Informasi Lengkap Festival Shibazakura

Festival Shibazakura

Festival Shibazakura adalah festival bunga yang diadakan setiap tahun di Jepang. Festival ini menampilkan padang bunga sakura yang indah dan merupakan salah satu festival bunga yang paling terkenal di Jepang. Shibazakura Festival biasanya diadakan pada akhir April hingga awal Juni setiap tahunnya.

Shibazakura dalam bahasa Jepang bunga phlox (bunga kecil bercorak merah jambu). Di Festival Shibazakura, terdapat lebih dari 800.000 tumbuhan bunga phlox merah jambu dengan latar Gunung Fuji. Dikala bunga-bunga ini bermekaran sempurna, bunga-bunga ini seperti jadi alas ataupun karpet untuk Gunung Fuji.

Terdapat 5 tipe tumbuhan bunga Shibazakura yang mekar bersamaan, antara lain tipe McDaniel’s Cushion, Scarlet Flame, Autumn Rose, Tama-no-Nagare, serta Little Dot. Semua bunga ini mekar di waktu yang nyaris bersamaan.

Orang-orang umumnya berkeliling serta difoto dengan latar Shibazakura dan Gunung Fuji yang megah. Di sebagian peluang, banyak pula para pasangan yang melakukan potret-potret pre-wedding mereka di sini.

Daftar isi:

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Lokasi Shibazakura Festival

Shibazakura Festival akan diadakan di Hokkaido, Jepang. Festival ini diadakan di sebuah taman yang disebut Hitsujiyama Park. Hitsujiyama Park terletak di kota Chichibu, Saitama dan dikenal dengan pemandangan bunga yang menakjubkan. Taman ini juga terkenal dengan keindahan bunga phlox.

Kapan Shibazakura Festival akan diadakan?

Festival Shibazakura dijadwalkan akan diadakan pada akhir April hingga awal Juni. Tanggal pasti pelaksanaannya belum diumumkan. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut sehubungan dengan tanggal pelaksanaan begitu informasi tersedia.

Suasana Festival Shibazakura
Suasana Festival Shibazakura

Tiket dan Biaya Masuk

Buat biaya tiket masuk sangat terjangkau, cuma 800 yen per orang buat dewasa serta 250 yen buat anak-anak. Anda dapat puas melihat “surga” sekalian berfoto serta mengabadikan momen dengan latar Gunung Fuji yang indah. Buat Anda yang mau mencoba hal baru saat liburan di Jepang, kami merekomendasikan untuk mencoba ashiyu! Ashiyu ini yaitu menunjuk pada aktivitas merendam kaki di pemandian air panas sembari menikmati panorama alam. Jadi Anda dapat relaks sejenak serta menghangatkan kaki-kaki (yang bisa jadi kedinginan) sembari menikmati panorama Festival Shibazakura serta Gunung Fuji di belakangnya.

Anda juga dapat mencicipi kuliner-kuliner lezat Jepang di Mt.Fuji Gourmet Festival yang dilaksanakan di tempat Festival Shibazakura. Terdapat soba, udon, motsuni (daging kukus), serta aneka macam kue yang bewarna pink seperti warna bunga shibazakura yang dijual di Observation Decks Cafe Fujiyama.

Setelah puas menikmati keelokan bunga-bunga di Festival Shibazakura, Anda dapat melanjutkan ekspedisi ke tempat-tempat wisata di sekitaran Fuji Kawaguchiko, semacam Kachi-kachi Ropeway, Taman Oishi, Taman Yagisaki, ataupun Kawaguchiko Music Forest.

Akses Menuju ke tempat Festival Shibazakura

Festival ini diadakan di kawasan Kawaguchiko, Prefektur Yamanashi, tepatnya sebelah barat Gunung Fuji, kisaran 2 jam ekspedisi dari Tokyo. Anda dapat mencapainya dengan naik mobil ataupun kereta api. Tetapi, mobil tidak praktis serta biayanya mahal.

