5 Kegiatan Seru di Prefektur Ehime

Matsuyama Castle

Masih membahas mengenai wilayah Shikoku, kali ini waktunya untuk mengulik Prefektur Ehime. Salah satu prefektur yang berada di sisi barat laut Shikoku ini berbatasan langsung dengan Laut Pedalaman Seto di sebelah utara dan Prefektur Kagawa serta Tokushima di sebelah selatan. Hal inilah yang menjadikan Prefektur Ehime memiliki iklim yang sangat sejuk.

Ehime sendiri memiliki makna yang berarti putri jelita. Makna ini diambil karena Ehime memiliki sejuta keindahan alam yang luar biasa indahnya serta sejarah dan budaya yang terus berkembang dengan baik.

Dalam sejarahnya, Prefektur Ehime merupakan wilayah yang memiliki nama yaitu Provinsi Iyo. Provinsi ini dijadikan target oleh Mongol dan sekutunya sebagai area invasi mereka, namun rencana mereka gagal total karena penduduk Ehime bersatu untuk mencegah hal itu terjadi.

Kegiatan Seru di Prefektur Ehime

Prefektur Ehime menyimpan berbagai aset wisata yang berbagai macam, mulai dari wisata sejarah hingga wisata kulinernya. Maka dari itu, setelah mengetahui sedikit sejarah tentang Ehime, kali ini saatnya untuk mengetahui berbagai tempat wisata yang ada di Ehime.

1. Kastil Matsuyama

Kastil Matsuyama merupakan kastil yang berada di puncak gunung. Banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi kastil ini. Untuk menuju ke kastil ini, kalian bisa mendakinya dengan menaiki anak tangga. Tapi, tentunya akan melelahkan ya. Jangan khawatir, karena ada fasilitas kereta gantung yang akan mengantarkan kalian menuju Kastil Matsuyama ini.

Kastil Matsuyama memiliki pemandangan yang indah, terlebih ketika naik ke menara kastil. Kalian akan disuguhkan pemandangan kota yang indah. Tak hanya itu, di dalam menara Kastil Matsuyama juga terdapat museum kecil yang menunjukkan beberapa barang bersejarah seperti baju besi yang digunakan oleh para prajurit jaman dahulu.

2. Dogo Onsen Honkan
Dogo Onsen Honkan
Sumber: dogo.jp

Masih di Kota Matsuyama, kini beralih ke onsen tua yang sudah berdiri sejak Zaman Meiji. Dogo Onsen Honkan ini dibangun sebagai salah satu insipirasi munculnya film Spirited Away dari Studio Ghibli yang terkenal. Onsen yang memiliki gaya pemandian yang masih kuno dan dipisahkan berdasarkan gender.

3. Uchiko

Uchiko merupakan sebuah kota kecil yang nampak sangat tenang dan tentram. Pada zaman dahulu, Uchiko merupakan kota pusat produksi lilin dan kertas. Kini, salah satu tempat yang menarik di Uchiko adalah Yokaichi Old Town, yaitu dimana sebuah distrik yang masih mempertahankan keaslian bangunannya.

Yokaichi Old Town
Yokaichi Old Town | Sumber: voyapon.com
4. Shimanami Kaido

Shimanami Kaido merupakan sebuah jembatan atau jalan raya yang menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Shikoku. Panjang dari jalan ini adalah sekitar 60 km. Selain itu, jalan raya ini juga memiliki ciri khas, salah satunya dengan menyediakan satu jalur yang digunakan untuk para pejalan kaki dan bersepeda.



Shimanami Kaido dimulai dari Kota Onomichi di pulau Honshu dan berakhir di Kota Imabari di pulau Shikoku.

Shimanami Kaido
Sumber: cycling-ehime.com
5. Kuliner Khas Ehime

Prefektur Ehime memiliki makanan khas yang menyajikan ikan bream sebagai menu utamanya. Ikan bream sendiri telah menjadi ikon dari Prefektur Ehime. Hidangan tersebut adalah Taimeshi. Kalian bisa mencicipi hidangan Taimeshi ketika berada di Matsuyama, karena di sana ada beberapa restoran yang menyediakan menu yang satu ini, salah satunya adalah Daikokuya Dogo.

Taimeshi
Sumber: visitehimejapan.com

Akses ke Prefektur Ehime

Ada beberapa cara untuk dapat menuju ke Prefektur Ehime, diantaranya adalah dengan menggunakan pesawat dari Tokyo ke Bandara Matsuyama dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Sedangkan jika berangkat dari Osaka, hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit.

Kemudian, kalian bisa juga menggunakan transportasi Shinkansen atau bus. Jika memilih Shinkansen, pilihlah Kereta Ekspress Shiokaze menuju Stasiun Matsuyama. Waktu yang dibutuhkan juga relatif lebih lama, yaitu sekitar 6 jam dari stasiun Tokyo.

Nah, jika menggunakan bus dari Tokyo, bisa memilih Bus Sunshine Tour dengan perjalanan kurang lebih 12 jam. Jika keberangkatan kalian adalah dari Osaka, kalian bisa memilih salah satu bus malam yang terkenal yaitu Whiller Travel dan jarak tempuhnya lebih singkat, sekitar 5 jam.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?