Tofukuji Temple, Keindahan Kuil Zen Tertua di Kyoto

Tofukuji Temple

WISATA JEPANG – Tofukuji Temple (東福寺, Tōfukuji) adalah kuil Zen besar di tenggara Kyoto, yang terkenal dengan warna musim gugurnya yang spektakuler. Dibangun pada tahun 1236, kuil Zen ini merupakan salah satu kuil tertua dan terpenting di Jepang, menawarkan perpaduan sempurna antara arsitektur yang menakjubkan, taman zen yang menenangkan, dan sejarah yang kaya.

Tofukuji telah menjadi salah satu kuil Zen utama di Kyoto dan merupakan kuil utama alirannya sendiri dalam sekte Buddha Zen Rinzai.

Pada saat musim gugur, Tofukuji Temple ini ramai didatangi baik dari penduduk Jepang maupun para wisatawan untuk melihat keindahan warna musim gugur.

Tempat menikmati pemandangan saat musim gugur paling populer di kuil ini adalah Jembatan Tsutenkyo yang membentang di lembah pepohonan maple yang rimbun.

Mulai dari pertengahan hingga akhir November, tempat ini menjadi sangat ramai mulai dari jalan setapak sepanjang 100 meter karena pada saat inilah puncak perubahan warna daun musim gugur mencapai puncaknya.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Saat Berada di Tofukuji Temple

Menjelajahi Area Kuil

Saat melangkahkan kaki ke Tofukuji Temple, Anda akan disambut oleh gerbang Sanmon yang megah, terbuat dari kayu cypress dan dihiasi dengan ukiran naga yang indah. Di dalam kompleks kuil, Anda akan menemukan berbagai bangunan bersejarah, termasuk Hōjō, aula utama yang menjadi tempat bagi patung Buddha Shakyamuni yang megah.

Beberapa bagian pekarangan kuil Tofukuji bebas untuk dimasuki, termasuk area di sekitar beberapa bangunan terbesar dan paling mengesankan. Gerbang Sanmon setinggi 22 meter adalah gerbang Zen tertua dari jenisnya, dibangun pada tahun 1425. Di belakang gerbang terdapat Hondo (aula utama), yang bahkan lebih besar tetapi merupakan rekonstruksi terbaru dari tahun 1934.

Gerbang Sanmon
Gerbang Sanmon

Di sekeliling bangunan besar ini terdapat beberapa bangunan kuil yang berasal dari awal Periode Muromachi (1333-1573) dan merupakan contoh langka arsitektur Zen yang bertahan pada masa itu, termasuk ruang meditasi (zendo), menara tempat lonceng bergantung (shoro), pemandian (yokushitsu ) dan toilet (tosu).

Menyaksikan Keindahan Arsitektur

Tofukuji Temple terkenal dengan arsitekturnya yang luar biasa, yang memadukan gaya Zen dan Muromachi. Bangunan-bangunan kuil terbuat dari kayu alami dan dihiasi dengan detail yang rumit, menciptakan suasana damai dan meditatif.

Menikmati Keindahan Musim Gugur

Musim Gugur di Tofukuji Temple
Musim Gugur di Tofukuji Temple

Tak hanya arsitektur, Kuil Tofukuji juga dikenal karena lanskapnya yang menakjubkan. Terletak di tengah-tengah hutan mapel, kuil ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan musim gugur di Jepang. Saat musim gugur tiba, pepohonan mapel di sekitar kuil akan berubah warna menjadi kemerahan, menciptakan pemandangan yang spektakuler dan memukau.

Menemukan Seni dan Budaya Yang Unik

Tofukuji Temple bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga pusat budaya dan seni yang penting. Kuil ini memiliki museum yang menyimpan koleksi seni Jepang yang luar biasa, termasuk lukisan, kaligrafi, dan patung. Selain itu, Tofukuji Temple juga menjadi tuan rumah berbagai acara budaya, seperti upacara minum teh dan pertunjukan kaligrafi.

Menemukan Kedamaian di Taman Zen

Taman Hojo
Taman Hojo

Salah satu daya tarik utama Tofukuji Temple adalah taman zennya yang luas dan indah. Taman ini terdiri dari pasir putih yang diratakan dengan sempurna, batu-batu yang ditata dengan rumit, dan pohon-pohon bonsai yang berusia ratusan tahun. Menjelajahi taman zen ini adalah cara yang ideal untuk menenangkan pikiran dan menemukan kedamaian batin.

Informasi dan Tips Saat Mengunjungi Tofukuji Temple

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Tofukuji Temple adalah pada musim semi atau musim gugur, ketika taman zen dipenuhi dengan bunga yang indah.
  • Tiket masuk ke Tofukuji Temple berharga ¥500 untuk orang dewasa dan ¥200 untuk anak-anak.
  • Anda dapat menyewa tour guide Jepang untuk membantu Anda menjelajahi kuil.
  • Penting untuk berpakaian dengan sopan saat mengunjungi Tofukuji Temple. Hindari memakai pakaian yang terbuka atau kasual.
  • Fotografi diperbolehkan di sebagian besar area kuil, tetapi Anda tidak boleh mengambil foto di dalam aula utama.

Cara Menuju Ke Tofukuji Temple

Tofukuji berjarak 10 menit jika berjalan kaki dari Stasiun Tofukuji di Jalur JR Nara (2 menit, 150 yen dari Stasiun Kyoto) dan Jalur Utama Keihan. Alternatifnya, kuil ini berjarak 10 menit jika berjalan kaki dari halte bus Tofukuji (15 menit, 230 yen dari Stasiun Kyoto dengan Bus Kota Kyoto 208).

sumber gambar: google.com

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)