Ohayou Gozaimasu, Ungkapan Selamat Pagi Bahasa Jepang

Ohayou Gozaimasu, Arti dan Sejarah Ucapan Selamat Pagi di Jepang

Wisata Jepang – Selamat pagi adalah salah satu ucapan yang paling umum di seluruh dunia, dan Jepang bukanlah pengecualian. Namun, di Jepang, orang tidak hanya mengatakan “selamat pagi” secara sederhana. Mereka memiliki ucapan khusus yang disebut “ohayou gozaimasu.”

“Ohayou gozaimasu” adalah ucapan selamat pagi dalam bahasa Jepang yang sangat umum digunakan di Jepang. Kata “ohayou” secara harfiah berarti “pagi” dan “gozaimasu” adalah bentuk sopan dari kata kerja “desu,” yang berarti “adalah.” Jadi, “ohayou gozaimasu” dapat diterjemahkan secara harfiah menjadi “pagi yang baik” atau “pagi yang cerah.”

Tidak banyak yang diketahui tentang asal-usul penggunaan bahasa ini. Namun, diyakini bahwa ucapan ini berasal dari bahasa Jepang kuno dan awalnya digunakan oleh para samurai dan bangsawan sebagai ucapan salam. Kemudian, ucapan ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat umum di Jepang.

Bagaimana dan Kapan Menggunakan “ohayou gozaimasu”

“Ohayou gozaimasu” biasanya digunakan sebagai ucapan selamat pagi di Jepang. Ucapan ini diucapkan dengan suara lembut dan sopan saat Anda bertemu dengan orang di pagi hari. Jika Anda bertemu dengan orang yang lebih tua atau berstatus lebih tinggi, Anda harus menggunakan ucapan ini sebagai tanda penghormatan.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Kebiasaan Jepang saat menyapa pagi hari

Masyarakat Jepang sangat memperhatikan etiket dan tata krama saat berbicara dengan orang lain, terutama saat mengucapkan selamat pagi. Biasanya, orang Jepang akan mengucapkan “ohayou gozaimasu” sambil membungkukkan tubuh sebagai tanda penghormatan. Selain itu, mereka juga sering mengucapkan “ohayou gozaimasu” atau “ohayou” yang lebih singkat dan santai kepada teman atau rekan kerja yang lebih akrab.

Ucapan lain yang bisa digunakan sebagai ganti “ohayou gozaimasu”

Selain itu ada beberapa ucapan lain yang bisa digunakan saat menyapa pagi hari di Jepang, tergantung pada situasi dan hubungan antara orang yang berbicara. Contohnya adalah “konbanwa” yang berarti selamat malam saat bertemu dengan seseorang di malam hari. Ada juga ucapan “oyasumi nasai” yang berarti selamat tidur saat hendak tidur atau meninggalkan seseorang di malam hari.

Perbedaan antara “ohayou” dan “ohayou gozaimasu”

Sebenarnya, “ohayou” dan “ohayou gozaimasu” memiliki arti yang sama yaitu “selamat pagi.” Namun, penggunaannya tergantung pada situasi dan hubungan antara orang yang berbicara. “Ohayou gozaimasu” digunakan untuk situasi yang lebih formal atau resmi, sementara “ohayou” digunakan untuk situasi yang lebih santai atau akrab.

Tips Menggunakan Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang

Jika Anda ingin menggunakan ungkapan selamat pagi dalam bahasa Jepang dengan benar, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Gunakan “ohayou gozaimasu” untuk situasi yang formal atau resmi, dan gunakan “ohayou” untuk situasi yang lebih santai atau akrab.
  2. Bungkukkan tubuh Anda sambil mengucapkan sebagai tanda penghormatan.
  3. Jangan gunakan ucapan ini di luar waktu pagi hingga sekitar pukul 10 pagi.
  4. Jangan gunakan ucapan ini untuk orang yang lebih muda atau berstatus lebih rendah.
  5. Jangan gunakan ucapan ini untuk orang yang tidak Anda kenal atau belum pernah bertemu sebelumnya.

Bahasa Jepang lain yang sering digunakan saat menyapa

Selain “ohayou gozaimasu,” ada beberapa ucapan lain dalam bahasa Jepang yang sering digunakan saat menyapa orang lain. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Konnichiwa” yang berarti “selamat siang” atau “selamat sore.”
  2. Konbanwa” yang berarti “selamat malam.”
  3. Oyasumi nasai” yang berarti “selamat tidur” atau “selamat malam.”
  4. Arigatou gozaimasu” yang berarti “terima kasih.”

Apa arti ucapan selamat pagi lainnya di Jepang?

Selain “ohayou gozaimasu,” ada beberapa ucapan selamat pagi lainnya di Jepang yang memiliki arti yang mirip. Beberapa di antaranya adalah:

  1. “Asa” yang berarti “pagi.” Ucapan ini sering digunakan sebagai ganti “ohayou gozaimasu” dalam situasi yang lebih santai atau akrab.
  2. “Ohayou” yang merupakan singkatan dari “ohayou gozaimasu” dan sering digunakan oleh orang-orang yang lebih akrab.
  3. “Ohayo” yang juga merupakan singkatan dari “ohayou gozaimasu,” namun penggunaannya lebih terbatas pada kalangan muda.

Kenapa penting untuk menghormati etiket dan tata krama dalam bahasa Jepang?

Etiket dan tata krama dalam bahasa Jepang sangat penting karena dapat mencerminkan kepribadian dan budaya masyarakat Jepang. Selain itu, menghormati etiket dan tata krama dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan orang lain, terutama di lingkungan kerja atau bisnis. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari dan menghormati budaya dan etiket dalam bahasa Jepang jika ingin berkomunikasi dengan orang Jepang.

Kesimpulan

Di Jepang, ucapan “ohayou gozaimasu” menjadi salah satu ucapan yang sering digunakan saat menyapa pagi hari. Selain itu, terdapat beberapa ucapan lain yang memiliki arti yang mirip dan dapat digunakan tergantung pada situasi dan hubungan antara orang yang berbicara. Menghormati etiket dan tata krama dalam bahasa Jepang sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain, terutama di lingkungan kerja atau bisnis.

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)