Mengenal Lebih Jauh Museum Kereta Kyoto, Museum Kereta Terbesar di Jepang

Museum Kereta Kyoto

Museum ini imerupakan salah satu dari 3 museum kereta api terbesar di Jepang yaitu Museum Kereta di Saitama dan JR Central’s SCMAGLEV di Nagoya. Sebelumnya, museum ini dikenal sebagai museum lokomotif uap Umekoji dan kemudian direnovasi pada beberapa bagian seperti perluasan area museum untuk menambahkan koleksi kereta yang baru.

Setelah melakukan renovasi, museum ini dibuka kembali untuk umum pada tanggal 29 April 2016. Meskipun umurnya sangat muda, namun kalian akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke museum ini saat tour ke jepang.

Memiliki luas bangunan kurang lebih 30.000 m2 yang dibagi menjadi 3 lantai, di dalam museum ini, terdapat 53 koleksi kereta mulai dari kereta uap, kereta listrik, hingga kereta shinkansen. Kalian juga bisa memasuki dan melihat keadaan dari dalam kereta yang sudah kuno.

Selain menyajikan koleksi badan kereta api yang beraneka ragam, museum ini juga memajang seragam pegawai kereta, peralatan dan perlengkapan lain yang berkaitan dengan kereta api dari masa lampau.

Kegiatan di Museum Kereta Kyoto

Nah, jika kalian mengunjungi museum ini, berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kalian lakukan.

1. Mengenal Perkembangan Kereta Jepang

Berjalan-jalan di museum itu tidak pernah merugikan, justru kalian akan mendapatkan ilmu baru. Termasuk di dalam museum ini, kalian bisa belajar dan mengenal berbagai macam kereta yang ditampilkan di sini dengan membaca setiap informasi yang terpampang pada setiap kereta yang dipamerkan.

Ada banyak hal yang dapat kalian ketahui, mulai dari tahun pembuatan, jalur operasi, serta perusahaan pembuatnya. Dengan membaca informasi ini, kalian akan mengetahui perkembangan kereta Jepang yang sangat cepat.

Berkunjung ke Museum Kereta Kyoto
Sumber: trn.trains.com

Selain itu, dengan mengamati bentuk dan desain dari keretanya sendiri, kalian dapat menyimpulkan bahwa perkembangan kereta di Jepang sangat baik karena bentuk dan desainnya yang dinamis sehingga dapat membuat penumpang nyaman.

2. Mencoba Simulator Kereta

Selain untuk belajar mengenal berbagai kereta yang ada di Jepang, kalian juga dapat bermain di area interaktif. Salah satunya adalah mencoba bermain di simulator kereta. Di wahana ini, kalian dapat merasakan menjadi masinis kereta api.

Wahana ini dilengkapi dengan simulator yang sangat mirip dengan aslinya. Kalian dapat mencoba menaikkan kecepatan kereta, menggerakkan tuas, atau membunyikan peluit kereta. Sangat menarik bukan?

3. Melihat Diorama Kereta

Selanjutnya, kalian dapat melihat diorama kereta api yang ada di museum ini. Diorama dengan ukuran 30×10 meter ini diklaim menjadi diorama kereta terbesar di Jepang, di mana kereta miniatur ini dapat dikontrol sendiri oleh operator.

Diorama ini sungguh menggambarkan keadaan yang sebenarnya, seperti adanya terowongan, jembatan, kereta bawah tanah, dan monorail. Sungguh sangat detail ya.

4. Menikmati Pemandangan Jalur Kereta Kyoto

Lelah bermain di lantai 1, kalian dapat menuju ke lantai 2. Di sini, terdapat restoran yang menyuguhkan pemandangan kota Kyoto lengkap dengan shinkansen yang melaju sangat cepat. Dari atas, kalian juga dapat menikmati keindahan Kota Kyoto, Taman Umekoji, serta Akuarium Kyoto.

5. Naik Kereta Uap

Jika kalian bergerak menuju gedung sebelah gedung utama, kalian akan menemukan berbagai koleksi kereta uap pada tahun 1800-an. Di sini, kalian juga dapat merasakan naik kereta api uap dan berkeliling selama 10 menit dengan tambahan biaya 300 yen.

Museum Kereta
Sumber: japan-guide.com

Akses Menuju Museum Kereta Kyoto

Museum kereta Kyoto ini berjarak 800 meter dari Stasiun Kyoto. Jadi, kalian dapat berjalan kaki selama 15-20 menit ke arah Barat dari Stasiun Kyoto. Kalian juga bisa naik bus 103, 104, 110, 76, atau 88 dan turun di Halte Bus Stasiun Kereta Api Kyoto-mae.

Waktu Buka dan Biaya Tiket

Museum ini dibuka setiap hari kecuali hari Rabu mulai pukul 10.00 hingga 17.30. Harga tiket masuknya sendiri adalah 1.200 yen per orang.


Itulah beberapa informasi yang perlu kalian ketahui tentang Museum Kereta Kyoto, sebuah museum dimana kalian dapat mengetahui sejarah perkembangan kereta di Jepang. Nah, apa kalian sudah pernah berkunjung ke sini? Jangan lupa bagikan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ya.

Sumber gambar utama: tsunagujapan.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?