Dari Stasiun Shinjuku di Tokyo, naik kereta ekspess JR Chuo Line (Kaiji ataupun Takao) hingga di Stasiun Otsuki (kisaran 1 jam, dengan harga tiket 1.320 yen, gratis dengan JR Pass). Setelah itu naik kereta Fujikyu hingga Stasiun Kawaguchiko (kisaran 55 menit dengan harga tiket 1.140 yen). Jika memiliki JR Tokyo Wide Pass, hingga ongkos kereta dari Shinjuku hingga ke Stasiun Kawaguchiko seluruhnya tercover.

Dari Stasiun Kawaguchiko Anda dapat naik bus Shibazakura Liner (shuttle bis) buat sampai di posisi Festival Shibazakura di Fuji Motosuko Resort. Lama perjalanannya 30 menit dengan biaya tiket bolak-balik 2.200 yen (dewasa) ataupun 1.100 yen (buat anak dibawah 13 tahun). Bus nya berangkat dari Platform No. 7, serta tiap jamnya terdapat 2 bus yang siap mengantar Anda ke Festival Shibazakura.

Baca juga : Detail Info Bus ke Kawaguchiko dan Gunung Fuji

Tiket ini dapat dibeli di loket bus dekat Platform 1 Kawaguchiko Station, serta telah tercantum tiket masuk ke Festival Shibazakura. Pasti sangat menguntungkan jika Anda membeli tiket PP. Jika Anda memiliki Retro Bus Free Coupon, maka dapat ke sini secara gratis, tetapi cuma dapat naik bus lokal (lebih lama) dibanding dengan bus ekspress dengan frekuensi keberangkatan yang terbatas.

Jadwal bus Shibazakura Liner dari Stasiun Kawaguchiko-Fuji Shibazakura Festival
Jadwal bus Shibazakura Liner dari Stasiun Kawaguchiko-Fuji Shibazakura Festival

Buat Anda yang tiba dari Kyoto ataupun Tokyo dengan shinkansen, dapat naik bus lokal yang berangkat dari stasiun shinkansen Shin-Fuji (cuma dilewati oleh shinkansen Kodama). Dari Stasiun Shin Fuji, dapat naik bus yang mengarah ke Fujisan Station ataupun Kawaguchiko Station serta turun di terminal 富士芝桜まつり会場 (Fuji Shibazakura Matsuri Kaijou). Durasi ekspedisi yakni 1 jam 15 menit dengan ongkos 1.740 yen, serta waktu keberangkatan busnya yaitu 07.15, 10.15 (bus express cuma di hari libur), 12.15, 14.05. Bus ini pula dapat digunakan jika Anda dari Stasiun Kawaguchiko. Lama ekspedisi kisaran 50 menit dengan ongkos 1.300 yen, ongkos bus lokal ini tercover dengan Mt. Fuji Pass.

Tips untuk mengunjungi Shibazakura Festival

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menikmati Fstival Shibazakura :

  • Jangan lupa membawa Kamera atau smartphone untuk mengambil foto indah
  • Uang tunai untuk membeli tiket masuk dan membeli makanan di pasar lokal
  • Pakaian hangat dan nyaman karena suhu di Hokkaido dapat cukup dingin di akhir April hingga awal Juni
  • Jangan lupa membawa masker dan hand sanitizer karena pandemi COVID-19 masih berlangsung di seluruh dunia

Kesimpulan

Festival Shibazakura adalah festival bunga yang menakjubkan yang diadakan di Hitsujiyama Park, Hokkaido, Jepang. Festival ini menampilkan padang bunga sakura dan phlox yang sangat indah serta menyediakan banyak aktivitas dan acara yang menarik. Jika Anda berencana mengunjungi Jepang pada akhir April hingga awal Juni, pastikan untuk tidak melewatkan festival ini.

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)