Kapal Hitam Perry, Shizuoka Jepang

Kapal Pesiar Hitam Commodore Perry

Pelabuhan Shimoda yang terletak di Prefektur Shizuoka mempunyai makna penting sebagai lokasi pendaratan sejumlah ‘Kapal Hitam’ Commodore Amerika Serikat, yakni peristiwa yang mengakhiri zaman isolasi Jepang pada 1850 silam. Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang kapal hitam Perry yang sangat bersejarah.

Pada 1850, saat Jepang masih menjalankan kebijakan isolasi atas dunia, adalah Komodor Matthew C. Perry yang melakukan pelayaran ke Jepang guna memohon pembukaan pelabuhan Jepang untuk sejumlah kapal Amerika.

Lalu pada tahun selanjutnya, Perry kembali lagi ke Jepang bersama 1 skuadron 9 kapal perang [kapal hitam]. Kapal-kapal perang ini bertujuan untuk memaksa permohonan Perry kepada Jepang. Pada 1854, muncullah Perjanjian Shimoda yang ditandatangani sekaligus membuka pelabuhan Hakodate dan Shimoda untuk sejumlah kapal dari Amerika.

Walaupun menjadi insiden yang cukup memalukan untuk Jepang kala itu, kehadiran Perry sudah berubah jadi daya pikat wisatawan di Shimoda, serta komodor dan kapal hitamnya jadi spot wisata yang bisa ditemukan dimanapun di area kota. Ada pula monumen yang memperingati kapal hitam Perry serta dimulainya perjanjian diplomatik antara Jepang dengan Amerika.

Highlight Commodore Perry

commodore perry black ship
commodore perry black ship

Para pengunjung bisa menikmati ‘Shimoda Tour’, yakni kapal pesiar bernama Susquehana sekaligus mengelilingi pelabuhan Shimoda. Bisa dibilang pemandangan yang sangat mengagumkan jika dilihat dari pantai. Selain itu, terdapat ruangan khusus di floor 2 yang bisa menampung sampai 250 penumpang, dimana mereka bisa memberi makan untuk burung camar liar. Bahkan umpan burung sudah tersedia di dalam kapal.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Kemudian ada 11 kapal hitam Susquehana, umumnya kapal-kapal ini melakukan pelayaran setiap hari, namun jika cuacanya buruk maka pihak pengelola tidak akan menjalankan kapal. Lama pelayaran ini memerlukan waktu sekitar 25 menit dan tidak perlu melakukan pemesanan. Harga tiket masuknya adalah 1200 yen [dewasa] serta 600 yen [anak-anak]. Lalu ada tambahan lagi sebesar 500 yen [dewasa] dan 250 yen [anak-anak] jika tertarik masuk ke ruangan khusus yang ada di lantai atas.

Titik keberangkatan kapal hitam Perry untuk wisata ini adalah berjarak 15 menit dengan berjalan kaki dari Izukyu-Shimoda Station. Tidak hanya itu, ada juga Kurofune Matsuri, yakni festival tahunan yang selalu digelar di pertengahan bulan Mei. Festival ini memperingati datangnya Perry beserta parade serta banyak sekali acara meriah lain yang diadakan oleh panitia untuk menghibur para wisatawan.

Kapal Hitam Perry
Kapal Hitam Perry

Akses Menuju Pelabuhan Shimoda

Sejumlah pemandangan yang berkaitan dengan kapal hitan dan Perry bisa kamu temukan di area kota Shimoda. Japan Perry, Kuil Ryosenji, dan Taman Shimoda, bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 100 hingga 15 menit ke aras selatan Izukyu-Shimoda Station atau 5 menit menggunakan bus ke Shimoda Aquarium. Kemudian turun di halte Ryosenji, harga tiketnya sebesar 170 yen dan jadwal keberangkatan bus selama 2 jam sekali.

Panduan Mengelilingi Shimoda

Lokasinya berjarak sekitar 20 hingga 30 menit dari Izukyu-Shimoda Station. Terdapat alternatif selain kereta, yakni bus yang menyambungkan mayoritas lokasi menuju stasiun. Untuk wisatawan yang tertarik melakukan kunjungan di Semenanjung Izu, ada Bus Tokai yang menyediakan sejumlah tiket potongan harga yang bisa membuat liburan ke sejumlah spot di area ini jadi lebih ekonomis dan pastinya nyaman.

Itulah tadi sedikit informasi tentang kapal hitam Perry yang sangat bersejarah untuk Jepang. Tambahan informasi, jika ingin mengunjungi Shimoda bisa menggunakan JR Pass yang mencakup kereta api dan Tokaido Shinkansen hingga ke Ito. Tapi bagi kamu yang ingin keluar dari Ito perlu membayar tiket tambahan. Jadikan pengalaman liburan ke Jepang lebih bermakna dengan Tanogaido Tours and Travel, karena kami bisa memandu kamu bersama teman atau keluarga untuk liburan semakin aman dan nyaman.

sumber gambar: google.com

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)