Mengenal Tempat Wisata Alam di Kumamoto

Gunung Aso di Prefektur Kumamoto

Tour ke Jepang – Prefektur Kumamoto terletak di tengah Pulau Kyushu. Prefektur ini berbatasan langsung dengan Prefektur Oita dan Prefektur Miyazaki di sebelah timur. Kumamoto nama ibu kotanya, dengan luas wilayah 267.06 km2 dan jumlah penduduk sekitar 1 juta orang. Wilayah ini menjadi sumber kekayaan daya pariwisata.

Selain itu, wilayah Kumamoto terdapat Gunung Aso, salah satu gunung berapi aktif terbesar di dunia. Letusan gunung yang terjadi di masa lalu meninggalkan banyak sumber air panas. Sekitar 1.000 lebih mata air panas di Kumamoto. Selain sumber air panas, terdapat berbagai wisata lain yang dapat dinikmati di wilayah Kuamamoto ini.

Akses untuk menuju Prefektur Kumamoto bisa ditempuh dengan pesawat, dengan rute Tokyo-Kumamoto. Perjalanan menggunakan bus juga bisa ditempuh dengan rute bus tujuan Osaka-Kumamoto, perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 9,5 jam.

Selain rute bus Osaka-Kumamoto, bus dengan rute Kyoto-Kumamoto juga bisa, biaya perjalanan tidak jauh berbeda dari bus Osaka-Kumamoto, hanya saja waktu tempuh lebih lama. Waktu tempuh perjalanan Kyoto-Kumamoto membutuhkan waktu sekitar 11,5 jam.

Jalan-Jalan ke Kumamoto

Nah, apa saja tempat-tempat wisata menarik di Kumamoto?

1. Istana Kumamoto
Kumamoto Castle
Sumber: voyapon.com

Merupakan salah satu dari tiga istana terpenting di Jepang. Istana Kumamoto memiliki desain yang megah. Menariknya, butuh waktu selama 7 tahun untuk menyelesaikan pembangunan istana ini. Kokohnya struktur istana membuat sulitnya musuh untuk menembus ke dalam istana.

Kalian dapat melihat keindahan arsitektur istana ini dengan berkeliling santai di sekitar istana. Selain itu, jika kalian berada di puncak istana, kalian dapat melihat keindahan pemandangan yang sangat alami. Tetapi, jika kalian ingin menuju puncak istana, kalian harus menyiapkan tenaga yang cukup untuk menaiki tangga-tangganya.

2. Kuil Kato

Kuil ini berada di Kastil Kumamoto, dimana terdapat penguasa terkuat Kato Kiyomasa diabadikan. Kuil Kato sebelumnya memiliki nama Kuil Nishikiyama, setelah mengalami pemindahan wilayah pada tahun 1962, Kuil Kato kemudian dipindahkan ke Kastil Kumamoto.

Selain itu, jika kalian berkunjung ke kuil ini, ada beberapa festival yang dilakukan berdasarkan musimnya, ada festival musim semi, musim panas, dan ada festival Kato Kiyomasa yang diadakan minggu ke-4 bulan Juli.

3. Suizenji Jojuen Garden
Suizenji Garden
Sumber: japan-guide.com


Taman indah ini terletak di sebelah timur kota yang merupakan tujuan bagi para wisatawan. Taman ini memiliki luas 6.600 m2, dikembangkan dan diperluas oleh tuan Kumamoto ke-4 dan ke-5 sehingga membutuhkan waktu 80 tahun untuk menyelesaikan taman ini. Taman Suizenji memiliki 2 kuil, yakni Kuil Izumi dan Kuil Inari.

Kalian dapat berjalan mengelilingi taman ini sekaligus melihat-lihat beberapa informasi sejarah. Taman ini juga memiliki danau dan atraksi dimana pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan ikan dan bebek.

Di taman ini, kalian benar-benar dapat bersantai dengan tenang dengan pemandangan yang bagus. Tak ketinggalan pastinya, banyak tempat untuk berfoto dengan latar belakang yang tak kalah bagusnya.

4. Gunung Aso

Gunung Aso merupakan salah satu gunung berapi terbesar di dunia. Letaknya di Prefektur Kumamoto. Gunung Aso merupakan gunung yang terkenal dengan kaldera terkemuka. Gunung ini ramai dikunjungi terutama ketika musim panas.

Selain menikmati alam yang indah, bagian dalam dari tepi luar kawah dijadikan sebagai Taman Nasional Aso Kuju. Terdapat juga titik untuk jalan-jalan menikmati keindahan alam lainnya. Tak lupa ketinggalan, terdapat Onsen (air panas) dan tempat rekreasi lainnya.

5. Gunung Daikanbo
Gunung Daikanbo
Sumber: tripadvisor.co.id

Gunung Daikanbo menawarkan pemandangan lembah Aso di kaldera. Dengan ketinggian 936 m, kalian dapat melihat pemandangan yang menakjubkan dari puncak tertinggi Gunung Aso ini. Jika kalian berkunjung pada akhir musim gugur, kalian dapat melihat pemandangan “lautan awan” dari Aso.

Selain itu, di puncak juga terdapat Daikanbo teh dimana kalian dapat menemukan dan membeli berbagai souvenir dan makanan.

6. Air Terjun Nabegataki

Air terjun Nabegataki termasuk air terjun terindah di Jepang. Terletak di Kota Oguni, air terjun dengan keadaan belakangnya berupa gua ini terlihat begitu alami. Sebelum masuk menuju air terjun, terdapat taman di pintu masuk. Taman ini menjual sayuran dari pertanian Oguni langsung.

Jalur menuju air terjun sangatlah menyenangkan karena kalian akan melihat pohon-pohon sambil menikmati udara yang segar. Air terjun Nabegataki ini terbentuk dari proses alami sehingga kalian merasakan pemandangan yang benar-benar luar biasa pastinya.

Air Terjun Nabegataki
Sumber: japanesestation.com

Berdasarkan sejarahnya, pada zaman dahulu, terdapat gunung berapi yang meletus di dekat kota Oguni, kemudian aliran magma mendingin dan menjadi air terjun Nabegataki yang kini dijadikan objek wisata alam di Kumamoto.

Selain air terjun, juga terdapat gua dimana gua tersebut tercipta karena lapisan padat batu lava menumpuk di atas lapisan tanah yang lembut sehingga lama-lama menyisakan batu dan terciptalah gua tersebut.


Wah, ternyata banyak juga ya tempat wisata menarik di Kumamoto? Bagaimana? Apa kalian tertarik untuk mengunjunginya di liburan kalian selanjutnya?

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?