshinsetsu arigato gozaimashita

“Goshinsetsu arigato gozaimashita” memiliki arti terima kasih atas keramahannya, dimana arti kata “shinsetsu” adalah ramah dan “arigatou gozaimashita” adalah terima kasih.

11. Sankyu

Kata terima kasih ini merupakan bentuk bahasa serapan dari kata terima kasih dalam bahasa Inggris yaitu “thank you” yang menjadi bahasa gaul dari kata terima kasih dalam bahasa Jepang.

Penggunaan kata “sankyu” ini biasanya dipakai oleh kaum milenial yang sedang mengobrol dengan temannya di chat atau media sosial.

12. Otsukaresama

Kata terima kasih yang selanjutnya yaitu “otsukaresama” yang merupakan ungkapan terima kasih yang diucapkan atas selesainya suatu pekerjaan.

Penggunaan kata “otsukaresama” ini dapat digunakan untuk mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan oleh seseorang dalam suatu pekerjaan.

13. Osewani narimashita

Selanjutnya yaitu “osewani narimashita” yang penggunaannya sama seperti kata sebelumnya yaitu “otsukaresama”. Penggunaan kata terima kasih versi ini biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan.

14. Osore irimasu

Kata terima kasih yang berikutnya adalah “osore irimasu” yang mirip seperti kata “sumimasen” yang di dalamnya terdapat unsur permintaan maaf kepada lawan bicara dengan tujuan berterima kasih secara sopan.

15. Gochisousama deshita

Yang terakhir adalah “gochisousama deshita”. Kata ini biasanya diucapkan setelah selesai makan yang berarti “terima kasih atas hidangan/sajian/makanannya”.

Mengucapkan Terima Kasih Kembali dalam Bahasa Jepang

Setelah Anda mengetahui bagaimana mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang, selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara merespon ucapan terima kasih atau cara mengucapkan kata terima kasih kembali dalam bahasa Jepang.

Terima kasih kembali dalam bahasa Jepang dapat diucapkan dengan menggunakan kata “doutashimashite” atau “kochira koso”. Istilah ini merupakan bentuk paling umum dari terima kasih kembali atau sama-sama dalam bahasa Jepang yang paling sering digunakan.

Kata “doutashimashite” juga dapat digantikan dengan bentuk ungkapan lainnya seperti “yokatta” dan “ie ie” yang sama-sama memiliki arti “terima kasih kembali”.

Kata “yokatta” sendiri memiliki arti “syukurlah” yang menunjukkan perasaan lega atau senang karena ungkapan terima kasih dari lawan bicara.

Jika Anda ingin mengungkapkan “terima kasih kembali” kepada orang yang sebaya atau teman dekat, maka Anda dapat menggunakan kata “un” yang merupakan ungkapan kata “sama-sama” dalam versi gaul atau non-formal.

Kata “sama-sama” dalam bahasa Jepang yang dapat Anda gunakan untuk percakapan non-formal seperti dengan keluarga atau orang yang lebih muda yaitu “iiyo-!” dan “ha-i” yang menunjukkan keakraban dengan lawan bicara.

Seperti dalam bahasa Indonesia, ungkapan “sama-sama” atau “terima kasih kembali” dapat disampaikan dengan menggunakan kata “tidak masalah” atau “jangan khawatir”. Dalam bahasa Jepang, Anda dapat mengucapkannya dengan menggunakan kata “kinishinaide”.

Kata “terima kasih kembali” dalam bahasa Jepang secara formal dapat Anda sampaikan dengan menggunakan kata “kyoushuku de gozaimasu” atau “kyoushuku desu” yang memiliki arti “sudah menjadi kewajiban saya”. Penggunaan kata ini biasanya digunakan dalam lingkup bisnis atau dunia kerja.

Ungkapan formal lain dari “terima kasih kembali” juga dapat Anda sampaikan dengan menggunakan kata “itsu demo douzo” yang memiliki arti “silahkan” atau “kapan pun Anda membutuhkan saya”. Penggunaan kata ini biasanya digunakan untuk menunjukkan sikap sopan dan juga kerendahan hati Anda dalam melayani seseorang dalam dunia kerja.

Baca Selanjutnya: Berbagai Cara Bilang Minta Tolong dalam Bahasa Jepang

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.




Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?