Bahasa Jepang Sama Sama yang Baik dan Benar

Cara Membalas Ucapan Terima Kasih dengan Kata Sama Sama dalam Bahasa Jepang

Halo Sobat Tanogaido Tours and Travel, bagaimana pelajaran Bahasa Jepang kalian, apa sudah mulai lancar? Artikel ini akan memberikan pengetahuan tentang bahasa Jepang sama sama yang baik dan benar.

Seperti di Indonesia, ketika orang menguncapkan terima kasih kepada kita tentu kita akan membalasanya dengan sama sama atau kalimat lain. Seperti halnya di Jepang, sama sama dalam Bahasa Jepang juga ada untuk membalas ucapan terima kasih dari seseorang.

Pada artikel ini, kita akan memberikan delapan frasa cara membalas ucapan terima kasih dalam Bahasa Jepang. Atau lebih tepatnya sama sama dalam Bahasa Jepang.

Delapan frasa bahasa Jepang sama sama itu yakni :

  • Douita [どいた]
  • Douita Shimashite [どういたしまして]
  • Iie, iie [いいえ、いいえ]
  • Tonde mo Arimasen [とんでもありません]
  • Ee, kochirakoso arigatou [ええ、こちらこそありがとう]
  • Ii desu yo / iindesu yo [いいですよ・いいんですよ]
  • Watashi no hoo koso, arigatou. [わたしのほうこそ、ありがとう]
  • Tonde mo nai [とんでもない]

Frasa untuk membalas ucapan terima kasih di atas tentu memiliki arti yang berbeda – beda. Nah, berikut penempatan sama sama dalam Bahasa Jepang sesuai situasinya untuk diucapkan.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Douita [どいた]

Menyebut kata douita merupakan balasan dari ucapan terima kasih, dan douita sendiri merupakan singkatan dari doita shimashite. Ini merupakan ungkapan bahasa gaul untuk mengucapkan sama sama dalam Bahasa Jepang. Biasanya, kata di atas digunakan bagi sejawat di kalangan anak muda Jepang. Jadi, untuk hal – hal resmi jangan menggunakan kata – kata ini yah.

Douita Shimashite [どういたしまして]

Nah, untuk acara resmi ada baiknya teman – teman memperpanjangnya dengan mengatakan doita shimashite yang berarti terima kasih kembali. Memanjangan ucapan sama sama ini dalam Bahasa Jepang tergolong ucapan yang sopan dalam suasana resmi seperti baru menemui seseorang seperti atasan, orang tua, dan rekan bisnis tentunya.

Iie, iie [いいえ、いいえ]

Mengucapkan iie, iie berarti tidak-tidak atau bisa bermakna tidak usah mengucapkan terima kasih. Ini juga termasuk balasan ucapan terima kasih dalam Bahasa Jepang yang tetap dinilai sebagai kata yang sopan.

Tonde mo Arimasen [とんでもありません]

Sama sama bisa juga diartikat dengan “ah sama sekali tidak”, tonde mo arimasen bisa diucapkan jika kita merasa tidak direpotkan orang yang mengucapkan terima kasih.  Ini tergolong bahasa formal untuk mengatakan sama sama dalam Bahasa Jepang.

Ee, kochirakoso arigatou [ええ、こちらこそありがとう]

Jika mengucapkan sama sama dengan rangkaian kata ini tentunya agak sedikit panjang. Namun, makna yang dikandungnya bagus dan enak didengar oleh lawan bicara kita. Arti kata sama sama ini yakni “semestinya saya yang bilang begitu kepada Anda”.

Ii desu yo / iindesu yo [いいですよ・いいんですよ]

Mengucapkan ii desu yo /iindesu yo memiliki makna sama sama atau membalas terima kasih dengan makna tidak usah dipikirkan.  Ini juga tergolong ucapan sama sama Bahasa Jepang yang sopan.

Watashi no hoo koso, arigatou. [わたしのほうこそ、ありがとう]

Kata di atas memiliki arti “saya seharunya yang mengucapkan terima kasih”. Maknanya tentu sama dengan sama – sama kepada lawan bicara kita.

Tonde mo nai [とんでもない]

Rangkaian kata di atas memiliki arti yang sama dengan tonde mo arimasen. Hanya saja, katanya lebih singkat. Ini tidak dapat digunakan dalam situasi firmal, biasnya ini hanya digunakan kepada teman dekat saja.

Bagaimana Sobat Tanogaido, bahasa Jepang sama sama ini semoga bisa menambah kosa kata Anda dalam Bahasa Jepang.

Nah, bagi kalian yang ingin lebih memperlancar Bahasa Jepang, baiknya mengikuti kursus online di Tanogaido.

Atau kalian ingin berangkat wisata ke Jepang, Tanogaido akan selalu memberi layanan maksimal untuk mengisi liburan kalian dengan tarif yang lebih murah dari agen travel lainnya.

Mudah – mudahan artikel sama sama dalam bahasa Jepang ini bisa membantu Sobat Tanogaido sekalian. (*)

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)