Jalan-Jalan di Nagasaki, Prefektur Bersejarah di Jepang

Omura Park di Nagasaki, Prefektur Bersejarah di Jepang

Nagasaki merupakan ibukota dari Prefektur Nagasaki, letaknya di sebelah pesisir barat Kyushu. Luas wilayahnya sekitar 4.092 km2 dengan penduduk berjumlah 1.516.536 jiwa. Nagasaki menjadi kota maju di Jepang setelah tragedi bom atom yang pernah menimpa wilayah ini.

Nama Nagasaki sudah tidak asing lagi terdengar, kota ini memiliki sejarah yang sangat membekas di hati masyarakatnya. Tepatnya pada tahun 1945, pada saat zaman peperangan, tentara sekutu meluncurkan bom atom tepat di kota Hiroshima dan Nagasaki. Pada saat itu, kedua daerah ini yang merupakan kota dengan ekonomi terbesar, Jepang kehilangan ribuan rakyatnya akibat bom tersebut.

Namun, kejadian ini tidak membuat Jepang terpuruk berlarut-larut, khususnya masyarakat Hiroshima dan Nagasaki yang dengan semangat bangkit dari keterpurukan tersebut. Kini, Nagasaki menjadi industri budaya modern yang menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata.

Akses untuk menuju Prefektur Nagasaki yakni dengan pesawat dari Tokyo menuju bandara Fukuoka, kemudian naik bus “Kyushogo” dengan tujuan Stasiun Nagasaki. Hal ini karena lokasi Nagasaki yang terletak di pulau yang berbeda dengan Tokyo.

Mengenal Wisata di Nagasaki

Nagasaki termasuk salah satu kota bersejarah besar di Jepang, sehingga Nagasaki memiliki keunikan tersendiri mengenai destinasi wisatanya. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata jepang menarik yang wajib kalian kunjungi di Nagasaki.

1. Nagasaki Peace Park

Nagasaki Peace Park disebut sebagai taman perdamaian karena dibangun untuk menghormati puluhan ribu masyarakat yang tewas dan terluka karena peristiwa bom atom pada tahun 1945.

Nagasaki Peace Park
Sumber: japan-guide.com

Kalian dapat melihat tugu yang berada di bagian tengah taman, yang menjadi titik pusat ledakan pada saat itu. Selain itu, taman ini juga terdapat dua taman, sebuah museum, sebuah patung, dan monolit hitam.

2. Pulau Gunkanjima

Pulau Gunkanjima merupakan pulau bekas tambang batu bara bawah laut yang kini ditinggalkan oleh penghuninya. Karena batu bara yang ada di bawah laut ini sudah habis, masyarakat pun meninggalkan pulau tersebut. Pulau ini ditempati sekitar 5.000 orang. Kalian dapat melihat bangunan-bangunan megah peninggalan masyarakat yang bekerja di pulau ini.

Gunkajima Island
Sumber: his-travel.co.id

Selain itu, lubang-lubang bekas tambang menjadi salah satu objek wisata yang menarik. Akses menuju pulau ini ditempuh dengan menggunakan kapal dari dermaga Nagasaki. Kalau kalian ingin mengunjungi pulau ini, setidaknya kalian perlu menyiapkan waktu 1 hari penuh untuk tur mengelilingi pulau ini.

3. Nagasaki Ropeway


Nagasaki Ropeway merupakan wisata kereta. Untuk informasi penggunaaan kereta, kalian bisa langsung cek di website ropeway-nya langsung. Di sini, kalian dapat melihat pemandangan Kota Nagasaki dari puncak Gunung Inasa.

Tempat ini dijadikan sebagai salah satu pemandangan terbaik di Jepang dan juga dikenal dengan istilah pemandangan 10 juta dollar atau Issenmandoru No Yakei. Pemandangan malam sangat direkomendasikan untuk menikmati indahnya Kota Nagasaki.

Nagasaki Ropeway
Sumber: ikidane-nippon.com
4. Huis Ten Bosch

Huis Ten Bosch berada di Kota Sasebo, Nagasaki. Uniknya, bangunan-bangunan tua di sekitarnya bergaya Eropa sehingga kalian akan merasakan seperti sedang berada di Belanda. Selain ada berbagai macam permainan, lokasi Huis Ten Bosch ini dibagi menjadi 2 area.

Bagian pertama Theme Park merupakan tempat bangunan bergaya Eropa, rumah hantu, teater modern 3D, dan masih banyak lagi. Bagian kedua Harbor terdapat museum kesenian, hotel Europe, Hotel Amsterdam, dan Hotel Forst Villa.

Huis Ten Bosh
Sumber: royal-house.nl
5. Taman Omura (Bunga Sakura)

Jepang identik dengan bunga sakura. Di taman Omura ini, terdapat sekitar 2.000 pohon sakura. Hampir mendominasi seluruh taman, musim semi adalah waktu yang paling bagus untuk mengunjungi taman ini sekaligus melihat mekarnya bunga sakura.

Selain itu, bunga sakura di taman ini memiliki keunikan tersendiri, Omura Zakura memiliki 10 sepal yang mana lebih banyak daripada bunga sakura pada umumnya. Omura Zakura ini memiliki 60 hingga 200 kelopak. Hal tersebut yang membuat menarik dari taman ini.

6. Taman Glover

Taman Glover adalah situs warisan dunia yang ada di Nagasaki. Taman ini juga menjadi latar dari opera Madame Butterfly yang merupakan opera yang sangat terkenal di Jepang. Hal ini karena Nagasaki merupakan tempat saudagar-saudagar dari Eropa yang mendirikan rumah di Nagasaki.

Pusat di taman ini adalah Glover House, bangunan ala barat tertua di Jepang yang terbuat dari kayu. Bangunan ini masih sama persis seperti aslinya. Kalian akan merasakan sejarah perpaduan antara budaya barat dan budaya timur pada pemukiman Nagasaki dengan mengelilingi wilayah taman ini.

Selain itu, juga terdapat kebun teh yang dapat membuat kalian bersantai setelah mengelilingi taman Glover di sebuah bangunan bergaya barat. Jika kalian berminat mengunjungi taman ini, aksesnya cukup mudah. Dari stasiun Nagasaki, kalian bisa naik trem selama 15 menit, kemudian turun di pemberhentian Ourashudoshita atau Ishibashi, lalu jalan sekitar 7 menit untuk sampai ke lokasi taman.

Sumber gambar utama: matcha-jp.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?